x

Ketemu Indonesia di Perempatfinal Piala Sudirman 2023, Media China Malah Ketar-ketir

Jumat, 19 Mei 2023 11:13 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Piala Sudirman 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Babak perempatfinal Piala Sudirman 2023 akan menyuguhkan laga sengit Indonesia vs China yang berhasil membuat media setempat, Sohu, ketar-ketir.

Perempatfinal Piala Sudirman 2023 dihelat pada Jumat (19/05/23) yang akan mempertandingan tim-tim terbaik dari masing-masing grup.

Tim bulutangkis Indonesia sendiri yang berstatus sebagai runner-up Grup B harus menghadapi lawan berat yakni juara Grup A sekaligus tuan rumah, China.

Sekadar informasi, pada pertandingan pamungkas Grup B, Indonesia harus menelan kekalahan dari Thailand dengan skor 2-3 dan harus puas finis di posisi kedua.

Hasil ini turut menjadi ujian berat bagi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dkk yang harus menghadapi China selaku juara bertahan Piala Sudirman.

Baca Juga

Akan tetapi, menariknya, media setempat yakni Sohu, malah dibuat ketar-ketir China melawan Indonesia di perempat final Piala Sudirman 2023.

“Setelah pengundian, China yang menjadi tim teratas Grup A harus bersaing dengan tim kuat, Indonesia untuk memperebutkan tiket perempat final,” tulis Sohu.

Baca Juga

Sementara itu, China sendiri berhasil lolos ke perempatfinal dengan mengunci status juara Grup A usai tampil memuaskan dengan melumat habis Singapura, Denmark dan Mesir dengan skor 5-0.

Meski Sohu menyebut Indonesia merupakan tim yang kuat di Piala Sudirman 2023, performa apik Zheng Siwei/Huang Yaqiong dkk menjadi modal positif untuk lolos ke semifinal.

Namun, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga memiliki kesempatan besar untuk lolos ke semifinal. Pasalnya, di sektor tunggal putra, ganda putra hingga ganda putri, Indonesia memiliki kans besar untuk menang.

Baca Juga

1. Indonesia Apes?

Pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di Sudirman Cup 2023. (Foto: PBSI)

Seperti diketahui, China yang berstatus sebagai unggulan pertama sendiri menjadi tim bulutangkis terkuat di dunia dengan merajai trofi Piala Sudirman sebanyak 12 kali.

Lalu diikuti Korea Selatan sebanyak tiga kali. Sementara Indonesia sendiri baru juara satu kali yakni pada Piala Sudirman edisi pertama, 1989.

Sementara itu, Indonesia memiliki tren yang kurang positif kala bersua dengan tim bulutangkis China di sepanjang sejarah Piala Sudirman.

Salah satunya pada edisi 2007, Indonesia harus puas meraih posisi runner-up usai ditaklukkan China di babak final dengan skor 3-0.

Oleh sebab itu, Zheng Siwei/Huang Yaqiong cs tentu lebih diunggulkan atas Indonesia di perempat final Piala Sudirman 2023 karena unggul dari faktor pemain.

Baca Juga

Namun, bukan hal yang mustahil bagi Indonesia untuk menaklukkan raksasa bulutangkis China. Ya, dua sektor ini menjadi kunci untuk lolos ke semifinal.

Yakni tunggal putra yang akan bertanding di partai kedua diharapkan bisa mencuri poin. China diprediksi akan menurunkan Shi Yuqi atau Li Shifeng.

Baca Juga

Sementara Indonesia memiliki dua wakil yakni Anthony Ginting dan Jonatan Christie yang di atas kertas lebih unggul dari tunggal putra China.

Lalu, ada ganda putra, Indonesia besar kemungkinan akan menurunkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Sementara China diprediksi menunjuk antara Liu Yuchen/Ou Xuanyi atau Liang Weikeng/Wang Chang.

Terakhir di partai pamungkas ada ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia yang turut berpeluang menang karena pernah mencuri kemenangan atas Chen Qing Chen/Jia Yi Fan di ajang Malaysia Open 2023.

Baca Juga

Sumber: Sohu

ChinaPiala SudirmanFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini