x

Kena Libas Shi Yuqi di Piala Sudirman 2023, Anthony Ginting Introspeksi Diri

Minggu, 21 Mei 2023 16:45 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Indra Citra Sena
Anthony Sinisuka Ginting di Sudirman Cup 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Anthony Ginting mengaku lemahnya konsistensi menjadi faktor utama penyebab kekalahan dari wakil China, Shi Yuqi, di perempat final Piala Sudirman 2023, Jumat (19/5/23).

Laga perempat final Piala Sudirman 2023 antara Shi Yuqi kontra Anthony Ginting di Suzhou Olympic Sports Centre, China, berakhir dengan kedudukan 22-20 dan 21-14.

Sebenarnya pada awal game pertama, Anthony Ginting mampu bermain sabar dan membuatnya sukses mencuri dua point terlebih dulu atas Shi Yuqi.

Sayangnya selepas interval game pertama hingga pertandingan usai, Ginting justru sering melakukan kesalahan sendiri yang menyebabkan Shi Yuqi mengantongi beberapa poin gratis.

“Sangat disayangkan saat saya sudah unggul di gim pertama, tetapi tidak bisa menyelesaikan dengan kemenangan. Padahal kesempatan itu begitu terbuka,” jelas Anthony Ginting.

Baca Juga

“Karena menang di gim pertama, hal ini berdampak ke lawan yang jadi tampil tambah baik. Lawan jadi lebih percaya diri. Saya sudah berusaha semaksimal mungkin, tetapi belum berhasil,” timpalnya.

Lebih lanjut, Anthony Ginting menuturkan bahwa ia kurang sigap dalam mengubah strategi saat memimpin di game pertama.

Baca Juga

“Saya kurang konsisten dalam taktik dan pukulan. Saya tidak bisa mengantisipasi lawan yang mengubah strategi yang bisa menyusul. Game kedua, lawan tambah percaya diri. Sementara saya ikut terbawa pola permainan dia,” ujar Ginting.

“Lawan lebih menerapkan pola bermain satu-satu dan banyak membuat saya bergerak dan berlari mengejar shuttlecock yang diarahkan ke berbagai sudut,” tutupnya.


1. Tanggapan Liliyana Natsir

Legenda bulutangkis Indonesia, Liliyana Natsir.

Legenda bulutangkis, Liliyana Natsir, menanggapi soal kegagalan tim Indonesia di Piala Sudirman 2023 via unggahan di Instagram Story.

Menurut Liliyana, kekalahan di Piala Sudirman 2023 ini bisa menjadi pembelajaran bagi tim Indonesia untuk menatap turnamen selanjutnya.

Baca Juga

Selain itu, peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 itu juga menyebut biang kerok kekalahan Gregoria Mariska dkk disebabkan oleh faktor keberuntungan.

“Tim bulutangkis Indonesia hanya faktor kurang beruntung saja, jadiin pelajaran untuk turnamen selanjutnya. Semangat terus atlet-atlet bulutangkis kebanggaan Indonesia. Ayo bangkit,” tulis Liliyana Natsir, Sabtu (20/5/23).

Baca Juga

Meski hasil di Piala Sudirman 2023 berakhir jauh dari kata memuaskan, Indonesia masih memiliki kesempatan pada edisi 2025 untuk tampil lebih baik dan maksimal.

ChinaPiala SudirmanAnthony GintingBulutangkisShi YuqiBerita Bulutangkis

Berita Terkini