x

Takluk di Perempatfinal Indonesia Open, Rinov/Pitha Bicara soal Psikologis

Jumat, 16 Juni 2023 21:34 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Perjalanan ganda campuran Tanah Air, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas harus terhenti di babak perempatfinal Indonesia Open 2023.

INDOSPORT.COM - Perjalanan ganda campuran Tanah Air, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas harus terhenti di babak perempatfinal Indonesia Open 2023.

Bertanding di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (16/06/23), ganda campuran Indonesia itu kalah dari wakil Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino dengan skor 11-21, 18-21.

Pada pertandingan hari ini, Rinov/Pita mengaku kesulitan untuk bebas dari tekanan lawan. Hal itu terlihat saat lawan mengarahkan shuttlecock di depan net, keduanya tak mampu mengembalikkan dengan baik sehingga Yuta/Arisa berbalik menekan.

Baca Juga

"Saya merasa sedih dan kecewa karena saya dari gim pertama dan kedua tidak bisa keluar dari tekanan," ungkap Pitha saat sesi jumpa pers hari ini, Jumat (16/06/23).

"Meskipun kalau ditanya tekanan dari mana? dari partner maupun pelatih sebenarnya tidak ada. Saya merasa tidak bermain dengan baik hari ini," jelas Pitha.

Baca Juga

Di samping itu, Asisten Pelatih ganda campuran, Amon Sunaryo, mengaku tetap mengapresiasi jerih payah dari Rinov/Pitha meski belum membuahkan hasil manis di perempatfinal Indonesia Open 2023 hari ini.

"Hari ini biarpun mainnya gak maksimal tapi dia sudah melakukan dengan maksimal, sudah full. Walaupun hasilnya masih agak mengecewakan buat fans-fans Indonesia," ucap coach Amon Sunaryo.

"Kedepannya, mengenai Olympic kita akan tetap berusaha supaya bisa tampil di sana dan memaksimalkan rankingnya nanti agar lebih baik lagi," kata Amon Sunaryo.

Baca Juga

1. Teruskan Tren Negatif

Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dikalahkan oleh pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashinonpada babak 8 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Jumat (16/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Kegagalan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas  di perempatfinal Indonesia Open 2023 hari ini menambah catatan kurang baik atas penampilan keduanya belakangan ini.

Sebelumnya di Singapore Open 2023, Rinov/Pitha juga dikalahkan oleh Yuta/Arisa di babak 16 besar dengan skor 16-21, 21-17, 21-12.

Rinov/Pitha juga sempat dikalahkan wakil Korea Selatan Seo Seung-jae/Chae Yu-jung di perempatfinal Malaysia Master 2023 dengan skor 15-21, 20-22.

Baca Juga

Meski menyadari belum memberikan prestasi terbaik di beberapa turnamen terakhir, namun Rinov Rivaldy mengaku hal tersebut tidak berpengaruh terhadap psikologis ia ataupun Pitha.

"Tidak ada (kendala) psikologis. Kami di sini masih memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Kami juga main tidak ngasal, memberikan seluruh kekuatan dari hasil latihan," kata Rinov Rivaldy.

"Kami kalah terhormat juga di sini, juga di turnamen-turnamen sebelumnya. Kendala psikologis yang membuat kami down, itu tidak ada," tegasnya.

Baca Juga

Menurunnya performa Rinov/Pitha di beberapa turnamen belakangan ini tak bisa dipungkiri menuai kritikan pedas dari para Badminton Lovers.

Meski begitu, Rinov mengaku enggan menjadikan hal itu sebagai beban sebab sejatinya ia dan Pitha selalu menampilkan performa terbaik mereka.

"Kalau dari kacamata orang, prestasi kami buruk, tapi kami sendiri sudah memberi hasil yang terbaik," tutup Rinov Rivaldy.

Indonesia OpenBulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita BulutangkisYuta Watanabe/Arisa Higashino

Berita Terkini