x

Selalu Menang di Kejuaraan Asia Junior, Alwi Farhan Auto Juara Tunggal Putra?

Selasa, 11 Juli 2023 17:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pebulu tangkis tinggal putra Indonesia, Alwi Farhan, sejauh ini mencatatkan hasil manis di Kejuaraan Asia Junior alias Badminton Asia Junior Championships 2023. Foto: PBSI.

INDOSPORT.COM - Pebulu tangkis tinggal putra Indonesia, Alwi Farhan, sejauh ini mencatatkan hasil manis di Kejuaraan Asia Junior alias Badminton Asia Junior Championships 2023.

Menjadi salah satu wakil Indonesia di pertandingan beregu, ia berhasil menyapu bersih seluruh laga yang menjadi tugasnya.

Alwi Farhan turun di partai menghadapi Vietnam di GOR Among Rogo pada Sabtu (08/07/23) di sektor tunggal putra, menghadapi Quoc Khanh Tran.

Mudah saja, ia menumbangkan Quoc Khanh Tran melalui dua gim 21-14, 21-17, dalam pertandingan berdurasi 33 menit.

Kemenangannya kala itu pun menambah keunggulan tim Indonesia atas Vietnam di Badminton Asia Junior Championships 2023 menjadi 2-0.

Baca Juga

Pada akhirnya, Indonesia pun menutup pertandingan Grup A pada hari Sabtu lalu dengan kedudukan 5-0.

Sepak terjang gemilang Alwi Farhan di Badminton Asia Junior Championships 2023 pun berlanjut ke partai menghadapi China pada Minggu (09/07/23).

Baca Juga

Turun sebagai penampil ketiga, Alwi Farhan pun menyumbang angka krusial bagi tim Indonesia yang di pertandingan kedua disamai oleh China dengan kedudukan 1-1.

Kemenangan Alwi Farhan atas Hu Zhe An 21-19, 21-11 pun membuat kedudukan berubah menjadi 2-1 untuk tim Indonesia.

Indonesia pun menutup partai kontra China dengan kedudukan 4-1, usai Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani dan Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin juga memenangkan laga mereka.

Baca Juga

1. Pertahankan Rekor Kemenangan

Pebulu tangkis tinggal putra Indonesia, Alwi Farhan, sejauh ini mencatatkan hasil manis di Kejuaraan Asia Junior alias Badminton Asia Junior Championships 2023. Foto: PBSI.

Berlanjut ke pertandingan perempat final tim Indonesia melawan India pada Senin (10/07/23). Lagi-lagi, Alwi Farhan menunjukkan kehebatannya.

Kali ini cukup sengit, ia harus menghadapi perlawanan mati-matian tunggal putra India, Ayush Shetty, lewat pertandingan ketat tiga gim.

Meski begitu, dewi fortuna masih berpihak kepada Alwi Farhan, yang kemudian memenangkan duel tersebut dengan skor 18-21, 21-15, 21-19.

Tim Indonesia pun kembali meraih kemenangan di Grup A. Mereka menekuk India dengan kedudukan 3-1.

Masih pada hari yang sama, tim Indonesia juga bertanding menghadapi Thailand di semifinal, dan mencatatkan kemenangan 3-0 atas lawannya dari Negara Gajah Putih tersebut.

Baca Juga

Alwi Farhan merupakan penampil kedua usai duel ganda campuran Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu vs Tanakorn Meechai/Fungfa Korpthammakit.

Ia pun berhasil menambah keunggulan Indonesia menjadi 2-0 menyusul kemenangan Adrian/Felisha di pertandingan pertama.

Baca Juga

Alwi Farhan kembali bermain sengit saat menghadapi Nachakorn Pusri, hingga akhirnya bisa meraih kemenangan dengan skor 21-19, 8-21, 11-21.

Tim Indonesia pun mengungguli Thailand dengan kedudukan telak 3-0 dan melaju ke partai puncak menghadapi Jepang.

Kemudian saat melawan Jepang di final hari ini, Selasa (11/07/23), Alwi Farhan kembali membuat para penggemarnya tersenyum.

Baca Juga

2. Bekal untuk Perburuan Gelar Individu

Tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, di Badminton Asia Championships 2023. Foto: PBSI.

Ia kembali meraih kemenangan sebagai anggota tim Indonesia yang bertanding melawan wakil-wakil dari Negeri Sakura.

Tampil di pertandingan ketiga, Alwi Farhan menuntaskan perlawanan sengit Yudai Okimoto melalui tiga gim, 21-13, 14-21, 21-14.

Meski begitu, sayangnya Indonesia gagal mengatasi perlawanan Jepang dan takluk dengan kedudukan 2-3, sehingga harus puas meraih predikat runner-up.

Namun terlepas dari itu, kemenangan-kemenangan yang selalu diraih Alwi Farhan sejak hari pertama Badminton Asia Junior Championships 2023 menjadi bekal tersendiri bagi sang pemain.

Setelah ini di nomor perorangan, ia dijadwalkan bersua tunggal putra Singapura, Remus NG, yang berstatus nonunggulan di Badminton Asia Junior Championships 2023.

Alwi Farhan sendiri merupakan unggulan kesembilan untuk sektor tunggal putra, dan memiliki ranking BWF yang lebih baik dari Remus NG.

Berdasarkan pemeringkatan per Selasa (11/07/23), pebulu tangkis kelahiran Solo tersebut berada di ranking 97, sedangkan Remus NG 550.

Alwi Farhan, tentu saja salah satu calon bintang masa depan bulutangkis Indonesia di sektor tunggal putra, yang sudah berpengalaman di berbagai turnamen level junior.

Ia pernah menjadi juara di Bangladesh Junior International 2021 dan Alpes U–19 International 2022, sebelum meraih medali emas tim beregu putra di SEA Games 2023.

Kini patut dinanti sepak terjang Alwi Farhan selanjutnya di Badminton Asia Junior Championships 2023. Apakah ia akan berhasil menggondol gelar juara di nomor perseorangan?

BulutangkisBerita BulutangkisAlwi FarhanIndepthBadminton Asia Junior

Berita Terkini