x

Hasil SEA Games 2023: Bungkam Jagoan Malaysia, Christian Adinata Lolos ke Final

Senin, 15 Mei 2023 15:18 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Hasil bulutangkis SEA Games 2023 antara Christian Adinata vs Leong Jun Hao, dimenangi tunggal putra Indonesia dan berhak atas tiket final. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Hasil bulutangkis SEA Games 2023 antara Christian Adinata vs Leong Jun Hao, dimenangi tunggal putra Indonesia dan berhak menyabet tiket final.

Laga semifinal yang berlangsung di Morodok Techo, Phnom Pneh, Senin (15/5/23), Christian Adinata sebagai wakil Indonesia mampu membungkam rivalnya dari Malaysia.

Hanya butuh waktu 44 menit, Christian Adinata mampu memenangkan laga semifinal tersebut dengan dua set langsung dengan skor 21-19, 21-11.

Kemenangan ini memang tak disangka-sangka mengingat Leong Jun Hao meski berperingkat 64 dunia diklaim punya performa bagus musim ini.

Di final perebutan emas SEA Games 2023, Christian Adinata akan menantang pemenang antara Chico Aura Dwi Wardoyo dari Indonesia atau Lee Shun Yang dari Malaysia.

Baca Juga

Jika Chico mampu menumbangkan lawannya, potensi All Indonesian Final di tunggal putra bulutangkis SEA Games 2023 semakin besar. Indonesia bisa menyapu bersih medali emas dan perak.

Merunut jalannya pertandingan, Christian Adinata dan Leong Jun Hao yang sama-sama berstatus unggulan kedua dan ketiga tersebut tampil ngegas sejak menit pertama.

Baca Juga

Kejar-kejaran skor terjadi hingga kedudukan keduanya sama kuat 5-5. Namun Christian Adinta mampu merebut tiga poin untuk unggul 8-5.

Pada titik ini, Christian Adinata mengembangkan serangan yang membuat Leong Jun Hao tak berkutik. Interval gim pertama akhirnya dicapai Adinata dengan skor telak 11-5.

Usai turun minum, Christian Adinata tak memberi lawan ruang untuk bernafas. Poin demi poin berhasil diraih berkat serangan yang rapi.

Baca Juga

1. Babak kedua

Tunggal putra Indonesia, Christian Adinata di Australian Open 2022. (Foto: PBSI)

Keunggulan Adinata sempat terkejar pada kedudukan 17-14. Namun Christian Adinata berhasil mengamankan kemenangan di set pertama 20-17.

Memasuki set kedua, Christian Adinata langsung memberikan tekanan pada tunggal putra Malaysia tersebut dengan unggul jauh 7-3.

Tunggal putra ranking 59 dunia tersebut tak butuh waktu lama untuk bisa mencapai interval gim kedua dengan keunggulan 11-5.

Usai turun minum, Christian Adinata kembali tampil habis-habisan. Tiga poin beruntun direbut olehnya membuat poin semakin melebar 13-7.

Penampilan Adinata begitu meyakinkan mengatasi perlawanan dari jawara Indonesia Masters Super 100 2022 tersebut.

Baca Juga

Benar saja, Adinata kembali mampu mendapatkan dua poin tambahan meski sempat kecolongan dua poin dari Leong.

Empat poin beruntun kembali didapat Adinata untuk membuatnya semakin unggul pada kedudukan 18-7.

Memasuki matchpoint, Adinata masih terlalu mendominasi untuk diatasi Leong. Tiga poin tambahan membuatnya memastika skor set kedua dengan kemenangan 21-11.

Baca Juga
MalaysiaHasil PertandinganBulutangkisBerita BulutangkisChristian AdinataLeong Jun HaoSEA Games 2023

Berita Terkini