x

Bikin Kaget! Fajar/Rian Terlempar ke Ranking 31 Dunia di Klasemen Race to Paris 2024

Jumat, 7 Juli 2023 20:48 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor:
Bintang bulutangkis ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, terlempar ke peringkat 31 di klasemen kualifikasi Olimpiade Paris 2024 (Race to Paris).

INDOSPORT.COM – Bintang bulutangkis ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, terlempar ke peringkat 31 di klasemen kualifikasi Olimpiade Paris 2024 (Race to Paris).

Seperti diketahui, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi ganda putra yang paling bersinar kiprahnya di awal musim turnamen bulutangkis 2023.

Pasangan peringkat 1 ranking BWF itu gemilang meraih dua gelar juara di turnamen level super 1000 yakni Malaysia Open dan All England.

Namun, performa yang semakin menurun hingga pertengahan musim 2023 membuat Fajar/Rian terlempar jauh di ranking Race to Paris.

Melansir data terbaru dari BWF per Kamis (06/06/23), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto jauh berada di posisi ke-31 di Race to Paris.

Baca Juga

Pasangan peraih medali perak Asian Games 2018 itu jauh tertinggal dari ganda putra Indonesia lainnya seperti Bagas/Fikri, Ahsan/Hendra, Kevin/Marcus hingga Leo/Daniel.

Pasalnya, perhitungan poin yang digunakan untuk kualifikasi Olimpiade Paris 2024 kali ini dimulai dari Malaysia Masters, Singapore Open dan Indonesia Open.

Baca Juga

Tentu, merosotnya ranking Race to Paris Fajar/Rian disebabkan karena penampilan mereka yang kurang maksimal dengan paling jauh mencapai babak perempat final yakni di Indonesia Open.

Sementara di turnamen bulutangkis Malaysia Masters dan Singapore Open, ganda putra nomor satu Indonesia itu harus terhenti di babak 32 besar.

Oleh sebab itu, jika ingin mengamankan posisi di klasemen Olimpiade Paris (Race to Paris), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus tampil maksimal di dua turnamen ke depan yakni Korea Open dan Japan Open.

Baca Juga

1. Persaingan Ketat Ganda Putra Indonesia

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lolos babak perempatfinal turnamen bulutangkis Kapal Api Group Indonesia Open 2023. (Foto: PBSI)

Seperti diketahui, ganda putra Indonesia memang merajai podium banyak turnamen bulutangkis hingga posisi di ranking BWF.

Di ranking BWF sendiri, ada tiga wakil Indonesia yang bertengger di posisi top 10. Mereka adalah Fajar/Rian, Ahsan/Hendra dan Leo/Daniel.

Maka dari itu, persaingan ganda putra Indonesia jelang Olimpiade Paris tentu menjadi sengit. Mengingat tidak ada satu pasangan yang benar-benar mendominasi.

Namun, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sendiri yang berada di peringkat 1 ranking BWF itu tampil lebih baik dengan mengoleksi 2 gelar juara super 1000.

Lalu, ada Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang juga sukses mengoleksi dua gelar juara yakni di Indonesia Masters dan Thailand Masters 2023.

Baca Juga

Selain itu, ganda putra lainnya yang turut meramaikan kualifikasi Olimpiade Paris adalah Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Sementara itu, pada posisi klasemen Race to Paris, Leo/Daniel menjadi yang teratas di antara ganda putra Indonesia lainnya yakni berada di ranking 8.

Baca Juga

Sementara di posisi kedua untuk ganda Indonesia ada Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan yang saat ini bertengger di ranking 13.

Namun, bisa terjadi perubahan di klasemen Race to Paris jelang Olimpiade Paris. Pasalnya, turnamen kualifikasi sendiri bakal berlangsung hingga April 2024.

Terutama bagi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang sebetulnya tampil cukup konsisten namun pada turnamen kualifikasi, performa mereka sedang terpuruk.

Baca Juga
Jawa BaratFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisBerita BulutangkisOlimpiade Paris 2024

Berita Terkini