x

Chou Tien Chen Kalah Memalukan dari Junior, Tunggal Putra Taipei Malah Makin Ngeri

Kamis, 22 Juni 2023 19:49 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
Tunggal putra Taiwan, Chou Tien Chen tersingkir dari Taipei Open 2023 setelah dikalahkan juniornya, Lin Chun Yi.

INDOSPORT.COM - Juara bertahan Taipei Open, Chou Tien Chen, takluk mengejutkan dari juniornya, Lin Chun Yi, di babak kedua Taipei Open 2023.

Duel menarik tersaji pada hari ketiga Taipei Open 2023, Kamis (22/06/23). Dua andalan tuan rumah, Chou Tien Chen dan Lin Chun Yi, bertemu di babak kedua.

Pertandingan yang digelar di Tian-Mu Arena tersebut berlangsung dengat sengit dan dramatis. Setelah berjibaku selama 65 menit, Lin Chun-Yi akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 21-19, 11-21, 21-15.

Lin Chun Yi pun melangkah ke babak perempat final untuk menghadapi sesama pemain Taipei, Wang Tzu Wei.

Sedangkan ambisi Chou Tien Chen untuk mempertahankan gelar Taipei Open harus berakhir memalukan karena kalah dari juniornya yang berusia 10 tahun lebih muda.

Baca Juga

Tak hanya itu, status Chou Tien Chen sebagai empat kali juara Taipei Open pun seolah tak berdaya berhadapan dengan determinasi luar biasa yang dipertontonkan Lin Chun Yi.

Duel sengit antara dua pemain beda generasi tersebut terjadi sejak babak pertama. Chou Tien Chen, yang sempat tertinggal 11-17, secara dramatis menyamakan kedudukan menjadi 17-17. 

Beruntung, Lin Chun Yi mampu menemukan momentumnya kembali dan memenangi gim pertama dengan skor 21-19.

Baca Juga

Beranjak ke gim kedua, Chou Tien Chen menunjukkan kualitas mental luar biasa dengan bangkit dan merebut kemenangan 21-11. Alhasil, pertandingan mesti berlanjut ke gim ketiga.

Di gim penentuan ini, Lin Chun Yi kembali memegang kendali permainan. Tanpa sekali pun tertinggal, pemain berusia 23 tahun tersebut melaju dan memastikan kemenangan lewat keunggulan 21-15 di gim ketiga.

Lin Chun Yi pun tampak meluapkan emosinya dengan melompat dan berteriak usai pertandingan. Sedangkan Chou Tien Chen tertunduk lesu kala menyalami wasit dan rivalnya.

Baca Juga

1. Berpindahnya Tongkat Estafet Tunggal Putra Taipei

Pebulutangkia China Taipei, Chou Tien Chen, gagal mempertahankan gelar di Taipei Open 2023.

Kemenangan Lin Chun Yi kali ini sekaligus menegaskan status dirinya sebagai tunggal putra masa depan Taipei. Ia memantapkan diri sebagai andalan Taipei di nomor yang bertahun-tahun dikuasai oleh Chou Tien Chen seorang.

Jika melihat prestasi pada tahun 2023 ini, Lin Chun Yi memang layak menggantikan Chou Tien Chen. Ia telah berhasil mengoleksi juara Thailand Masters 2023, sedangkan Chou Tien Chen masih nirgelar.

Lin Chun Yi juga berhasil mengimbangi rekor pertemuan dengan Chou Tien Chen menjadi 1-1, setelah sebelumnya kalah di babak pertama Thailand Open 2023.

Secara peringkat, Lin Chun Yi juga meroket. Dari penghuni ranking 36 pada awal tahun 2023, pemain kelahiran 2 Oktober 1999 tersebut kini bercokol di peringkat 24 dunia.

Lin Chun Yi kini menjadi tunggal putra terbaik kedua Taipei, melampaui torehan seniornya, Wang Tzu Wei, yang kini duduk di peringkat 28 dunia.

Baca Juga

Sementara bagi Chou Tien Chen, tahun 2023 menjadi penanda penurunan perfoma yang cukup kentara. Dari ranking 5 BWF pada awal tahun 2023, pemain yang kini berusia 33 tahun tersebut melorot ke posisi ke-6.

Chou Tien Chen juga belum lagi memenangi gelar sejak menjadi juara Taipei Open 2022 lalu. Hal ini tentu merupakan sebuah penurunan signifikan bagi pemain yang pernah memenangi Indonesia Open 2019 dan meraih perak Asian Games 2018.

Baca Juga

Chou Tien Chen bukan satu-satunya unggulan tuan rumah yang tumbang pada hari ini. Peraih emas olimpiade, Lee Yang/Wang Chi Lin juga mesti tersingkir lebih awal.

Mereka takluk atas pasangan kualifikasi, Lin Chia Yu/Lin Yong Sheng dalam dua gim langsung, 15-21, 21-23.

Beruntung, Taipei masih memiliki pemain-pemain unggulan di babak perempat final besok, termasuk unggulan teratas tunggal putri, Tai Tzu Ying. 

Baca Juga
Chou Tien ChenBulutangkisBerita BulutangkisTaipei Open 2023

Berita Terkini