x

Dibantai Rehan/Lisa di SEA Games 2023, Wakil Malaysia Soroti Kengerian Ganda Indonesia

Rabu, 17 Mei 2023 12:25 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pasangan ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati juara di SEA Games 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis Malaysia, Yap Roy King/Cheng Su Yin menyoroti kengerian ganda campuran Indonesia usai takluk dari Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di SEA Games 2023.

Berduel di Morodok Arena, Kamboja, ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati berhasil menyabet medali emas di SEA Games 2023 nomor perorangan.

Ganda campuran unggulan pertama itu sukses membungkam wakil Malaysia di final, Yap Roy King/Cheng Su Yin dengan skor 20-22, 21-8, 21-16.

Dengan hasil ini, ganda campuran Indonesia berhasil mengulang kesuksesan pada edisi 2019 di mana emas sukses direngkuh Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Sementara pada edisi 2021, ganda campuran Indonesia gagal memboyong medali emas usai Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas dan Adnan Maulana/Mychelle Christine terhenti di semifinal.

Baca Juga

Oleh sebab itu, kemenangan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati menjadi catatn positif tim bulutangkis Indonesia di SEA Games 2023.

Akan tetapi, nasib pilu justru mendatangi pasangan rival Rehan/Lisa, Yap Roy King/Cheng Su Yin yang gagal melanjutkan tren positif emas Malaysia di SEA Games 2021.

Baca Juga

Yap Roy King/Cheng Su Yin sendiri menyebutkan ganda campuran Indonesia memang mengerikan dan levelnya jauh di atas mereka usai takluk dari Rehan/Lisa di final.

“Lawan kami (Rehan/Lisa) memang berada di kelas yang berbeda, ganda Indonesia memang sulit untuk ditaklukkan, tapi kami berhasil memberi mereka perlawanan,” kata Roy King, dilansir The Star.

“Tapi kami bangga karena hari ini kami bermain bagus, tapi ya memang lawan kami jauh lebih baik dari kami” sambung ganda Malaysia itu.

Baca Juga

1. Tren Positif Tim Indonesia di SEA Games 2023

Pasangan ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati juara di SEA Games 2023. (Foto: PBSI)

Tim bulutangkis Indonesia mencatatkan rekor positif di SEA Games 2023 dengan menorehkan total 11 medali yang terdiri dari 5 emas, 3 perak dan 3 perunggu.

Emas pertama kontingen bulutangkis berhasil diraih dari tim beregu putra yang sukses mengalahkan Malaysia dengan skor 3-1.

Selanjutnya di nomor perorangan, empat emas berhasil dipersembahkan oleh empat sektor yakni ganda campuran, tunggal putra, ganda putra dan ganda putri.

Emas pertama di nomor perorangan berhasil diraih oleh Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang berhasil mengalahkan wakil Malaysia, Yap Roy King/Cheng Su Yin.

Sempat tertinggal ketat di gim pertama, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati menunjukkan kualitasnya dengan mengalahkan ganda Malaysia itu di gim kedua dan ketiga dengan skor telak.

Baca Juga

Lalu, emas kedua berhasil diraih ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi yang unggul atas Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allesya Rose dengan skor 21-17, 21-16.

Emas ketiga juga dipersembahkan sektor tunggal putra melalui Christian Adinata yang sukses mengalahkan kompatriot, Chico Aura Dwi Wardoyo dengan skor 21-12, 18-21, 21-18.

Baca Juga

Sementara emas terakhir berhasil dipastikan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan usai mengalahkan wakil Thailand, Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul, skor 21-17, 21-19.

Selain itu, wakil Indonesia yang berhasil meraih perunggu adalah Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Ester Nurumi Tri Wardoyo dan Komang Ayu Cahya Dewi.

Dengan hasil ini, Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum di cabor bulutangkis SEA Games 2023 diikuti Thailand dengan torehan 7 medali (2 emas, 2 perak, 3 perunggu).

Baca Juga

Sumber: The Star

MalaysiaBulutangkisBerita BulutangkisRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu KusumawatiSEA Games 2023

Berita Terkini