x

Gantung Raket, Oma Gil Jabarkan Rekor Gila Chen Long Si Spesialis Olimpiade

Selasa, 23 Mei 2023 12:25 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Indra Citra Sena
Gillian Clark atau Oma Gil jabarkan rekor gila Chen Long, Si Spesialis Olimpiade, selepas pria asal China itu mengambil keputusan untuk gantung raket.

INDOSPORT.COM - Komentator kondang Gillian Clark atau Oma Gil jabarkan rekor gila Chen Long selepas Si Spesialis Olimpiade asal China itu mengambil keputusan gantung raket.

Pebulutangkis asal China, Chen Long, pada akhirnya mengambil keputusan untuk gantung raket di usianya yang menginjak 34 tahun.

Asosiasi Bulutangkis China (CBA) atau PBSI-nya China sampai menggelar seremoni perpisahan untuk pria berusia 34 thaun itu di sela-sela kompetisi Piala Sudirman 2023 pekan lalu.

Seusai upacara perpisahan usai, eks nomor satu dunia sektor tunggal putra itu menyampaikan salam perpisahan yang penuh haru.

Chen Long mengungkapkan ucapan perpisahan tersebut memalui salah satu unggahan terbaru di akun Weibo pada pekan lalu.

Baca Juga

"Sungguh momen yang sulit bagi saya. Sangat sulit untuk mengucapkan selamat tinggal," tulis Chen Long di Weibo pada Jumat (19/5/23).

“Pada momen spesial ini, saya benar-benar emosional. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim bulutangkis China, keluarga, dan para penggemar saya,” sambungnya.

Baca Juga

"Bulutangkis adalah cinta dalam hidup saya. Saya cukup beruntung bisa menjadi pemain nasional dan bermain untuk negara saya karena tidak semua mimpi menjadi kenyataan dalam hidup," tutupnya.

Sekadar informasi, CBA turut menggelar acara perpisahan untuk pebulutangkis selain Chen Long di tengah ajang Piala Sudirman 2023, yaitu Liu Cheng, Zhang Nan, dan Li Junhui.

Kehilangan sosok sang pebulutangkis asal China itu, Oma Gil atau Gillian Clark sampai menjabarkan rekor mengerikan Chen Long, Si Spesialis Olimpiade.

Baca Juga

1. Rekor di Luar Nalar Chen Long

Pebulutangkis tunggal putra andalan China, Chen Long.

Gillian Clark atau lebih akrab disapa Oma Gil membeberkan rekor gila Chen Long, yang baru saja memutuskan gantung sepatu, melalui akun Instagram pribadinya.

Catatan rekor yang disebut Oma Gil ini menjadi tanda bahwa Chen Long memang cocok dan layak dijuluki sebagai Si Spesialis Olimpiade.

Oma Gil menyebut Chen Long menjadi salah satu dari tiga pemain dalam disiplin yang sama yang mampu meraih medali di tiga kejuaraan Olimpiade secara beruntun.

Ya, pebulutangkis asal China ini menjadi satu-satunya pemain pria dan tunggal putra yang mampu meraih medali set lengkap, perunggu di Olimpiade 2012 London, emas di Olimpiade 2016 Rio, dan perak di Olimpiade 2020 Tokyo.

Selain itu, pria berusia 34 tahun itu juga menjadi pemain ketiga dalam sejarah bulutangkis yang mampu mempertahankan gelar Kejuaraan Dunia pada 2014 dan 2015.

Baca Juga

Ya, pebulutangkis asal China tersebut juga mampu memperoleh empat medali Kejuaraan Dunia dengan perincian dua emas dan dua perunggu (2017 dan 2018).

Oma Gil menambahkan Chen Long mampu meraih 31 gelar karier dari 55 kali masuk ke final, termasuk 22 gelar dari 37 final di tingkat Superseries (SS)/World Tour.

Baca Juga

Banyak netizen juga yang ikut mengomentari penjabaran rekor Chen Long itu di kolom komentar Instagram Gillian Clark.

“One of Men Single Legend in the world, Salah satu penjegal lee chong wei to win the gold medal in more tournament . Happy retirement mr. chen long,” tulis @doni_nurohma***.

“Only Ginting have a good head to head against Mr Chen Long,” tulis @ihalhalh***.

Baca Juga

Sumber: Instagram

ChinaOlimpiadePiala SudirmanChen LongBulutangkisGillian Clark

Berita Terkini