x

Tanpa Nova Widianto Bukan Apa-apa, Chen/Toh Dapat 'Berlian' dari Pemerintah Malaysia

Rabu, 21 Juni 2023 00:02 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Bintang bulutangkis anak asuh Nova Widianto, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei, mendapat hadiah bak berlian berharga dari pemerintah Malaysia jelang Olimpiade Paris.

INDOSPORT.COM – Bintang bulutangkis anak asuh Nova Widianto, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei, mendapat hadiah bak berlian berharga dari pemerintah Malaysia  jelang Olimpiade Paris.

Ganda campuran Malaysia, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei memang menuai atensi usai penampilannya yang makin menunjukkan peningkatan di turnamen musim 2023.

Pasangan yang baru saja dipasangkan pada September 2022 itu berhasil tampil mengejutkan di turnamen debutnya yakni langsung meraih juara di Bangladesh International Challenge.

Sementara itu, memasuki musim 2023, Chen/Toh mendapat kabar gembira kedatangan pelatih baru asal Indonesia yang pernah menangani ganda campuran PBSI, Nova Widianto.

Usai Nova Widianto menjadi pelatih ganda campuran di Pelatnas BAM, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei mulai menunjukkan performa yang gemilang seperti melaju ke perempat final Malaysia Open 2023.

Baca Juga

Tak hanya itu, Chen/Toh juga berhasil mencetak sejarah mengagumkan yakni juara di BWF World Tour untuk pertama kalinya yakni di Orleans Masters 2023.

Dinilai mampu bersaing di turnamen kualifikasi Olimpiade Paris yang dimulai sejak Malaysia Masters, Chen/Toh mendapat kehormatan untuk masuk ke program RTG (Road to Gold) dari Pemerintah Malaysia.

Baca Juga

“Berdasarkan rekomendasi teknis, kriteria pemilihan pemain adalah 10 besar dunia dan kami telah meninjau peringkat Road to Paris untuk beberapa atlet dimasukkan ke RTG,” kata Datuk Stuart Ramalingam, Koordinator RTG.

Sekadar informasi, ada dua pebulutangkis tambahan yang masuk ke program RTG. Mereka adalah Chen Tang Jie/Toh Ee Wei yang menduduki peringkat 9 Race to Paris serta tunggal putra Ng Tze Yong.

Tantu, dengan masuk di program RTG, anak asuh Nova Widianto itu mendapat perlakukan khusus dari pemerintah Malaysia untuk guna menyabet emas Olimpiade pertama kalinya untuk Negeri Jiran.

Baca Juga

1. Efek Nova Widianto

Nova Widianto di ajang China Open 2016.

Sekadar informasi, Nova Widianto sendiri memutuskan hengkang dari Pelatnas PBSI pada Desember 2022 dan akhirnya memilih hijrah ke Malaysia.

Kala itu, di Pelatnas Malaysia, Nova menangani sektor ganda campuran yang masih tergolong underdog seperti Chen Tang Jie/Toh Ee Wei hingga Hoo Pang Ron/Teoh Mei Xing.

Dua ganda campuran Malaysia itu mulai menunjukkan penampilan yang menanjak usai Nova Widianto bergabung, terutama Chen Tang Jie/Toh Ee Wei.

Bagaimana tidak, Chen/Toh sendiri berhasil merangkak ke peringkat 19 di ranking BWF di mana pada awal musim saja, pasangan ini masih di posisi top 50.

Sementara itu, usai meraih juara di Orleans Masters, Chen/Toh memang mengalami penurunan performa yakni terhenti di babak-babak awal.

Baca Juga

Sebut saja seperti Badminton Asia Championships 2023 terhenti di babak 16 besar. Lalu, di Malaysia Masters, pasangan ini terhenti di babak 32 besar dari wakil Indonesia, Rinov/Pitha.

Namun, penampilan ganda campuran asuhan Nova Widianto itu mulai membaik di Singapore Open 2023 yakni berhasil melaju hingga semifinal.

Baca Juga

Sementara di turnamen terakhir, Indonesia Open 2023, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei terhenti di babak 32 besar dari wakil Jepang, Hiroki Midorikawa/Natsu Saito melalui rubber game ketat.

Meski performanya naik turun di turnamen kualifikasi Olimpiade Paris, Chen/Toh sendiri masih memiliki kesempatan untuk finis di posisi 10 besar Race to Olympic.

Usai berlaga di Indonesia Open, turnamen bulutangkis bergengsi selanjutnya yang akan diikuti Chen/Toh adalah Japan Open 2023 yang bakal berlangsung pada 25 hingga 30 Juli mendatang.

Baca Juga
MalaysiaNova WidiantoBulutangkisOlimpiade Paris 2024Chen Tang Jie/Toh Ee Wei

Berita Terkini