x

Triple Badminton Jadi Menu Latihan Kevin/Marcus cs Jelang Piala Sudirman 2023

Sabtu, 13 Mei 2023 12:44 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Ganda putra Indonesia, termasuk Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, menjajal latihan tanding triple badminton menjelang Piala Sudirman 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Ganda putra Indonesia, termasuk Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, menjajal latihan tanding triple badminton menjelang Piala Sudirman 2023.

Tim bulutangkis Indonesia menatap Piala Sudirman 2023. Kebersamaan dan kekompakan terlihat jelas sejak bertolak dari Bandara International Soekarno-Hatta sampai tiba di Suzhou China, Jumat (12/5/23).

Begitu tiba di kota Suzhou, setelah beristirahat di hotel, para pemain Indonesia memanfaatkan kesempatan menjajal lapangan yang digunakan di Suzhou Olympic Centre, Suzhou, China.

Dalam unggahan Story PBSI pada akun Instagram-nya, tampak Anthony Sinisuka Ginting, Gregoria Mariska Tunjung, Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, hingga Dejan Ferdinansyah berlatih.

Namun yang menarik perhatian adalah sektor ganda putra. Dikawal langsung oleh Herry Imam Pierngadi, para pemain berlatih dengan skema Triple Badminton.

Baca Juga
Sektor ganda putra Indonesia jajal lapangan Piala Sudirman 2023 dengan skema 3 x 3 (triple badminton). (Foto: Instastory@badminton.ina)

Triple Badminton adalah format terbaru bulutangkis yang mempertandingkan tiga lawan tiga pemain. Mantan ganda putra no. 1 dunia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dipisah di tim berbeda.

Lewat unggahan PBSI, terlihat Marcus Fernaldi Gideon satu tim dengan pemain no. 1 dunia saat ini, yakni Muhammad Rian Ardianto dan pemain no. 11 dunia Leo Rolly Carnando.

Baca Juga

Sedangkan Kevin Sanjaya satu tim dengan sang kapten Fajar Alfian dan partner Leo, Daniel Marthin.

Latihan triple badminton ini sangat efektif karena keterbatasan waktu latihan yang tersedia disamping harus beradaptasi dengan lapangan.

“Latihan ini hanya untuk mengembalikan kebugaran pemain. Otot-ototnya bisa lebih rileks untuk menerima latihan berikutnya. Maklum, kemarin kita dari Jakarta sampai Shanghai dan lanjut ke Suzhou hanya duduk di pesawat," ujar Armand Darmadji selaku manajer tim dalam keterangan resmi PBSI.

Baca Juga

1. Semua Pemain Indonesia Sudah Jajal Lapangan

Keberangkatan Timnas Bulutangkis Indonesia di Piala Sudirman. (Foto: PBSI)

Latihan pada Jumat kemarin merupakan uji coba pertama tim Indonesia sebelum memulai perjuangan mereka di Piala Sudirman 2023 mulai 14 -21 Mei mendatang.

Coach Irwansyah selaku pelatih tunggal putra juga menjelaskan bahwa latihan yang dijalani bemanfaat untuk mengembalikan kondisi anak didiknya usai melakukan penerbangan dengan durasi lama.

"Meski durasinya pendek, latihan ini tetap berguna. Pemain bisa beradaptasi dengan arena pertandingan. Latihan ini pun bisa untuk mengembalikan kondisi pemain," ujar Irwansyah.

Memang waktu yang didapat tim Indonesia tidak begitu banyak. Total 150 menit didapat tim Indonesia untuk menjajal kondisi venue.

Hal senada juga dirasakan oleh Armand Darmadji selaku manajer tim.

Baca Juga

"Kondisi semua pemain juga bagus. Hari ini pun kita beri waktu istirahat lebih panjang setelah baru sampai hotel dini hari. Karenanya, jam latihan yang rencana awalnya berlangsung pagi, kita geser ke siang hari," ujar Armand.

Sementara itu, tim bulutangkis Indonesia bertekad mengakhiri puasa gelar 34 tahun. Ya. Terakhir kali Indonesia merengkuh gelar juara Piala Sudirman adalah pada 1989.

Baca Juga

Saat itu, Indonesia yang diperkuat Rudy Gunawan hingga Susy Susanti berhasil mengalahkan Korea Selatan di partai final yang berlangsung di Jakarta.

Namun sejak kemenangan tersebut, Indonesia hanya tidak pernah lagi juara. Mereka hanya puas menjadi enam kali runner-up pada edisi (1991, 1993, 1995, 2001, 2005, 2007).

Pada Piala Sudirman 2023 kali ini, Indonesia sebagai unggulan ketiga tergabung di Grup B yang akan bersaing dengan Thailand, Jerman dan Kanada.

Baca Juga
PBSIPiala SudirmanKevin Sanjaya/Marcus GideonBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini