x

Tantang China di Piala Sudirman 2023, Herry IP Beri Bocoran Skuat Indonesia

Jumat, 19 Mei 2023 10:19 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Piala Sudirman 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Pelatih ganda putra, Herry Iman Piengardi (Herry IP) memberi bocoran pemain yang akan diturunkan melawan China di perempatfinal Piala Sudirman 2023, yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Tim bulutangkis Indonesia harus melakoni ujian berat melawan tuan rumah sekaligus juara bertahan Piala Sudirman yakni China di babak perempatfinal.

Hasil undian ini didapat Indonesia usai menelan kekalahan dari Thailand di pertandingan pemungkas Grup B dengan hasil akhir skor 2-3.

Indonesia kehilangan tiga poin awal usai Dejan Ferdinansyah/Gloria Widjaja, Jonatan Christie dan Putri Kusuma Wardani tak mampu meraih kemenangan.

Sementara dua poin terakhir berhasil disumbangkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Baca Juga

Dengan hasil ini, Indonesia harus puas ke perempatfinal Piala Sudirman 2023 sebagai runner-up dan melawan China yang menjadi juara Grup A.

Sementara itu, jelang bersua dengan China, pelatih kepala ganda putra Indonesia yakni Herry IP memberi bocoran tipis-tipis pemain yang akan diturunkan.

Baca Juga

“Kita tinggal mengadu saja dan melihat susunan seperti apa pemain lawan. Bagi saya, siapa pun lawan yang akan ditemui, kami akan turunkan Fajar/Rian. Mereka ini tetap yang terbaik,” kata Herry IP.

Bukan tanpa perhitungan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memang menjadi ganda putra yang paling konsisten di antara Leo/Daniel dan Kevin/Marcus.

Buktinya, pada laga terakhir melawan Thailand, Fajar/Rian berhasil menang mudah atas Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren dua gim langsung, skor 21-11, 21-19.

Baca Juga

1. Indonesia Turunkan Skuat Terbaik

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Piala Sudirman 2023. (Foto: PBSI)

Selain Herry IP yang memberikan bocoran langsung ganda putra yang akan turun melawan China di Piala Sudirman 2023, pelatih tunggal putra yakni Irwansyah turut buka suara.

Irwansyah menyebut akan menurunkan tunggal putra terbaik namun tidak gamblang menyebutkan siapa pemain yang akan turun menghadapi China.

“Kami akan menurunkan kekuatan pemain terbaik. Entah siapa pun lawan yang diturunkan, entah Shi Yu Qi atau Li Shi Feng, kami siap,” kata Irwansyah.

Ya, tunggal putra sendiri memiliki dua opsi yakni Anthony Ginting dan Jonatan Christe serta memiliki kans besar untuk mencuri poin melawan China.

Besar kemungkinan, Anthony Ginting yang akan diturunkan. Pasalnya, Jonatan Christie telah turun dalam dua laga beruntun yakni melawan Jerman dan Thailand.

Baca Juga

Tak hanya itu, Anthony Ginting juga menunjukkan penampilan yang menjanjikan di partai pembuka usai menaklukkan wakil andalan Kanada, Brian Yang dengan skor 21-17, 21-16.

Selain itu, Ginting juga memiliki catatan positif di turnamen sebelumnya yakni meraih medali emas Badminton Asia Championships 2023.

Baca Juga

Di sisi lain, manajer tim bulutangkis Indonesia yakni Armand Darmadji optimis, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dkk bisa memetik kemenangan meski China jauh lebih diunggulkan.

“Kita dalam posisi underdog. Kita malah bisa tampil tanpa beban. Dari awal, siapa pun lawan yang akan dihadapi, kita selalu siap,” kata Armand Darmadji.

“Di perempatfinal lawan China, kita akan turunkan kekuatan pemain terbaik yang kita miliki,” pungkasnya.

Baca Juga

Sumber: PBSI

ChinaPiala SudirmanFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoHerry IPBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini