x

Gagal ke Final Bulutangkis SEA Games 2023, Komang Ayu Akui Masih 'Mentah'?

Senin, 15 Mei 2023 17:44 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Indra Citra Sena
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Komang Ayu Cahya Dewi, membocorkan sebab kegagalannya melaju ke final bulutangkis SEA Games 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pemain bulutangkis tunggal putra Indonesia, Komang Ayu Cahya Dewi, membocorkan sebab kegagalannya melaju ke final bulutangkis SEA Games 2023.

Komang Ayu Cahya Dewi mampu mencatatkan penampilan yang apik ketika mampu menembus semifinal bulutangkis SEA Games 2023.

Hal tersebut dikarenakan sebelumnya Komang Ayu Cahya Dewi mampu mengalahkan wakil Singapura, Lee Xin Yi Megan, di perempat final bulutangkis SEA Games 2023.

Pada saat itu, Komang mampu menang secara meyakinkan atas Lee Xin Yi Megan melalui straight game, dengan skor 21-10 dan 21-9.

Kendati demikian, catatan apik itu tidak mampu diteruskan oleh pebulutangkis kelahiran Bali pada 21 Oktober 2002 tersebut.

Baca Juga

Pasalnya, Komang Ayu Cahya Dewi justru menelan kekalahan dari pebulutangkis Thailand, Lalinrat Chaiwan, di babak semifinal.

Bahkan, Komang harus rela kalah lewat dua gim langsung dari Lalinrat Chaiwan, yakni dengan kedudukan 14-21 dan 18-21.

Baca Juga

Kekalahan tersebut menjadi yang kedua kalinya, mengingat di beregu putri bulutangkis SEA Games 2023, Komang Ayu juga kalah dari Lalinrat Chaiwan.

Sehingga, langkah Komang Ayu Cahya Dewi mentok di semifinal bulutangkis SEA Games 2023, dan gagal menambah medali emas untuk Indonesia.

Selepas itu, Komang Ayu Cahya Dewi membocorkan sebab kekalahannya dari Lalinrat Chaiwan di semifinal bulutangkis SEA Games 2023.

Baca Juga

1. Fokus Menurun dan Footwork Lemah

Tunggal putri Indonesia Komang Ayu Cahya Dewi di Turnamen Indonesia International Challenge 2022. PBSI

Secara kualitas, Komang Ayu Cahya Dewi memang berada di bawah Lalinrat Chaiwan. Hal tersebut terbukti dalam ranking versi BWF.

Komang Ayu Cahya Dewi kini tercatat berada di peringkat 52 ranking versi BWF, dengan mengoleksi torehan 23,762 poin.

Sementara itu, Lalinrat Chaiwan menempati urutan ke-23 dengan mengumpulkan perolehan poin sebanyak 40,148 angka.

Selain itu, Lalinrat Chaiwan merupakan pebulutangkis yang memiliki jam terbang lebih tinggi daripada Komang Ayu Cahya Dewi.

Hal tersebut dikarenakan Lalinrat Chaiwan memiliki usia 22 tahun. Sedangkan, Komang Ayu baru berusia 20 tahun.

Baca Juga

Dengan demikian, otomasi pertandingan yang telah dijalani oleh Lalinrat Chaiwan lebih banyak dibandingkan dengan Komang.

Selepas pertandingan semifinal bulutangkis SEA Games 2023, Komang Ayu Cahya Dewi mengungkapkan bahwa dirinya masih memiliki kelemahan.

Baca Juga

Kelemahan yang dimaksudkan adalah fokusnya belum bisa konsisten, alias menurun jika dibandingkan dengan saat di beregu putri.

"Main saya hari ini bahkan bisa dibilang tidak lebih bagus dari saat kami bertemu di beregu kemarin. Fokus saya menurun dan hilang-hilangan," ungkap Komang.

"Ke depan saya harus memperbaiki fokus supaya tidak kendur dan mempercepat pergerakan kaki," tambah Komang Ayu Cahya Dewi dari rilis yang diterima INDOSPORT.

Baca Juga
SEA GamesBulutangkisBerita BulutangkisKomang Ayu Cahya DewiSEA Games 2023

Berita Terkini