x

Head to Head Alwi Farhan vs Yudai Okimoto, Siapa yang Bakal Unggul di Final Kejuaraan Asia Junior 2023?

Selasa, 11 Juli 2023 07:55 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Melihat rekam jejak pertemuan Alwi Farhan vs Yukai Okimoto jelang final Kejuaraan Asia Junior 2023, siapa yang bakal unggul di partai puncak?

INDOSPORT.COM – Melihat rekam jejak pertemuan Alwi Farhan vs Yukai Okimoto jelang final Kejuaraan Asia Junior 2023, siapa yang bakal unggul di partai puncak?

Kejuaraan Asia Junior 2023 telah mencapai partai puncak, di mana dua negara yakni Indonesia dan Jepang akan saling berhadapan di final.

Adapun final ajang untuk pebulutangkis muda dari seluruh benua kuning ini akan tersaji di GOR Amongrogo, Yogyakarta, dimulai pada Selasa (11/07/23) pukul 10.00 WIB.

Indonesia berhasil melangkah ke final pasca mengalahkan India di babak perempatfinal dengan skor 3-1 dan mengalahkan Thailand di semifinal dengan skor 3-0 pada Senin (10/07/23).

Sedangkan Jepang berhasil mengalahkan China di perempatfinal dan Taiwan di semifinal dengan skor 3-1 atas lawan-lawannya tersebut.

Baca Juga

Berkat hasil impresif kedua negara, Indonesia dan Jepang pun akan bersua di partai final Kejuaraan Asia Junior 2023 dan merebut tahta yang digenggam Thailand.

Bagi Indonesia, final ini akan menjadi ajang pembalasan, setelah di Kejuaraan Asia Junior edisi sebelumnya takluk di final dari Thailand.

Baca Juga

Demi bisa membayar lunas kegagalan di edisi sebelumnya dan meraih gelar juara di edisi 2023 ini, Indonesia diprediksi akan menurunkan para pebulutangkis terbaiknya.

Salah satunya adalah Alwi Farhan yang kemungkinan akan menghadapi Yudai Okimoto dari Jepang di nomor tunggal putra.

Jelang final Kejuaraan Asia Junior 2023 ini, bagaimana dengan Head to Head yang dimiliki oleh Alwi Farhan saat berhadapan dengan Yudai Okimoto? Siapa yang bakal unggul di partai final?

Baca Juga

1. Perjalanan Alwi Farhan dan Yudai Okimoto

Tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan di Piala Suhandinata 2022. (Foto: PBSI)

Baik Alwi Farhan dan Yudai Okimoto sama-sama menjadi andalan bagi negaranya di nomor tunggal putra pada Kejuaraan Asia Junior 2023 ini.

Alwi Farhan menjadi salah satu senjata tim Indonesia di Kejuaraan Asia Junior 2023 ini, usai menyapu bersih kemenangan di setiap laganya.

Tercatat dalam empat pertandingan yang ia mainkan, pebulutangkis berusia 18 tahun ini mampu meraih empat kemenangan yang dibuka dengan kemenangan atas Quoc Khanh Tran (Vietnam) di babak grup.

Lalu Alwi Farhan mampu mengalahkan Hu Zhe An (China) di fase grup, berlanjut mengalahkan Ayush Shetty (India) di perempat final, dan mengalahkan Nachakorn Pusri (Thailand) di semifinal.

Sedangkan Yudai Okimoto justru tak punya rekam jejak panjang di Kejuaraan Asia Junior 2023 ini. Tercatat ia baru diturunkan saat babak perempat final dan semifinal saja.

Baca Juga

Di babak perempat final dan semifinal itu, Yudai Okimoto mampu menyumbang poin bagi Jepang berkat dua kemenangannya atas Hu Zhe An (China) dan Lin Yu Cheng (Taiwan).

Melihat rekam jejak ini, Alwi Farhan bisa dikatakan unggul secara Match Fitness karena lebih banyak bermain ketimbang Yudai Okimoto.

Baca Juga

Apalagi jika melihat ranking keduanya. Alwi Farhan berada di peringkat ke-96 BWF, sedangkan Yudai Okimoto berada di ranking ke-661 untuk sektor ganda putra.

Melihat rekam jejak dan perbedaan ranking ini, Alwi Farhan bisa dikatakan berada di atas angin saat menghadapi Yudai Okimoto.

Tapi apakah catatan itu cukup untuk membuat Alwi Farhan menang? Bagaimana Head to Head-nya ketika bertemu Yudai Okimoto sebelum final Kejuaraan Asia Junior 2023 ini?

Baca Juga

2. Head to Head Dipegang Yudai Okimoto

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, jelang SEA Games 2023. (Foto: PBSI)

Jika melihat sepak terjang keduanya, tercatat Alwi Farhan dan Yudai Okimoto hanya bertemu sebanyak sekali saja dalam turnamen di bawah naungan BWF.

Satu-satunya duel antara keduanya terjadi pada tahun 2019 lalu pada ajang Singapore Youth International Series untuk nomor tunggal putra U15.

Alwi Farhan dan Yudai Okimoto bertemu di babak perempatfinal. Dalam duel yang berlangsung selama 50 menit itu, pebulutangkis muda Indonesia ini takluk lewat tiga set.

Alwi Farhan sempat unggul di set pertama dengan skor tipis 21-19. Tapi di set kedua dan set ketiga, Yudai Okimoto mampu menunjukkan tajinya.

Yudai Okimoto mampu meraih kemenangan di set kedua dengan skor 21-8 dan disusul dengan kemenangan di set ketiga dengan skor 21-16.

Satu-satunya duel ini pun menjadi alarm bagi Alwi Farhan agar tak memandang remeh Yudai Okimoto di final Kejuaraan Asia Junior 2023.

Sehingga, Alwi Farhan pun harus ekstra hati-hati agar bisa mendulang poin bagi tim Indonesia dan merebut gelar juara Kejuaraan Asia Junior 2023.

In Depth SportsBulutangkisTim Bulutangkis IndonesiaAlwi FarhanIndepthKejuaraan Asia Junior

Berita Terkini