x

Si Tangan Kidal China Jadi Kutukan MS Indonesia, Ternyata Ada Peran Lin Dan dan Chen Long

Jumat, 26 Mei 2023 13:41 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pebulu tangkis bertangan kidal dari China, Weng Hongyang, jadi kutukan tunggal putra Indonesia, menariknya hal ini tak lepas dari peran Lin Dan dan Chen Long.Foto: Instagram@bwf.official

INDOSPORT.COM - Pebulu tangkis bertangan kidal dari China, Weng Hongyang, jadi kutukan bagi tunggal putra Indonesia. Menariknya, hal ini tak lepas dari peran Lin Dan dan Chen Long.

Turnamen bulutangkis Malaysia Masters 2023 tengah berlangsung saat ini. Ini menjadi ajang BWF World Tour Super 500 yang berlangsung 23-28 Mei 2023 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia.

Weng Hongyang menjadi satu-satunya wakil China, negara asal Lin Dan dan Chen Long, yang tersisa di sektor tunggal putra.  Pemain peringkat 34 dunia tersebut secara mengejutkan mampu menembus babak perempat final.

Weng Hongyang melaju ke 8 besar usai mengalahkan unggulan kedua dari Indonesia, yakni Anthony Ginting 21-19, 21-15 di babak 16 besar Malaysia Masters di Axiata Arena di Bukit Jalil, Kamis (25/05/23).

Sebelumnya, Hongyang bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan eks tunggal putra no. 1 dunia dari Jepang Kento Momota 13-21, 23-21, 21-16 di babak 32 besar.

Baca Juga

Bisa dibilang, ini menjadi penampilan terbaik Hongyang belakangan sejak memenangkan gelar BWF World Tour pertamanya di Korea Open pada April tahun lalu.

Weng Hongyang juga rupanya menjelma sebagai tunggal putra yang masih sulit dikalahkan oleh para pemain tunggal putra Indonesia.

Baca Juga

Menilik dari rekor head-to-head dengan Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo, Weng Hongyang tercatat masih unggul semua.

Dengan Anthony Ginting, kemenangannya di babak 16 besar Malaysia Masters kemarin menjadikan skor head-to-head Weng Hongyang menjadi 2-0.

Artinya, Ginting yang berperingkat dua dunia tersebut masih belum mampu revans atas pemain yang dijuluki The Next Lin Dan tersebut.

Baca Juga

1. Ada Peran Lin Dan dan Chen Long

Tunggal putra China, Weng Hongyang Juara Korea Open 2022. Foto: Instagram@bwf.official

Adapun dengan Jonatan Christie, Weng Hongyang juga sudah unggul 2-0. Kemenangan terakhir Hongyang atas Jonatan terjadi di ajang All England 2023.

Sementara melawan Chico Aura Dwi Wardoyo, Weng Hongyang juga menang di pertemuan pertama atas tunggal putra 18 dunia tersebut di All England 2023.

Berbeda dengan Ginting, Chico dan Jonatan yang terhenti, Weng Hongyang masih akan melanjutkan kiprahnya di babak semifinal Malaysia Masters 2023.

Penampilan apik di Malaysia Masters membuat pemain peringkat 34 dunia tersebut dibandingkan dengan Lin Dan karena keduanya sama-sama bertangan kidal.

Namun, Weng Hongyang tidak mau menjadikan hal ini motivasi. Meski sudah lama mengidolakan Lin Dan dan legenda China lainnya Chen Long, Weng Honyang ingin menjadi dirinya sendiri.

Baca Juga

Bahkan, Weng Hongyang kerap mendapatkan masukan dari Lin Dan lewat tukar pesan virtual demi bisa bertahan dan berkembang di olahraga tepok bulu saat ini.

“Saya pikir lebih baik menjadi diri saya sendiri dan lebih sedikit dibandingkan dengan Lin Dan atau Chen Long,” kata Hongyang dilansir dari Sohu.

Baca Juga

“Lin Dan adalah idola saya sedangkan Chen Long adalah senior saya. Chen Long dan saya adalah bagian dari skuat Fujian dan dia telah banyak berkontribusi di sektor tunggal putra.”

“Untuk Lin Dan, kami telah berkomunikasi dan bertukar pendapat tentang olahraga ini di WeChat. Saya juga akan meminta saran dan pendapatnya sebelum atau selama kompetisi.”

Selanjutnya, Hongyang akan menghadapi lawan berat yakni Angus Ng Ka Long dari Hong Kong di perempat final Malaysia Masters 2023 hari ini, Jumat (26/05/23).

Baca Juga
ChinaLin DanAnthony Sinisuka GintingJonatan ChristieChen LongChico Aura Dwi WardoyoBulutangkisBerita BulutangkisWeng HongyangMalaysia Masters

Berita Terkini