x

Alwi Farhan Gandakan Keunggulan atas Thailand di Semifinal Badminton Asia Junior 2023

Senin, 10 Juli 2023 20:02 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Isman Fadil
Tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan di Piala Suhandinata 2022. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, kembali menggandakan keunggulan atas Thailand di laga semifinal Badminton Asia Junior (AJC) 2023.

Bertanding di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Senin (10/07/23) sore WIB, tunggal putra kelahiran 12 Mei 2005 itu menang lewat rubber game dengan skor 19-21, 21-8, 21-11 atas wakil Thailand, Nachakorn Pusri.

Baca Juga

Pada pertandingan ini, pemain asal Solo itu mengaku tidak mengeluarkan permainan terbaiknya di gim pertama. Terbukti runner up Osaka International Challenge 2023 itu tertinggal dengan skor 19-21.

Kemudian di dua gim berikutnya, Alwi langsung bergegas merebut kemenangan hanya dalam tempo 48 menit. Merosotnya performa Alwi di gim pertama tersebut pun diakui penerus Anthony Sinisuka Ginting itu.

Baca Juga

“Bersyukur bisa meraih kemenangan di laga ini. Saya bermain dengan tempo lambat di gim pertama. Saya melihat lawan hanya mengandalkan kesalahan saya sendiri,” ujar Alwi Farhan menurut keterangan humas PBSI, Senin (10/7/23).

“Saat di gim kedua dan ketiga saya mencoba untuk menyerang. Dengan strategi tersebut, saya bisa bermain dengan baik dan akhirnya memenangkan pertandingan,” ungkap Alwi.

Baca Juga

Alwi sendiri mulai terbiasa dengan situasi paha kiri yang kerap kali mengalami tegang. Dirinya berupaya untuk tampil lebih lepas demi bisa menyumbangkan poin untuk Indonesia.

“Masih terasa tegang di bagian paha kiri. Sekarang saya berusaha untuk recovery terlebih dahulu. Laga hari ini melelahkan buat saya. Jadi harus memperagakan strategi perlahan, kapan mau menyerang dan bertahan,” cetus Alwi.

Dengan hasil ini, Indonesia untuk sementara unggul dengan skor 2-0 atas Thailand di Badminton Asia Junior Championships 2023.


1. Stamina Prima Alwi Farhan Jadi Bekal

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, jelang SEA Games 2023. (Foto: PBSI)

Sebelum bersua dengan wakil Thailand, Nachakorn Pusri, Alwi Farhan terlebih dahulu tanding dengan tunggal putra India, Ayush Shetty, pada pertandingan pagi hari tadi, Senin (10/07/23).

Pada babak perempat final pagi hari tadi, Alwi Farhan berhasil meraih kemenangan atas Ayush Shetty lewat rubber gim dengan skor 18-21, 21-15, dan 21-19.

Baca Juga

Sukses membawa kemenangan untuk Indonesia dalam satu hari lewat dua laga rubber gim, stamina dan mentalitas Alwi Farhan bisa menjadi bekal untuk meneruskan kiprah para seniornya di PBSI.

Rasa ambisius dari seorang Alwi Farhan juga masih sangat tinggi. Hal tersebut terbukti dari keinginan dia yang bertekad mengurangi kesalahan-kesalahan sendiri saat tengah bertanding kontra wakil India pagi hari tadi.

Baca Juga

“Saya bermain lebih menyerang di gim pertama saat melawan Ayus Shetty, sehingga lawan lebih banyak menunggu. Saat kalah angin seharusnya saya bisa mengantisipasi serangan lawan dengan baik. Bersyukur di poin-poin kritis bisa keluar dari tekanan dan memenangkan pertandingan,” kata Alwi Farhan, Senin (10/07/23) pagi WIB.

Meski akhirnya sukses menekuk Ayus Shetty, Alwi Farhan mengaku tidak langsung puas dengan permainannya. Sebab, ia mengakui masih banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri.

“Saya tidak begitu puas dengan performa saya hari ini. Banyak yang harus dievaluasi lagi dari saya. Saya sendiri masih sering ragu sehingga bermain lebih hati-hati,” tegas Alwi Farhan.

BulutangkisAlwi Farhan

Berita Terkini