x

Apa Kabar Firman Abdul Kholik? Tunggal Terpinggirkan PBSI yang Hijrah ke Eropa

Minggu, 2 Juli 2023 19:39 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Menilik kabar Firman Abdul Kholik, tunggal putra yang terdegradasi PBSI yang memutuskan hijrah ke Eropa untuk melanjutkan karier bulutangkis.

INDOSPORT.COM – Menilik kabar Firman Abdul Kholik, tunggal putra yang terdegradasi PBSI yang memutuskan hijrah ke Eropa untuk melanjutkan karier bulutangkis.

Dalam jagat bulutangkis, Indonesia memang dikenal sebagai negara adidaya yang memiliki banyak pebulutangkis yang berjaya di peringkat dunia.

Selain ganda putra, tunggal putra juga menjadi sektor andalan Indonesia. Di mana saat ini, terdapat beberapa nama kondang seperti Anthony Ginting hingga Jonatan Christie.

Oleh sebab itu, persaingan yang sengit di sektor tunggal putra memaksa beberapa pebulutangkis harus angkat kaki dari Pelatnas PBSI. Salah satunya adalah Firman Abdul Kholik.

Lahir di Banjar pada 11 Agustus 1997, Firman Abdul Kholik menyempurnakan 4 serangkaian tunggal putra PBSI. Di mana kala itu dihuni Anthony Ginting, Jonatan Christie dan Ihsan Maulana Mustofa.

Baca Juga

Namun, dinilai tak menunjukkan peningkatan dalam penampilannya, Firman terdegradasi oleh PBSI pada 2021 lalu berbarengan dengan pebulutangkis lainnya seperti Fitiriani hingga Angelica Wiratama.

Angkat kaki dari PBSI, Firman sebetulnya menunjukkan performa yang cukup menjanjikan pada musim 2019 dengan menyabet dua gelar di kejuaraan bulutangkis.

Baca Juga

Pebulutangkis jebolan PB Mutiara tersebut berhasil menyabet dua gelar juara yakni di Vietnam International Challenge dan Akita Masters.

Namun, performa yang dianggap tertinggal dari tunggal putra PBSI lainnya pada musim 2020, Firman Abdul Kholik terpaksa keluar dari PBSI dan berstatus sebagai pemain independen.

Menariknya, usai hengkang dan menjadi pemain independen, Firman berhasil naik podium lagi di beberapa kejuaraan bulutangkis pada musim 2022.

Baca Juga

1. Hijrah ke Eropa

Firman Abdul Kholik

Mantan pebulutangkis PBSI yakni Firman Abdul Kholik memutuskan untuk hijrah ke Eropa usai tak lagi berstatus sebagai pemain di Pelatnas Cipayung.

Dalam beberapa unggahan pribadinya, tunggal putra asal Jawa Barat tersebut bertandang ke kamp pelatihan bulutangkis di Eropa, tepatnya di Uppsala, Swedia.

Firman sendiri berhasil naik podium pertama kali di ajang Dutch International 2022 di posisi runner-up usai dikalahkan wakil Denmark, Magnuss Johannesen dengan skor 19-21, 9-21.

Sementara turnamen selanjutnya, Firman juga kembali keluar sebagai runner-up di Slovenia Future Series usai ditaklukkan rekan senegara, Andi Fadel Muhammad dengan skor 19-21, 27-29.

Namun, pada musim 2023, mantan tunggal putra PBSI tersebut tampil kurang memuaskan dalam dua turnamen bulutangkis yang diikutinya.

Baca Juga

Yakni di Iceland International, Firman Abdul Kholik terhenti langkahnya di babak perempat final usai dikalahkan tunggal putra German, Matthias Kicklitz.

Sementara turnamen terakhir yang diikuti Firman adalah Austrian Open. Kala itu, langkahnya dihentikan wakil Denmark, Karan Rajan Rajarajan di babak kualifikasi 32 besar.

Baca Juga

Sementara itu, karier Firman di Eropa sendiri sempat menjadi perbincangan publik beberapa waktu lalu yakni pada pagelaran European Games 2023.

Tunggal putra Swedia yakni Felix Burestedt, secara mengejutkan berhasil mengalahkan juara bertahan, Anders Antonsen di babak penyisihan grup dengan skor 19-21, 19-21.

Sontak saja nama Firman menjadi melambung. Pasalnya, Felix Burestedt sendiri pernah menjadi partner sparring mantan tunggal PBSI itu di Uppsala, Swedia.

Baca Juga

2. Kabar Firman Abdul Kholik

Firman Abdul Kholik

Sebagai informasi, Firman Abdul Kholik sendiri memutuskan untuk menikah dengan Gita Agnes Wilkens dan telah dikaruniai seorang putri yang bernama Shakira Anastasya Kholik.

Usai hijrah ke Eropa tepatnya di Swedia, baru-baru ini Firman tampak berlatih sparring dengan beberapa pebulutangkis lainnya di klub bulutangkis PB Mutiara Bandung.

Sebagaimana dilansir dari unggahan Instastory di Instagram pribadinya, Firman bermain dengan mantan tunggal putra PBSI lainnya yakni Ihsan Maulana Mustofa.

Firman Abdul Kholik berkunjung ke klub bulutangkis, PB Mutiara Bandung.

“Hari ini tunggal putra kedatangan senior untuk sparring junior PB Mutiara,” tulis akun Instagram PB Mutiara yang di-repost oleh Firman Abdul Kholik.

Meski belum lagi bertanding di turnamen bulutangkis, Firman tentu dikenang sebagai mantan tunggal putra PBSI yang turut andil dalam kesuksesan tim Indonesia.

Firman sendiri pernah menjadi bagian kemenangan tim beregu putra Indonesia meraih medali emas di Badminton Asia Team Championships 2020.

Selain itu, Firman Abdul Kholik juga turut serta dalam kesuksesan beregu putra Indonesia menyabet medali emas di SEA Games 2017 dan 2019.

PBSIFirman Abdul KholikIn Depth SportsBulutangkisBerita BulutangkisIndepth

Berita Terkini