x

Tak Terbendung ke Final Singapore Open, Anthony Ginting Cetak Sejarah Membanggakan

Minggu, 11 Juni 2023 08:55 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Bintang bulutangkis tunggal putra, Anthony Ginting, catat sejarah membanggakan usai lolos ke final Singapore Open 2023.(Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Bintang bulutangkis tunggal putra, Anthony Ginting, catat sejarah membanggakan usai lolos ke final Singapore Open 2023.

Seperti diketahui, Anthony Ginting berhasil mencatatkan prestasi gemilang di Singapore Open yakni melaju ke partai final.

Pebulu tangkis Juara Asia 2023 itu berhasil mengamankan tiket final usai lawannya di semifinal, Kunlavut Vitidsarn memutuskan retired di poin 19-21, 21-11, 6-1*.

Dengan hasil ini, Ginting akan menghadapi wakil Denmark, Anders Antonsen di final yang akan berlangsung di Singapore Indoor Stadium.

Menariknya, setelah berhasil melaju ke final, Anthony Ginting berhasil mencetak sejarah membanggakan di Singapore Open.

Baca Juga

Anthony Sinisuka Ginting menjadi satu-satunya juara bertahan di final, satu-satunya wakil Indonesia di final, serta ia satu-satunya tunggal putra yang (berhasil) ke final Singapore Open tiga kali secara beruntun. 

Sekadar informasi, Anthony Ginting berhasil melaju ke final Singapore Open 2019 di mana kala itu ia harus puas keluar sebagai runner-up usai takluk dari Kento Momota.

Baca Juga

Usai edisi 2020 dan 2021 dibatalkan, Ginting kembali menunjukkan tajinya di edisi 2022 dan sukses keluar sebagai juara mengalahkan Kodai Naraoka.

Sementara itu, di Singapore Open 2023 kesempatan Ginting terbuka lebar untuk mempertahankan gelar. Pasalnya, menilik rekor pertemuan, tunggal putra Indonesia itu berhasil unggul dengan 5 kemenangan dari 7 pertandingan lawan Anders Antonsen.

Baca Juga

1. Anthony Ginting Gacor di Singapore Open

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di Singapore Open 2023. (Foto: PBSI)

Perjuangan Anthony Ginting untuk mencapai babak final Singapore Open 2023 tentu bukan hal yang mudah. Ia berhasil mengalahkan tunggal putra papan atas sejak babak awal.

Di partai pembuka, pebulu tangkis asal Cimahi itu berhasil menaklukkan tunggal putra nomor 1 Hong Kong, Ng Ka Long Angus dua gim langsung.

Bukan hal yang mudah mengalahkan Ng Ka Long Angus. Pasalnya, Ginting pernah dikalahkan dalam tiga turnamen bulutangkis beruntun yakni All England, Kejuaraan Asia dan Hong Kong Open 2019.

Sementara itu, di babak 16 besar, tunggal putra peringkat 2 di ranking BWF itu lolos dari adangan wakil Kanada, Brian Yang, juga dengan skor 21-19, 21-11.

Lalu di babak perempat final Singapore Open, Anthony Ginting gemilang menaklukkan tunggal putra muda kebangaan China, Li Shifeng, dalam laga sengit tiga gim.

Baca Juga

Setelah itu di babak semifinal, Ginting harus menghadapi ujian berat yakni tunggal putra Thailand yang tengah naik daun, Kunlavut Vitidsarn.

Ginting sendiri tak diunggulkan ketika melawan Kunlavut. Pasalnya, ia harus takluk dari bintang bulutangkis Thailand itu di pertemuan sebelumnya, India Open 2023.

Baca Juga

Apalagi Kunlavut sendiri tampil gemilang pada musim 2023 dengan menyabet gelar juara India Open usai mengalahkan penguasa ranking BWF tunggal putra, Viktor Axelsen.

Namun, karena memutuskan retired karena cedera, Kunlavut akhirnya memberi tiket emas Ginting untuk melaju ke final Singapore Open 2023.

Sementara itu di partai final, Anthony Ginting menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang berlaga di mana laga pemungkas didominasi oleh China, Jepang hingga Korea Selatan.

Baca Juga
Anthony Sinisuka GintingBulutangkisSingapore Open

Berita Terkini