x

Indonesia Open Dimulai, Tabiat Menyebalkan Coach Boboho Malah Jadi Isu Panas di China

Selasa, 13 Juni 2023 18:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Saat Zheng Siwei/Huang Yaqiong dkk berjuang di Indonesia Open 2023, tabiat menyebalkan Zhang Jun atau Coach Boboho malah sibuk isu panas di China.

INDOSPORT.COM – Saat Zheng Siwei/Huang Yaqiong dkk berjuang di Indonesia Open 2023, tabiat menyebalkan Zhang Jun atau Coach Boboho malah sibuk isu panas di China.

Zhang Jun yang pernah menguasai ranking BWF, sejak beberapa waktu lalu memang didapuk menjabat sebagai ketua Asosiasi Bulutangkis China (CBA).

Zhang Jun menggantikan posisi Li Yongbo yang telah mengantarkan China pada kejayaan memenangkan 18 medali emas, 10 Piala Sudirman, sembilan Piala Uber, dan lima Piala Thomas.

Jika dirangkum-rangkum, mungkin sudah ada lebih dari 90 juara dunia lahir saat kepemimpinan Li Yongbo yang dikenal dengan julukan Sang Paduka.

Dinamika kepemimpinan Zhang Jun saat ini tak lepas dari bayang-bayang Li Yongbo, bahkan kinerja mereka pasti akan selalu ada yang membanding-bandingkan.

Baca Juga

Seperti kala Zhang Jun dikritik pedas karena dianggap gagal membawa China pada performa baik di Piala Thomas 2020 dan 2022, hingga Li Yongbo pun ikut jadi bahan perbandingan.

Namun belakangan, Zhang Jun mendapat puja-puji dan simpati dari publik Ketika regenerasi bulutangkis mulai membaik, dan banyak atlet dari China yang bertengger di puncak ranking BWF.

Baca Juga

Nahasnya, saat kiprah Zhang Jun mendapat simpati publik, namanya justru jadi memanas lagi karena aksinya yang belakangan kepergok ngomel-ngomel pada Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Ya, Zhang Jun mengomeli Zheng Siwei/Huang Yaqiong saat ganda campuran ranking satu BWF itu gagal di babak perempat final Singapore Open 2023 dari Kim Won-ho/Jeong Na-eun, Jumat (9/6/23).

Momen itu agaknya belum lewat, dan masih jadi pembahasan media China di saat para atlet sedang sudah move on ke turnamen Indonesia Open 2023.

Baca Juga

1. Tabiat Zhang Jun Disorot Media China

Tabiat Zhang Jun Disorot Media China.

Media China, Aiyuke, secara khusus membuat sebuah headline saat Zhang Jun mengomeli Zheng Siwei/Huang Yaqiong di Indonesia Open 2023.

“Zheng Siwei/Huang Yaqiong gagal (di Singapore Open), omelan Zhang Jun jadi kontroversi,” tulis media Aiyuke di sela-sela Indonesia Open 2023.

Sebenarnya jika dirunut dari kisahnya, Zhang Jun memang dikenal sebagai pelatih bulutangkis China yang sangat ekspresif dan terkenal dengan ‘kesangarannya.’

Jadi bisa dimengerti kenapa Zhang Jun begitu ekspresif saat Zheng Siwei/Huang Yaqiong mengalami kekalahan mengejutkan di Singapore Open 2023.

Karena secara catatan di atas kertas, Zheng Siwei/Huang Yaqiong berpeluang besar untuk melaju jauh. Performa ganda campuran top satu di ranking BWF itu juga mengagumkan sejak musim lalu.

Baca Juga

Di musim 2022,  mereka bisa meraup lebih dari 10 gelar juara yang semakin mengokohkan posisi di puncak ranking BWF.

Di musim 2023, Zheng Siwei/Huang Yaqiong sudah mengoleksi dua gelar juara dari tiga turnamem yang sudah diikutinya sebelum Indonesia Open dan Singapore Open.

Hanya saja media China Aiyuke itu seolah-olah mengesankan jika omelan Zhang Jun pada Zheng Siwei/Huang Yaqiong berseberangan dengan pendapat Lin Dan.

Baca Juga

Beberapa saat lalu legenda bulutangkis China, Lin Dan, memang menganggap jika kekalahan di pertandingan sesungguhnya bukan hal yang buruk.

“Memang Zheng Siwei dan Huang Yaqiong kalah di BWF World Tour, dan tugas mereka adalah fokus ke Olimpiade. Jadi kerugian kali ini tidak terlalu buruk,” ucap Lin Dan.

Media Aiyuke menyimpulkan,”mungkin Zhang Jun seharusnya tidak membuat kesalahan dengan memberikan omelan di depanj umum. Dibanding dengan banyaknya kemenangan yang dicetak, omelan itu seharusnya tidak ada.”

Baca Juga
ChinaIndonesia OpenBulutangkisZheng Siwei/Huang YaqiongBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis China (CBA)Zhang Jun

Berita Terkini