x

Piala Sudirman 2023: Menang Susah Payah, Jonatan Christie Bongkar Kunci Tikung Wakil Jerman

Selasa, 16 Mei 2023 14:19 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Jonatan Christie mengungkapkan kunci suskesnya balik unggul atas wakil Jerman, Fabian Roth, di babak penyisihan Grup B Piala Sudirman 2023.

INDOSPORT.COM – Jonatan Christie mengungkapkan kunci suskesnya balik unggul atas wakil Jerman, Fabian Roth, di babak penyisihan Grup B Piala Sudirman 2023.

Tim bulutangkis Indonesia berhasil unggul sementara atas Jerman dengan skor 4-0 di babak penyisihan Grup B usai Jonatan Christie memastikan kemenangan.

Tunggal putra andalan Indonesia itu berhasil mengunci poin atas Fabian Roth dalam dua gim langsung dengan skor 21-18, 21-17 di Piala Sudirman 2023.

Jonatan sendiri sempat tertinggal dua poin di awal gim pertama bahkan tertinggal di interval. Akan tetapi, memiliki mental yang baik, tunggal putra nomor 6 dunia itu mampu membalikkan keadaan dengan memenangkan gim pertama.

Sempat tertinggal di gim pertama, Jonatan Christie mengungkapkan masalah yang dihadapinya yakni adaptasi dengan lapangan di Suzhou Olympic Centre.

Baca Juga

“Laga ini juga menegangkan. Ini karena pertandingan pertama saya. Lawan juga bermain bagus,” kata Jonatan sebagaimana dalam rilis PBSI.

“Sementara karena ini pertandingan pertama, saya juga harus cepat beradaptasi dengan kondisi lapangan, shuttlecock, dan angin yang berbeda dengan saat latihan,” sambungnya.

Baca Juga

Sementara itu, diakui Jonatan, kondisi shuttlecock yang cepat menjadi faktor ia kalang kabut di gim pertama dan membuat tunggal Jerman itu makin percaya diri.

Selain itu, diakui Jonatan peran suporter di Suzhou Olympic Centre sangat penting untuk mengembalikan kepercayaan dirinya dan berhasil menyumbang poin untuk Indonesia.

“Dukungan suporter dari teman-teman di pinggir lapangan, juga membuat saya jadi lebih percaya diri. Saya berharap, berapa pun skornya, yang penting Indonesia bisa menang,” sambungnya.

Baca Juga

1. Kunci Jonatan Tikung Fabian Roth

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Piala Sudirman 2023. (Foto: PBSI)

Tak hanya di gim pertama Piala Sudirman 2023 di mana Jonatan Christie hampir ditikung Fabian Roth di gim kedua usai unggul di poin 18.

Beruntungnya, Jonatan mampu bangkit dan berhasil memenangkan pertandingan dua gim langsung dan menyumbangkan poin berharga untuk Indonesia.

Berhasil comeback di gim pertama dan kedua, Jojo mengungkapkan kunci keberhasilannya mampu menaklukkan tunggal Jerman itu yang tengah apik performanya.

“Tadi kunci kemenangannya, saya coba ubah strategi setelah menang gim pertama. Gim kedua iramanya saya buat lebih cepat dan lebih menguasai serangan,” kata Jonatan.

“Sempat unggul, namun malah terkejar. Setelah itu, saya mulai lebih tenang dan variasi permainannya juga lebih banyak,” smabung Jojo.

Baca Juga

Tentu bukan hal yang mudah bagi Jonatan Christie yang baru pertama kali bersua dengan Fabian Roth. Maka dari itu, sulit bagi tunggal Indonesia ini untuk membaca permainan.

Apalagi, Jonatan juga baru melakoni partai perdana di Piala Sudirman 2023. Tentu, menjadi hal yang sulit baginya untuk beradaptasi dengan lapangan.

Baca Juga

Namun, hasil positif Jonatan gagal dilanjutkan oleh ganda putra, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang harus mengakui keunggulan Marc Lamsfuss/Marvin Seidel.

Indonesia sendiri telah dipastikan lolos ke babak perempat final Piala Sudirman 2023 bersama dengan Thailand yang berhasil unggul atas Kanada di pertandingan lainnya.

Di pertandingan terakhir fase grup Piala Sudirman 2023, Indonesia akan menghadapi Thailand untuk menentukan Juara di Grup B.

Baca Juga

Sumber: PBSI

JermanJonatan ChristiePiala SudirmanBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini