x

SEA Games 2023: Kans Jumpa Tim Putri Indonesia, Momen Sadis Filipina Libas Malaysia

Senin, 8 Mei 2023 18:44 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Peluang besar ketemu tim putri Indonesia di semifinal beregu SEA Games 2023, kejutan mengerikan dibuat Filipina yang menyingkirkan raksasa Malaysia 3-0.

INDOSPORT.COM – Peluang besar ketemu tim putri Indonesia di semifinal beregu SEA Games 2023, kejutan mengerikan dibuat Filipina yang menyingkirkan raksasa Malaysia 3-0.

Cabang olahraga (cabor) bulutangkis SEA Games 2023 yang dimulai pada Senin (8/5/23), telah menciptakan kejutan besar yakni tersingkirnya tim beregu Malaysia dari Filipina di perempat final.

Berlangsung di Morodok Techno Stadium, Phnom Penh, siang WIB, tunggal putri Malaysia Tan Zhing Yi kalah straight game dengan skor 22-24, 18-21 dari De Guzman Mikaela Joy (Filipina).

Di partai kedua, pemain berpengalaman asal Malaysia, Low Yeen Yuan/Valeree Siow, kembali tumbang dari wakil Filipina, Alysssa Ysabel Leonardo/Thea Marie Pomar, dengan skor 20-22, 21-19, 22-24.

Di partai penentuan, Siti Nurshuhaini yang sudah malang-melintang bersama tim senior Malaysia, juga tumbang 16-21, 18-21 dari bintang kemenangan Filipina, Maria Bianca Ysabel Carlos.

Baca Juga

Hasil ini sangat buruk bagi tim beregu putri Malaysia yang sebenarnya ingin memperbaiki catatan mereka usai di edisi terakhir SEA Games (2021) juga gagal menggapai medali.

Apalagi sebenarnya Malaysia memiliki reputasi yang jauh lebih apik ketimbang Filipina sepanjang partisipasinya di SEA Games.

Baca Juga

Malaysia sejauh ini masuk sebagai tiga negara tersukses di cabor bulutangkis SEA Games bersama Indonesia dan Thailand. Sementara Filipina statusnya adalah kuda hitam bulutangkis di ASEAN.

Meski harus diakui bahwa Malaysia di edisi SEA Games 2023 ini tidak mengirimkan skuat utama mereka, sehingga cenderung laga berlangsung seimbang dengan Filipina.

Terlepas dari apapun, kekuatan mengerikan Filipina ini agaknya menjadi sorotan tajam badminton lovers (BL) di media sosial, termasuk Indonesia. Apalagi Filipina berpotensi jumpa tim putri Indonesia.

Baca Juga

1. Kans Jumpa Tim Putri Indonesia

Kans Filipna jumpa tim beregu putri Indonesia di semifinal bulutangkis SEA Games 2023.

Usai singkirkan Malaysia di perempat final beregu putri SEAGames 2023, Filipina berpeluang besar untuk bertemu tim kuat Indonesia di babak selanjutnya.

Filipina dan tim bulutangkis beregu putri Indonesia potensi bertemu di babak semifinal bulutangkis beregu putri SEA Games 2023 pada Rabu (10/5/23) mendatang.  

Syaratnya adalah tim bulutangkis beregu putri Indonesia harus bisa mengalahkan tuan rumah Kamboja pada Selasa (9/5/23) di babak perempat final.

Memang catatan di atas kertas cenderung mengunggulkan Indonesia. Namun berkaca dari kekalahan Malaysia dari Filipina, agaknya Indonesia enggan meremehkan Kamboja.

Karena Kamboja juga berpeluang untuk menyulitkan Indonesia mengingat mereka tampil di depan pendukungnya sendiri.

Baca Juga

Jika skenario Filipina benar-benar bertemu tim bulutangkis beregu putri Indonesia, kans kedua tim menjadi sulit untuk bisa diprediksi.

Apalagi diketahui Filipina saat ini mengalami kemajuan cukup pesat di bulutangkis. Termasuk sejak kedatangan pelatih asal Indonesia, Chafidz Yusuf.

Pelatih Chafidz Yusuf dulunya adalah nahkkoda sektor ganda putra dan ganda putri pelatnas PBSI sebelum akhirnya berakhir pada awal 2022.

Baca Juga

Chafidz Yusuf belum lama ini hijrah melatih ke Filipina, di mana penampilannya di SEA Games 2023 membuatnya kembali jadi sorotan badminton lovers (BL) Indonesia.

Di berbagai lini masa media sosial, Chafidz Yusuf ikut jadi trending usai keberhasilan mengantarkan tim bulutangkis beregu putri Filipina melumat Malaysia dan melaju ke semifinal SEA Games 2023.

Rekap hasil keseluruhan kejuaraan beregu bulutangkis SEA Games 2023, Senin (8/5/23):

Baca Juga

Sumber: Tournament Software

IndonesiaSEA GamesMalaysiaFilipinaBulutangkisBerita BulutangkisSEA Games 2023

Berita Terkini