x

Fakta Menarik Adnan/Nita, Wakil Pertama yang Beri Poin untuk Indonesia di Piala Sudirman 2023

Senin, 15 Mei 2023 19:05 WIB
Editor: Juni Adi
Pasangan ganda campuran Indonesia Adnan Maulana/Nita Violina di Sudirman Cup 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda campuran Indonesia, Adnan Maulana/Nita Violina Marwah, berhasil menjadi wakil pertama yang menyumbang poin untuk Merah Putih di Piala Sudirman 2023.

Salah satu turnamen bulutangkis bergengsi di dunia, Piala Sudirman 2023 telah dimulai sejak Minggu (14/05/23) kemarin hingga Minggu (21/05/23) mendatang.

Kali ini China akan menjadi tuan rumah turnamen bulutangkis beregu tersebut. Total ada 16 tim yang akan berlaga untuk memperebutkan trofi termasuk Indonesia.

Tim Merah Putih sendiri baru beraksi di hari kedua penyelenggaraan. Mereka berhadapan dengan Kanada di babak penyisihan grup B.

Tanpa kesulitan berarti, tim Indonesia menang telak 5-0 atas Kanada. Poin pertama disumbangkan oleh pasangan ganda campuran, Adnan Maulana/Nita Violina Marwah.

Baca Juga

Bermain di Suzhou Olympic Sports Centre, Senin (15/5/2023) pagi WIB. Adnan Maulana/Nita Violina Marwah diturunkan melawan Adam Dong/Josephine Wu di partai pertama yang mempertarungkan nomor ganda campuran.

Adnan/Nita memulai dengan baik dan membuka keunggulan 7-3. Namun sejumlah kesalahan membuat momentum bergeser ke pasangan Kanada, yang merebut enam poin beruntun lalu menutup interval unggul tipis 11-10.

Baca Juga

Kemenangan itu dijadikan momentum pasangan Adam/Josephine untuk terus mendulang angka. Mereka tampil lebih agresif sampai mencapai game poin lebih dulu.

Tetapi meski mendapat perlawana sengit dari Adam/Josephine, pasangan Adnan/Nita tetap tampil kompak tak tergoyahkan, lalu merebut gim pertama dengan kemenangan 22-20.

Gim kedua dimulai Adnan/Nita dengan lebih agresif. Setelah merebut dua poin pertama, ganda campuran Indonesia itu memperlebar jarak hingga unggul 11-6 saat interval.

Baca Juga

1. Fakta Menarik Adnan/Nita

Pasangan ganda campuran Indonesia, Adnan Maulana/Nita Violina Marwah di Australian Open 2022. (Foto: PP PBSI)

Dominasi dan tekanan itu berhasil dijaga Adnan/Nita, yang berhasil memetik poin demi poin. Setelah unggul telak 19-9, Adnan/Nita sempat mengendur sehingga lawan meraih enam poin beruntun.

Tapi itu hanya menunda kemenangan Adnan/Nita, yang mengunci kemenangan 21-15 untuk mempersembahkan poin pertama Indonesia. Berikut fakta menarik dari pasangan Adnan/Nita:

Adnan Maulana Didikan Klub Jaya Raya

Seperti diketahui, Adnan Maulana sedang berlaga di Piala Sudirman 2023 bersama pasangan ganda campurannya, Nita Violina.

Tampil apik ketika dipercaya turun di partai pertama, ternyata kepiawaian Adnan Maulana dalam bermain bulutangkis ternyata sudah terlihat sejak kecil.

Ia pernah mengenyam pendidikan dari klub bulutangkis Tanah Air, Jaya Raya Jakarta, sebelum akhirnya dipanggil ke pelatnas PBSI di Cipayung.

Gabung pelatnas, membuat kemampuan Adnan Maulana semakin meningkat. Ia pun banyak meraih prestasi, sejak turnamen junior.

Baca Juga

Prestasi Adnan Maulana

Pada tahun 2017, Adnan Maulana meraih medali parak Asia Junior Championship. Setelah itu, beberapa prestasi pun sudah diraih di level senior dengan beberapa pasangannya.

Setahun kemudian, ia berpartner bersama Masita Mahmudin dan memenangkan posisi juara kedua di Singapore International 2018. Sejumlah prestasi gemilang juga berhasil ia ukir di tahun 2019.

Baca Juga

Beberapa di antaranya, juara 2 Indonesia Masters 2019, juara 2 Hyderabad Open 2019, hingga juara di Rusia Open 2019.

Pernah Ganti Pasangan

Sebelum berpasangan dengan Nita Violina, Adnan Maulana pernah bermain di sekor ganda campuran bersama Mychelle Crhystine Bandaso,  Masita Mahmudin dan Shella Devi Aulia.

Sebelum berlaga di Piala Sudirman 2023, Adnan/Nita mampu berbicara banyak di sejumlah turnamen reguler BWF. 

Terbaru mereka mampu menebus partai semifinal Orleans Masters 2023 lalu, sebelum ditundukan oleh wakil China Taipei H.W Ye/C.H Lee 18-21, 21-17, 12-21.

Baca Juga

Prestasi Nita Violina di Ganda Putri

Sebelum tampil dengan Adnan Maulana pada sektor ganda campuran, Nita Violina pernah bermain untuk tim ganda putri Indonesia.

Nita Violina Marwah sempat berpasangan dengan Putri Syaikah Ulima Hidayat dan  Lanny Tria Mayasari.

Bersama dengan Putri Syaikah, Nita pernah merasakan beberapa gelar bergengsi, seperti juara pada turnamen Dutch Junior 2019. 

Selain itu, pasangan Nita/Putri juga pernah bermain di Super1000 yaitu Denmark Open 2021. Kala itu, mereka tembus ke babak 16 besar. Keduanya juga pernah merasakan peringkat ke-41 dunia pada tahun 2019.

Pertama Kali Tampil di Ajang Besar

Nita Violina Marwah kali pertama tampil di ajang besar dengan pasangan Lanny Tria Mayasari pada ajang Badminton Asia Team Championship 2022.

Pasangan baru itu membuahkan hasil, sebab mereka berhasil membawa pulang trofi BATC 2022 ke Tanah Air.

Pernah Jadi Kapten Tim Indonesia di Uber Cup 

Nit Violina Marwah pernah didapuk menjadi kapten tim Indonesia di Uber Cup 2022 lalu. Ia memimpin 11 atlet Indonesia lainnya untuk berjuang di Uber Cup.

Keputusan berani PBSI itu mengundang banyak reaksi, karena Nita Violina cukup muda menjadi seorang leader.

Hal ini berbeda dengan skuad Thomas Cup 2022 saat itu yang dipimpin sosok pebulu tangkis senior, Hendra Setiawan (37 tahun).

Piala SudirmanBulutangkisAdnan Maulana/Nita Violina MarwahAdnan Maulana

Berita Terkini