x

Haduh! Belum Juga Main, China Disebut ‘Curang’ di Piala Sudirman 2023

Minggu, 14 Mei 2023 14:15 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
Tuan rumah, China, disebut curang oleh badminton lovers (BL) di Piala Sudirman 2023 karena mengubah format order of play.

INDOSPORT.COM – Tuan rumah, China, disebut curang oleh badminton lovers (BL) di Piala Sudirman 2023 karena mengubah format order of play.

Sekadar informasi, China resmi ditunjuk BWF melalui Sekretaris Jenderal, Thomas Lund, untuk menjadi tuan rumah Piala Sudirman 2023 pada rilis resmi 2021 lalu.

Sebelumnya, China memang telah ditunjuk untuk menjadi tuan rumah pada edisi 2021. Karena pandemi Covid-19, Finlandia yang akhirnya terpilih.

Setelah resmi kembali ditunjuk untuk menjadi tuan rumah pada edisi 2023, China malah menuai kritikan dari penggemar bulutangkis atau badminton lovers.

Melansir cuitan akun Twitter badminton lovers Malaysia, @ThongWeeDaphne, format order of play menjadi membingungkan karena menempatkan ganda campuran di partai pertama.

Baca Juga

Saya bingung dengan format order of play Piala Sudirman. Kenapa XD menjadi yang pertama?,” cuit penggemar asal Malaysia itu.

Taipei vs India (contohnya) nggak ada pemain yang bertanding di 2 sektor tapi masih pakai format seperti ini. Format kayak gini sangat menguntungkan tuan rumah,” sambungnya.

Baca Juga

Tentu, tuan rumah lebih beruntung dengan menempatkan ganda campuran di partai perdana. Pasalnya, sektor ini merupakan andalan China di Piala Sudirman 2023.

China sendiri menurunkan Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan Feng Yanzhe/Huang Dongping yang merupakan penguasa ganda campuran.

Apalagi, Zheng Siwei/Huang Yaqiong merupakan ganda campuran utama yang saat ini menduduki ranking 1 dunia dan tampil mengerikan di awal musim 2023.

Baca Juga

1. Sudah Ditetapkan BWF

Ganda China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong berhasil menjadi juara sektor ganda campuran Indonesia Open 2019 usai mengalahkan rekan senegaranya Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping pada babak final di Istora Senayan, Minggu (21/07/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Meski menuai kritikan penggemar bulutangkis terkait order of play di Piala Sudirman 2023. Rupanya, BWF telah menerapkan aturan ini sejak edisi 2021.

Melansir utasan Twitter Badminton Talk pada 2019 lalu, wasit yang akan menentukan format order of play di turnamen bulutangkis beregu BWF, salah satunya Piala Sudirman.

Meski sebelumnya tunggal putra kerap menjadi partai pembuka, pada edisi kali ini di mana ganda campuran yang pertama bertanding bukanlah sebuah kecurangan.

Akan tetapi, dengan format order of play ini bakal menguntungkan China yang terkenal kuat di sektor ganda campuran dengan menurunkan Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Ya, Zheng Siwei/Huang Yaqiong sendiri menjadi pemain terkonsisten China dengan menyabet dua gelar super 1000 yakni Malaysia Open dan All England.

Baca Juga

Selain itu, ganda campuran nomor satu dunia juga meraih medali perak di Badminton Asia Championships 2023 usai takluk dari kompatriot, Jiang Zhenbang/Wei Yaxin.

Tak hanya mengandalakan Zheng Siwei/Huang Yaqiong, China juga memilki ganda campuran lainnya di Piala Sudirman 2023 yakni Feng Yanzhe/Huang Dongping yang tak kalah ganas.

Baca Juga

Belum lama dipasangkan, pasangan Feng/Huang gacor meraih tiga gelar di awal musim ini. Yakni, Indonesia Masters, Thailand Masters dan German Open.

Sementara itu, China sendiri bakal berlaga di hari pertama Piala Sudirman 2023, Minggu (14/05/23) dan akan bersua dengan tim Mesir.

Sebagai informasi, China sendiri selaku juara bertahan menjadi unggulan pertama dan tergabung di Grup A bersama dengan Denmark, Singapura dan Mesir.

Baca Juga

Sumber: Twitter @ThongWeeDaphne, @BadmintonTalk

ChinaPiala SudirmanBulutangkisZheng Siwei/Huang YaqiongBerita Bulutangkis

Berita Terkini