x

Hancurkan Antonsen di European Games, Tunggal Swedia Ternyata ‘Dibantu’ Eks Bintang PBSI

Kamis, 29 Juni 2023 20:55 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Bintang bulutangkis Denmark, Anders Antonsen, dikalahkan wakil Swedia Felix Burestedt di European Games yang jadi partner sparing eks PBSI, Firman Abdul Kholik.

INDOSPORT.COM – Bintang bulutangkis Denmark, Anders Antonsen, secara mengejutkan dikalahkan wakil Swedia, Felix Burestedt, di European Games yang pernah jadi partner sparring eks bintang PBSI, Firman Abdul Kholik.

Kabar mengejutkan datang dari jagat bulutangkis Eropa di mana tunggal putra Denmark Anders Antonsen takluk di fase grup European Games 2023.

Pebulu tangkis rival sengit Anthony Ginting itu dikalahkan tunggal putra non-unggulan asal Swedia, Felix Burestedt, dua gim langsung dengan skor 19-21, 19-21.

Dengan hasil ini, Antonsen gagal melaju ke babak perempat final European Games 2023 dan menjadi catatan buruknya pada musim 2023.

Namun, Felix Burestedt yang mencuri perhatian di European Games usai mengalahkan Antonsen itu ternyata pernah menjadi partner sparring mantan pebulu tangkis PBSI, Firman Abdul Kholik.

Baca Juga 

Firman Abdul Kholik yang terdegradasi dari PBSI pada 2021 lalu itu melanjutkan keriernya di bulutangkis dengan hijrah ke salah satu negara di Eropa yakni Swedia.

Firman sendiri pernah berlatih langsung dengan Felix Burestedt di Uppsala, Swedia sejak 2022. Ia juga sempat mencicipi gelar juara di Benua Biru tersebut.

Baca Juga

Mantan tunggal putra PBSI itu gemilang meraih juara di Swedish Open yang dihelat pada Januari 2022 dan turut diikuti penghancur Antonsen yakni Felix Burestedt.

Oleh sebab itu, bisa saja kemenangan Felix di European Games mengalahkan Antonsen secara tidak langsung ada peran dari Firman Abdul Kholik.

Pasalnya, tidak mudah untuk mengalahkan Anders Antonsen yang merupakan tunggal putra top Eropa meski saat ini peringkatnya merosot di posisi 16 di ranking BWF itu.

Baca Juga

1. Terdegradasi PBSI

Firman Abdul Kholik, pebulu tangkis Pelatnas PBSI.

Seperti diketahui, Firman Abdul Kholik menjadi salah satu pemain yang terdegradasi dari PBSI pada 2021 lalu bersama dengan Ni Ketut Mahadewi hingga Fitriani.

Padahal Firman sendiri kerap menjadi andalan tunggal putra Indonesia bersama dengan Anthony Ginting, Jonatan Christie hingga Shesar Hiren Rhustavito.

Tentu, alasan PBSI mendepak Firman karena prestasinya yang kurang memuaskan dengan hanya menjuarai tiga turnamen sejak bergabung.

Pebulu tangkis yang menjadi partner Felix Burestedt yang sukses mengalahkan Anders Antonsen di European Games itu memang jauh tertinggal dari Ginting dan Jonatan.

Tiga turnamen yang berhasil dijuarai Firman Abdul Kholik sendiri adalah Vietnam International Challenge 2015 dan 2019 serta Akita Masters 2019.

Baca Juga

Berbeda dengan Anthony Ginting dan juga Jonatan Christie yang prestasinya gemilang seperti juara di China Open hingga menyabet medali emas Asian Games 2018.

Sementara itu, usai terdepak dari PBSI, Firman Abdul Kholik sendiri berhasil naik podium lagi yakni di Dutch International dan Slovenia Future Series 2022.

Baca Juga

Firman sendiri hijrah ke Eropa dan bersahabat dekat dengan beberapa pebulu tangkis seperti tunggal putra yang tengah naik daun di European Games yakni Felix Burestedt.

Lama tak terdengar kabarnya, Firman ternyata masih aktif di bulutangkis dengan tampil di beberapa ajang seperti Austrian Open 2023.

Penampilan Firman Abdul Kholik sendiri kurang maksimal dengan terhenti di babak kualifikasi 32 besar usai ditekuk wakil Denmark, Karan Rajan Rajarajan dua gim langsung.

Baca Juga
PBSIFirman Abdul KholikBulutangkisAnders AntonsenBerita Bulutangkis

Berita Terkini