x

Apa Kabar Ihsan Maulana Mustofa? Eks Wonderkid PBSI yang Hijrah Jadi Pelatih

Jumat, 7 Juli 2023 16:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Ihsan Maulana Mustofa yang dikenal sebagai mantan wonderkid PBSI kini memutuskan untuk hijrah menjadi seorang pelatih bulutangkis.

INDOSPORT.COMIhsan Maulana Mustofa yang dikenal sebagai mantan wonderkid PBSI kini memutuskan untuk hijrah menjadi seorang pelatih bulutangkis.

Siapa yang tak kenal dengan Ihsan Maulana Mustofa, salah satu mantan pemain tunggal putra terbaik yang dimiliki oleh Indonesia.

PBSI sendiri sempat memiliki tiga pebulutangkis andalan yang kerap disebut JoSanTing, alias Jonatan Christie, Ihsan Maulana dan Anthony Ginting yang telah mencetak prestasi membanggakan.

Ihsan Maulana yang dibesarkan oleh PB Djarum sejak 2010 sempat meraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia Junior 2013, yang digelar di Bangkok, Thailand.

Pada era BWF Grand Prix telah meraih tiga kali runner-up, serta satu gelar juara dan satu runner-up di BWF World Tour.

Baca Juga

Ihsan juga menjadi bagian dari skuat Indonesia kala meraih medali perunggu di ajang Piala Sudirman 2015 di Dongguan, China.

Ia juga pernah berkontribusi untuk negara, karena pernah menjadi pahlawan kemenangan Indonesia di nomor beregu pada ajang SEA Games 2015 dan 2017.

Baca Juga

Namun karier Ihsan sebagai pebulutangkis profesional tidak berjalan lama seperti kedua sahabatnya yakni Jonatan Christie dan Anthony Ginting.

Pasalnya, Ihsan memutuskan untuk hijrah menjadi seorang pelatih bulutangkis. Tak tanggung-tanggung, meski masih muda yakni berusia 27 tahun, ia sudah pernah melatih di luar negeri.

Ihsan Maulana Mustofa sendiri pernah menjadi pelatih di luar negeri, tepatnya di Kanada sebelum akhirnya kembali ke Indonesia.

Baca Juga

1. Ihsan Maulana Mustofa Sempat Jadi Pelatih di Kanada

Ihsan Maulana Mustofa eks wonderkid PBSI

Ihsan Maulana Mustofa sendiri memutuskan untuk mundur dari Pelatnas PBSI pada Oktober 2019, di mana selepas itu dirinya meniti karier sebagai pemain independen.

Namun tak lama kemudian ia akhirnya memutuskan untuk menjadi pelatih bulutangkis, dan sempat berkiprah di luar negeri yakni Kanada.

Awalnya kabar Ihsan menjadi pelatih di Kanada diketahui dari rekannya sesama pebulutangkis yakni Ghaida Nurul Ghaniyu di akun media sosial pribadinya.

Saat itu Ihsan dan Ghaida dipercayai untuk menjadi pelatih di klub badminton Kanada yakni CST Badminton Club.

Berkiprah sebagai pelatih di luar negeri, akhirnya membuat Ihsan Maulana Mustofa memboyong keluarganya ke Kanada.

Baca Juga

Keputusan pria asal Tasikmalaya itu bertujuan untuk membawa keluarganya ke Kanada agar bisa lebih fokus melatih saat di Kanada.

Meski demikian, kariernya sebagai pelatih di Kanada tak bertahan lama. Pasalnya, Ihsan memutuskan untuk pulang ke Indonesia.

Baca Juga

Selepas pulang dari luar negeri, Ihsan langsung mendapatkan kontrak dari PB Djarum untuk bermain di Kejurnas PBSI.

Tak lama kemudian, Ihsan Maulana kembali mendapatkan tawaran namun kali ini untuk melatih di Indonesia.

Ihsan Maulana Mustofa saat ini sedang disibukan sebagai seorang pelatih di PB Mutiara Cardinal yang terletak di Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga

2. Ihsan Kini Melatih Indonesia dan Resmi Jadi PNS

Eks tunggal putra Indonesia, Ihsan Maulana Mustofa.

Kabar soal pekerjaan barunya tersebut diungkapkan oleh Ihsan Maulana Mustofa di akun media sosial Instagram pribadinya pada awal 2023.

“Dulu merah, sekarang biru, bismillah dengan tim baru, semoga sukses,” tulis mantan tunggal putra PBSI itu.

Sekadar informasi, PB Mutiara Cardinal merupakan salah satu klub bulutangkis terkenal yang ada di Indonesia.

PB Mutiara Cardinal juga sudah mengorbitkan beberapa atlet bulutangkis kenamaan. Salah satu yang paling terkenal ialah Gregoria Mariska, yang merupakan tunggal putri andalan Indonesia yang kini berada di peringkat ketujuh dunia di ranking BWF.

Ihsan Maulana juga nampak begitu menikmati perannya sebagai pelatih di PB Mutiara Cardinal, dan kerap membagikan momen tersebut di akun Instagram pribadinya.

Ihsan Maulana Mustofa Resmi jadi PNS

Selain disibukan sebagai seorang pelatih, baru-baru ini Ihsan juga masuk dalam daftar nama atlet berprestasi yang resmi diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil alias PNS.

Sebelumnya sebanyak 27 atlet resmi dilantik menjadi PNS oleh Dito Ariotedjo selaku Menpora Indonesia pada Rabu (5/7/23) malam WIB.

Tercatat 13 atlet di antaranya berasal dari cabang olahraga bulutangkis, termasuk Greysia Polii, Liliyana Natsir dan juga Ihsan Maulana Mustofa.

Selepas pelantikan menjadi PNS, Ihsan Maulana pun langsung bereuni dengan para rekan sejawatnya semasa di Pelatnas PBSI.

Berdasarkan unggahan terbarunya, Ihsan Maulana Mustofa sempat ‘nongkrong’ dengan Anthony Ginting, Fajar Alfian/Rian Ardianto dan Edi Subaktiar.

PBSIAnthony Sinisuka GintingJonatan ChristieIhsan Maulana MustofaBulutangkisBerita BulutangkisIndepth

Berita Terkini