x

Jadi Partner Kevin Sanjaya, 3 Bintang Top BWF Ini Pernah Ditaklukkan Rahmat Hidayat

Kamis, 29 Juni 2023 21:46 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pebulutangkis Indonesia, Rahmat Hidayat pasangan baru Kevin Sanjaya di ganda putra. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Melihat para ganda putra bulutangkis top BWF yang pernah dikalahkan Rahmat Hidayat sebelum resmi jadi tandem Kevin Sanjaya. Siapa sajakah mereka?

Pada pada Rabu (28/06/23) lalu, Rahmat Hidayat telah resmi diumumkan sebagai pasangan baru Kevin Sanjaya, sekaligus pengganti sementara Marcus Gideon yang harus menepi dari lapangan.

Marcus Gideon yang sempat sukses bersama Kevin Sanjaya dan rajai ranking BWF itu, harus absen lama untuk memulihkan kondisi kakinya pasca operasi di tumit kanan.

Pelatih ganda putra Indonesia, Herry IP menjelaskan bahwa pemilihan Rahmat Hidayat sebagai pengganti sementara Marcus Gideon telah sesuai dengan keinginan Kevin Sanjaya.

"Saya sudah bicara dengan Kevin. Saya kasih pilihan, ternyata dia milihnya Rahmat," ucap Herry IP kepada Tim Humas dan Media PBSI pada Rabu (28/06/23).

Baca Juga

"Mungkin karena Rahmat sudah di tim utama, sering sparring, kadang diajak makan, jalan juga sama Kevin. Komunikasinya lebih nyambung." tambahnya.

Kabar adanya pasangan anyar Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat pun langsung disambut baik oleh para pecinta bulutangkis Tanah Air.

Baca Juga

Banyak yang menantikan duet Kevin/Rahmat meski Herry IP sendiri belum bisa mengumumkan kapan dan di mana mereka akan debut.

Antusiasme yang ditunjukkan oleh para pecinta bulutangkis sejatinya tak mengherankan, karena Rahmat Hidayat sendiri tak begitu asing lantaran sebelumnya ia memang eksis bersama para pemain senior.

Bahkan sebelum bertandem dengan Kevin Sanjaya, ternyata Rahmat Hidayat pernah berhadapan bahkan tuai kemenangan saat menghadapi para ganda putra top BWF berikut.

Lantas siapa sajakah mereka? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba mengulas:

Baca Juga

1. Hiroki Okamura/Masayuki Onodera

Ganda putra China He Jiting/Tan Qiang.

Nama pertama adalah Hiroki Okamura/Masayuki Onodera. Ganda putra asal Jepang ini pernah dikalahkan Rahmat Hidayat saat keduanya bertemu di babak final Malang Indonesia International 2022.

Pada pertandingan tersebut, Rahmat Hidayat yang bertandem dengan Pramudya Kusumawardana sukses menang rubber game lewat skor 21-23, 21-16 dan 15-21.

Sebagai informasi, sebelum menghadapi Rahmat Hidayat ganda putra Hiroki Okamura/Masayuki Onodera ini punya pengalaman juarai di sejumlah ajang BWF.

Tercatat, mereka berdua pernah memenangkan Sydney International tahun 2018 serta Malaysia International pada tahun 2017.

He Jiting/Zhou Haodong
Berikutnya adalah He Jiting/Zhou Haodong. Ganda putra China yang kini bertengger di urutan 20 BWF ini juga pernah rasakan keganasan smash mematikan Rahmat Hidayat.

Baca Juga

Tepatnya saat bertemu di final Indonesia Masters 2022. Masih berpasangan dengan Pramudya Kusumawardana, sang wakil China berhasil tumbang dengan skor 21-18 dan 21-19.

Kemenangan tersebut jadi gelar BWF World Tour pertama dalam sejarah karier Rahmat Hidayat sejauh ini.

Baca Juga

Sama seperti nama pertama, He Jiting/Zhou Haodong juga punya rekam jejak mentereng di panggung BWF.

He Jiting misalnya, ia pernah menjadi runner up BWF World Championships dan memenangi 3 gelar BWF World Tour.

Sedangkan Zhou Haodong sempat menjadi juara di ajang BWF World Junior Championships serta tiga kali juara dan 4 kali runners-up BWF World Tour, termasuk naik podium di kelas Super 1000 China Open.

Baca Juga

2. Tarun Kona/Shivam Sharma

Pebulutangkis Indonesia, Rahmat Hidayat pasangan baru Kevin Sanjaya di ganda putra. (Foto: PBSI)

Terakhir adalah Tarun Kona/Shivam Sharma. Pasangan asal India ini memang jarang dikenal para penggemar bulutangkis Tanah Air.

Tapi dalam catatan kariernya, ganda putra ini khususnya Tarun Kona punya prestasi cukup mentereng di panggung BWF.

Tarun Kona tercatat pernah memenangi 12 gelar BWF International Challenge serta satu kali jadi runner up di ajang BWF Grand Prix.

Rahmat Hidayat pernah bertemu dengan Tarun Kona dan berhasil mengalahkannya pada ajang Malang Indonesia International 2022.

Saat itu, Rahmat Hidayat yang masih berpasangan dengan Pramudya, mengandaskan perlawanan Tarun Kona/Shivam Sharma di babak 32 besar dengan skor 12-21 dan 14-21.

Kevin SanjayaJawa BaratRahmat HidayatBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini