x

Persiapan Maksimal, Tim Bulutangkis Indonesia Siap Jadi 'Pembunuh' di Piala Sudirman 2023

Minggu, 14 Mei 2023 13:45 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Memiliki persiapan maksimal membuat skuat Indonesia siap menjadi ‘pembunuh’ di Piala Sudirman 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Memiliki persiapan maksimal membuat skuat Indonesia siap menjadi ‘pembunuh’ di Piala Sudirman 2023.

Setelah lama dinanti, turnamen Piala Sudirman 2023 akhirnya resmi bergulir pada 14-21 Mei 2023 di Suzhou, China.

Tim bulutangkis Indonesia sendiri sudah terbang ke China, dan terus memaksimalkan persiapan jelang dimulainya Piala Sudirman 2023 melalui sesi latihan kedua yang berlangsung di Suzhou Olympic Sports Centre, China pada Sabtu (13/05/23) kemarin.

Pada latihan kedua, timnas Indonesia mendapat waktu 2,5 jam pada lapangan latih dan tiga jam untuk mencoba lapangan pertandingan utama.

Indra Widjaja selaku pelatih tunggal putri Indonesia mengatakan bahwa latihan kedua memang ditujukan agar semua aspek bisa dimaksimalkan.

Baca Juga

Ia juga menuturkan bahwa tak hanya feeling pukulan, tetapi juga kelenturan badan Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani disiapkan secara maksimal agar otot-otot makin siap.

Kemudian latihan kedua ini juga untuk mengasah pola pikir, fokus, dan konsentrasi pemain, karena ajang ini menuntut mental tangguh pemain, sehingga faktor psikis juga terus dibangun agar makin siap.

Baca Juga

"Semua jenis pukulan terus diasah dalam latihan hari ini. Ini agar pemain makin siap menjelang laga perdana. Saya lihat Gregoria dan Putri KW sudah begitu siap untuk dimainkan,” kata Indra.

“Konsentrasi dan fokus mereka juga perlu dibangun jelang turun bertanding," tambahnya, dilansir dari Antara.

Amon Sunaryo selaku pelatih ganda campuran Indonesia juga disibukkan dengan mempersiapkan anak didiknya bisa tampil maksimal jelang Piala Sudirman 2023.

Baca Juga

1. Persiapan Matang Bulutangkis Indonesia di Piala Sudirman

Pasangan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akan tampil di Piala Sudirman 2023. (Foto: PBSI)

Amon Sunaryo mengatakan selain latihan gim, ia juga melatih pukulan para anak didiknya. Satu persatu pemain menjalani latihan stroke berbagai jenis pukulan.

"Latihan ini kami lakukan biar pemain makin siap menghadapi hari pertandingan. Semua hal kita tingkatkan dan maksimalkan,” ucap Amon.

“Sejauh ini performa tiga pasangan ini tetap terjaga dengan baik. Mereka siap bertanding," jelasnya.

Hal serupa dilakoni oleh para pemain ganda putri. Pelatih Prasetyo Restu Basuki menggenjot anak didiknya agar makin siap bertanding.

Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto, dan Lanny Tria Mayasari dilatih gim dan mengasah semua teknik pukulan.

Baca Juga

"Kami tambah siap dengan latihan hari kedua ini. Semua sudah makin semangat dan siap untuk dimainkan. Kami siap tempur," tukas Prasetyo.

Di sisi lain, Muhammad Rian Ardianto juga sempat mengatakan bahwa latihan kedua hari ini terasa lebih optimal.

Baca Juga

Para pemain bisa berlatih lebih normal dan tidak ada lagi rasa lelah atau mengantuk lagi seperti latihan perdana, Jumat.

"Hari ini kami latihan terasa lebih baik dibanding kemarin. Latihan ini membuat kami makin siap untuk menghadapi pertandingan. Kami berlatih normal dan rasanya semua pemain menjalani (dengan) lebih antusias," tambahnya.

Sekadar informasi, Indonesia sendiri tergabung di Grup B bersama Thailand, Kanada dan Jerman di Piala Sudirman 2023, dan akan tampil perdana pada Senin (15/05/23) besok.

Baca Juga
IndonesiaPiala SudirmanIndra WijayaBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini