x

Flashback Piala Sudirman: Pontang-panting Perjuangan Gregoria Mariska Beri Poin untuk Indonesia

Selasa, 9 Mei 2023 19:52 WIB
Editor: Juni Adi
Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung di Swiss Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, pernah tampil mengesankan di Piala Sudirman kala berhadapan dengan wakil Malaysia, Kisona Selvaduray.

Salah satu turnamen bulutangkis bergengsi di dunia, Piala Sudirman 2023 akan segera dimulai pada 14 hingga 21 Mei 2023 mendatang.

Kali ini China akan menjadi tuan rumah turnamen bulutangkis beregu tersebut. Total ada 16 tim yang akan berlaga untuk memperebutkan trofi termasuk Indonesia.

Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna, baru-baru telah melepas tim bulutangkis Indonesia untuk berjuang di Piala Sudirman 2023, pada Senin (08/05/23) di Ruang Serbaguna Pelatnas PBSI, Jakarta.

Berbekal materi pemain terbaik dan kolaborasi apik, Indonesia bertekad untuk bisa memboyong kembali Piala Sudirman sebagai kado terindah ulang tahun ke-72 organisasi tepok bulu nasional tersebut.

Baca Juga

Untuk mewujudkan target tersebut, PBSI menurunkan nama-nama bintang berpengalaman di lima sektor yang dipertandingkan, yakni tunggal putra, ganda putra, tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran.

Pada edisi Piala Sudirman sebelumnya, yaitu yang digelar tahun 2021 lalu, China berhasil menjadi juara dengan mengalahkan Jepang di partai final.

Baca Juga

Namun bukan berarti Indonesia tampil tanpa perjuangan di Piala Sudirman 2021 lalu. Lolos ke babak perempatfinal sebagai status juara grup C, langkah tim Merah Putih harus terhenti ditangan Malaysia.

Malaysia memang saat itu tampil lebih superior ketimbang Indonesia. Buktinya, Indonesia sempat tertinggal lebih dahulu 1-0.

Namun berhasil disamakan oleh tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. Ia susah payah mengalahkan wakil Malaysia, Kisona Selvaduray, di partai kedua perempatfinal Piala Sudirman 2021. Berikut perjuangan Gregoria:

Baca Juga

1. Gregoria Mariska Tunjung Menang Berdarah-darah

Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung di Swiss Open 2023. (Foto: PBSI)

Gregoria Mariska Tunjung harus menang berdarah-darah dengan Kisona Selvaduray di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Jumat (01/10/21).

Menyimak jalannya pertandingan di set pertama, Gregoria cukup sering membuang poin dengan melakukan beberapa kesalahan.

Alhasil, setelah sempat saling mengejar hingga meraih poin sama kuat 3-3, Gregoria lantas tertinggal hingga 7-3 di gim pertama.

Tak mau menyerahkan kemenangan begitu saja, Gregoria lantas mengejar ketertinggal hingga hanya terpaut satu poin di interval pertama permainan.

Selepas jeda, Kisona  Selvaduray tampak mengalami sedikit luka di tangannya, Kondisi tersebut dimanfaatkan Gregoria untuk mengejar ketertinggalan hingga skor berubah sama kuat 17-17.

Baca Juga

Gregoria lantas membalikkan keadaan hingga membuat skor berakhir 22-20 di gim pertama.

Di gim kedua, Gregoria yang unggul di set pertama tampil percaya diri dengan melesatkan 3 poin dengan tempo kilat.

Kisona bukannya tanpa perlawanan, petenis peringkat 53 dunia itu mempertipis ketertinggalan di awal gim kedua. Terlebih Gregoria kembai mengulangi kelemahannya di set pertama dengan melakukan beberapa kesalahan.

Baca Juga

Seletah tertinggal 4 poin, Kisona mengejar dengan raihan 10-9. Akan tetapi interval pertama akhirnya jadi milik Gregoria dengan raihan 11-9.

Selepas jeda, duel menarik terjadi hingga kedua petenis saling mengejar poin dengan hasil sama kuat 15-15. Kisona yang mulai bangkit kemudian memanfaatkan momentum untuk membalikkan keadaan.

Tak disangka, semangat pantang menyerah yang ditunjukkan Kisona berbuah manis setelah ia mengakhiri gim kedua dengan skor 21-18.

Baca Juga

Memasuki set penentuan, Gregoria tampaknya tak mau mengulangi kesalahan di set pertama dan kedua. Kesalahan elementer pun ia minimalisir hingga pada interval pertama ia unggul 11-6.

Meski Kisona sempat mengejar ketertinggalan, namun Gregoria masih terlalu perkasa bagi Kisona. Indonesia pun mengamankan poin kemenangan setelah Gregoria mengakhiri gim ketiga dengan skor 21-19.

Kemenangan Gregoria Mariska Tunjung itu pun memberikan poin penting untuk Indonesia. Skor menjadi 1-1 lawan Malaysia.

Sayang, di pertandingan berikutnya wakil Indonesia banyak yang gagal meraih kemenangan, sehingga Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia di perempatfinal Piala Sudirman 2021 lalu.

Piala SudirmanGregoria MariskaKisona Selvaduray

Berita Terkini