x

Jauh Kalah Kelas dari Yuta/Arisa, Rinov/Pitha Terjungkal di Perempat Final

Jumat, 16 Juni 2023 16:05 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Bintang bulutangkis, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus terhenti langkahnya di perempat final Indonesia Open 2023 usai kalah dari Yuta/Arisa.

INDOSPORT.COM – Bintang bulutangkis, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus terhenti langkahnya di perempat final Indonesia Open 2023 usai kalah dari Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Bertanding di Istora Senayan, Jakarta, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus mengakui keunggulan Yuta Watanabe/Arisa Higashino dengan skor 11-21, 18-21.

Di atas kertas, Yuta/Arisa memang lebih unggul atas Rinov/Pitha dari segi ranking BWF. Pasangan Indonesia berada di peringkat 15 sementara ganda Jepang jauh berada di posisi ke-3.

Sejak awal pertandingan di Indonesia Open 2023, Rinov/Pitha memang jauh tertinggal dari Yuta Watanabe/Arisa Higashino dengan tertinggal 6 poin beruntun.

Sempat melakukan perlawanan, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari kembali tertinggal jauh usai interval karena banjir error.

Baca Juga

Pasangan andalan Indonesia itu harus mengakui dominasi Yuta/Arisa di gim pertama dengan skor telak 11-21 di perempat final Indonesia Open 2023.

Memasuki gim kedua di Indonesia Open 2023, Rinov/Pitha sempat tertinggal namun bisa berbalik unggul atas Yuta Watanabe/Arisa Higashino dengan skor 4-3.

Baca Juga

Namun, sempat unggul beberapa poin, Rinov/Pitha harus mengakui keunggulan Yuta/Arisa di interval gim pertama dengan skor tipis 10-11.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus terhenti langkahnya di perempat final ajang bulutangkis Indonesia Open 2023 usai kalah dari Yuta Watanabe/Arisa Higashino dengan skor 18-21.

Kekalahan Rinov/Pitha dari Yuta/Arisa disebabkan oleh beda kualitas permainan yang ditunjukkan. Ganda Jepang ini jauh lebih siap dan tampak mendominasi sepanjang pertandingan.

Baca Juga

1. Beda Kelas

Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari pada babak 16 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Kamis (15/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Sekadar informasi, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari telah bersua dengan Yuta Watanabe/Arisa Higashino sebanyak lima kali.

Dari lima pertandingan tersebut, ganda campuran andalan Indonesia itu belum pernah sekali pun memetik kemenangan atas Yuta/Arisa.

Pertemuan perdana kedua pasangan terjadi di Badminton Asia Championships 2023 di mana Rinov/Pitha ditekuk dengan skor 15-21, 21-17, 17-21.

Selain itu, dari segi prestasi, Yuta Watanabe/Arisa Higashino telah mengoleksi beragam gelar seperti All England, Kejuaraan Asia hingga India Open.

Sementara Rinov/Pitha baru mengoleksi satu gelar juara di BWF World Tour yakni di Spain Masters 2021 serta dua runners-up di Swiss Open dan Malaysia Masters.

Baca Juga

Sementara itu, Indonesia Open menjadi pertemuan ke-6 bagi kedua pasangan. Rinov/Pitha memang jauh tertinggal kelasnya dari Yuta/Arisa.

Di sepanjang laga, Rinov/Pitha tertinggal jauh dari Yuta Arisa dari segi pertahanan dan serangan. Selain itu, ganda campuran nomor 1 Jepang itu juga lebih cerdik di rotasi permainan.

Baca Juga

Yuta/Arisa lebih dominan dengan mengandalkan rapuhnya pertahanan ganda Indonesia dan berakibat banyak melakukan kesalahan sendiri.

Dengan hasil ini, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berhasil lebih baik dari Indonesia Open edisi sebelumnya yang terhenti di babak 32 besar.

Sementara Yuta Watanabe/Arisa Higashino akan bersua dengan ganda campuran Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Tsuet di babak semifinal Indonesia Open 2023.

Baca Juga
Indonesia OpenBulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasYuta Watanabe/Arisa Higashino

Berita Terkini