x

Febriana/Amalia Sumbang Poin di SEA Games 2023, Ketar-ketir Lawan Filipina

Selasa, 9 Mei 2023 12:37 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pasangan ganda putri Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, turut menyumbang poin di cabor bulutangkis beregu putri SEA Games 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda putri Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, turut menyumbang poin di cabor bulutangkis beregu putri SEA Games 2023.

Kepastian itu didapat usai Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menjegal wakil tuan rumah Kamboja, Chheng Huy/Seavty Teav dengan skor 21-12, 21-15.

Sejatinya, Febriana/Amalia bisa saja menaklukkan Chheng Huy/Seavty Teav dengan lebih cepat, mengingat mereka sudah malang melintang di level dunia.

Namun, pasangan yang akrab disapa Ana/Tiwi itu mengaku kesulitan saat beradaptasi dengan arena baru dan shuttlecock yang digunakan di SEA Games 2023 Kamboja.

Maka, mereka pun sempat keteteran, meski akhirnya bisa menang atas ganda Kamboja, dan menyumbang poin untuk tim Indonesia. 

Baca Juga

"Hari ini, dari awal kami langsung menerapkan pola menyerang, karena shuttlecock-nya kencang, jadi bagaimana caranya untuk meminimalisir mengangkat bola," kata Febriana.

"Kami di pertandingan pertama ini lebih kepada menyesuaikan kondisi dan suasana lapangan," timpa sang partner di lapangan, Amalia Cahaya Pratiwi.

Baca Juga

"Di awal game kedua, kami mencoba-coba pola permainan yang lain, tapi kami malah sempat tertinggal," lanjut Amalia lagi.

"Setelah itu, kami coba kembali ke pola awal, dan lebih bersabar, jangan terlalu bernafsu untuk mematikan lawan," ucap pebulu tangkis berusia 22 tahun tersebut.

Tak hanya Febriana/Amalia, wakil Indonesia lainnya seperti Komang Ayu Cahya Dewi dan Ester Nurumi Tri Wardoyo juga telah menyumbangkan poin untuk Merah Putih.

Baca Juga

1. Semifinal: Indonesia vs Filipina

Ganda putri Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi tatap Filipina di semifinal SEA Games 2023. (Foto: PBSI)

Dengan kemenangan Komang Ayu Cahya Dewi, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, serta Ester Nurumi Tri Wardoyo, Indonesia unggul 3-0 atas Kamboja.

Maka, Timnas Bulutangkis Putri Indonesia dipastikan lolos ke babak semifinal beregu putri SEA Games 2023, Rabu (09/05/23) besok, dan sudah ditunggu Filipina.

Diketahui, pada babak penyisihan beregu putri hari Senin (08/05/23) kemarin, skuat Singapura berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0 dan melaju ke semifinal.

Mereka akan menghadapi Thailand yang mendapatkan bye dan sudah lolos ke babak semifinal beregu putri di SEA Games 2023.

Sementara itu, Filipina secara mengejutkan mengalahkan Malaysia dengan skor 3-0, sehingga juga berhak melaju ke semifinal.

Baca Juga

Jika Indonesia mengalahkan Kamboja hari ini dan lolos ke semifinal beregu putri, maka Febriana/Amalia dkk akan bersua skuat putri Filipina yang penuh kejutan di SEA Games.

"Besok kalau tim melaju ke semifinal kan melawan Filipina, kami harus tetap menjaga kondisi, stamina, teknis dan non teknisnya," ungkap Febriana Dwipuji Kusuma via PBSI.

Baca Juga

"Mereka kan kemarin menang melawan Malaysia, jadi nanti kami akan pelajari permainan mereka," ujar Febriana.

Ada sejumlah pemain putri Indonesia yang masih belum diturunkan di perhelatan SEA Games 2023, yakni tunggal putri Stephanie Widjaja dan Mutiara Ayu Puspitasari.

Sementara di sektor ganda putri, Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari juga belum tampil. Mereka siap memberi kejutan saat menghadapi Filipina di beregu putri SEA Games, Rabu (10/05/23) besok.

Baca Juga
SEA GamesKambojaFilipinaBulutangkisBerita BulutangkisAmalia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji KusumaFebriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya PratiwiSEA Games 2023

Berita Terkini