x

Disorot Media Malaysia, Rehan/Lisa Jadi Titisan Tontowi/Liliyana Jalur SEA Games 2023

Senin, 15 Mei 2023 14:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati disorot media di Malaysia dan penampilan mereka di SEA Games layak disebut titisan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati mendapat sorotan dari media di Malaysia. Penampilan mereka yang cemerlang di SEA Games 2023 disebut sebagai titisan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir merupakan salah satu ganda campuran tersukses yang pernah dimiliki Indonesia.

Mantan ganda campuran No. 1 dunia ini pernah merebut medali emas di Olimpiade Rio 2026 dan dua kali menjadi juara dunia pada 2013 dan 2017.

Namun, menghilangnya Liliyana dan Tontowi dari kancah internasional karena gantung raket masing-masing pada 2019 dan 2020 menimbulkan kekosonga pada sektor ini bagi Indonesia.

Media Malaysia, The Star, dalam artikelnya yang terbit pada Senin (15/05/23), menulis bahwa kini Indonesia kembali memiliki ganda campuran yang layak diandalkan.

Baca Juga

Media tersebut mengklaim bahwa Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati menjadi seberkas sinar untuk ganda campuran Indonesia sejak Tontowi/Liliyana pensiun.

“Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu muncul untuk mengembalikan masa-masa kejayaan Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad,’ tulis The Star.

Baca Juga

Bukan tanpa sebab. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati baru-baru ini mencapai karier tertinggi mereka dengan menduduki peringkat 10 dunia.

Pencapaiannya ini menambah motivasi bagi Rehan/Lisa untuk mengikuti jejak pendahulunya. Meski bukan langsung di Olimpiade, Rehan/Lisa setidaknya bisa meraihnya lewat SEA Games 2023.

“Semua pasangan ganda campuran Indonesia sekarang, termasuk Lisa dan saya masih belum stabil,” kata Rehan seusai tampil di pertandingan bulutangkis SEA Games 2023 di Kamboja.

Baca Juga

1. Rehan/Lisa Ingin Ikuti Jejak Tontowi/Liliyana

Peraih medali perak Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, Daihatsu Indonesia Masters 2018.

“Menjadi pasangan No. 1 untuk negara kami adalah motivasi besar bagi kami untuk melangkah lebih jauh.”

“Indonesia telah menghasilkan pemain ganda campuran top seperti Lilyana dan Tontowi dan kami ingin sukses seperti mereka,” tambahnya.

Rehan/Lisa menenangkan gelar BWF World Tour pertama mereka di Hylo Open pada November 2022 lalu. Saat ini, dirinya tengah mengincar medali emas SEA Games 2023.

Pasangan tersebut membukukan tiket ke semifinal setelah mengalahkan pasangan Filipina, Soloman Padiz/Eleanor Inlayo dalam dua set 24-22 dan 21-10 di Morodok Techo, Minggu (14/05/23).

Sebelumnya, Rehan/Lisa sendiri mengaku sempat kagok di pertandingan perdana karena langsung mendapatkan bye ke babak perempat final.

Baca Juga

Apalagi, Rehan/Lisa juga sudah 10 hari tidak bermain karena mereka tidak dimainkan saat tim putra dan putri berjuang memperebutkann medali di nomor beregu.

“Kami tiba seminggu yang lalu dan ini adalah pertandingan pertama kami karena kami tidak bermain di event beregu dan kami membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan angin di dalam sini dan shuttle yang cepat,” kata Rehan.

Baca Juga

“Kami juga memiliki tekanan lebih sebagai unggulan teratas dan kami senang kami berhasil mengontrol game kedua dengan lebih baik dan menang,” lanjut Rehan usai menangi babak perempat final.

“Kami sangat ingin mendapatkan emas dan akan mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan berikutnya,” tandasnya.

Hingga berita ini diturunkan, Rehan/Lisa berhadapan dengan pasangan Thailand, Ratchapol Makkasasithorn/Chasinee Korepap, untuk memperebutkan satu tempat di final SEA Games 2023.

Baca Juga
Tontowi Ahmad/Liliyana NatsirBulutangkisBerita BulutangkisRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu KusumawatiSEA Games 2023

Berita Terkini