x

Akui Li Shifeng Cs. Melempem, Pelatih Tunggal Putra China Sun Jun Antisipasi Axelsen dan Ginting

Kamis, 13 Juli 2023 16:33 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Pelatih bulutangkis tunggal putra China, Sun Jun, mengantisipasi Viktor Axelsen dan Anthony Sinisuka Ginting di tengah menurunnya performa Li Shifeng dan kawan-kawan. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pelatih bulutangkis tunggal putra China, Sun Jun, mengantisipasi Viktor Axelsen dan Anthony Sinisuka Ginting di tengah menurunnya performa Li Shifeng dan kawan-kawan.

Tunggal putra China minim prestasi di paruh pertama musim 2023. Dari 15 turnamen BWF World Tour Level 300-1000 yang sudah dijalani, negara adidaya bulutangkis itu hanya mampu meraih 1 gelar juara.

Satu gelar juara tersebut berhasil diraih di ajang All England 2023 lewat Li Shifeng yang mengalahkan rekan kompatriotnya, Shi Yuqi di babak final pada Maret lalu.

Selain menjadi juara di All England, Li Shifeng hanya mencatat dua kali menjadi runner-up di ajang German Open dan Canada Open.

Ada pun Shi Yuqi selain jadi runner-up di Birmingham, hanya mampu mempersembahkan gelar untuk China di ajang beregu campuran Piala Sudirman 2023.

Baca Juga

Tidak ada tunggal putra China yang tampil lebih baik daripada Li Shifeng dan Shi Yuqi. Catatan ini menjadi sorotan tajam Sun Jun saat mengevaluasi anak didiknya di paruh pertama musim ini.

Peraih hattrick Piala Sudirman untuk China tersebut membandingkan dua muridnya dengan dua tunggal putra top ranking BWF, yakni Viktor Axelsen dan Anthony Sinisuka Ginting.

Baca Juga

Viktor Axelsen dari Denmark meski sempat dihantui cedera masih mampu memenangkan dua gelar Malaysia Open dan Indonesia Open.

Sementara Anthony Sinisuka Ginting mampu mempertahankan gelar juara back to back Singapore Open dan runner-up Indonesia Open.

“Sekarang pemain tunggal putra kami tidak berada di level teratas, karena level (Viktor) Axelsen relative stabil, tetapi kami memiliki peluang untuk menang melawan pemain lain,” tutur Sun Jun dilansir dari Aiyuke.

Baca Juga

1. Sun Jun Antisipasi Axelsen, Ginting dan Kodai Naroka

Tunggal putra China Li Shifeng masih belum mampu mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting dalam empat pertemuan pertama

Sun Jun kemudian menyebut Viktor Axelsen, Anthony Sinisuka Ginting dan Kodai Naraoka sebagai tunggal putra yang paling menjadi momot bagi Li Shifeng dan kawan-kawan.

Viktor Axelsen adalah raja tunggal putra. Banyak pebulutangkis dari negara lain masih kesulitan mengalahkannya.

Namun Sun Jun meyakini Axelsen tidak akan selamanya berada di level atas. Dia pun percaya salah satu dari muridnya bakal membuat kejutan.

“Pada akhir tahun kemarin, dia juga kalah di beberapa pertandingan, dan dia juga memiliki kelemahan. Kami memiliki kesempatan, kuncinya tergantung situasi di lapangan di turnamen itu, dan kita harus bekerja keras,” tutur Sun Jun.

Lain halnya dengan Kodai Naraoka. Tunggal putra nomor 3 dunia tersebut awalnya menelan kekalahan empat kali dari Shi Yuqi hingga terakhir di Piala Sudirman.

Namun, Kodai Naraoka mampu memutus rentetan kekalahan itu dengan memenangkan dua pertemuan terakhir di Singapore Open dan Indonesia Open.

Baca Juga

Menurut Sun Jun, Kodai Naraoka juga termasuk lawan yang sulit dihadapi. Sebab, pemain ini punya karakter ganti-ganti gaya permainan membuat lawan kewalahan.

“Sebelumnya Shi Yuqi menang melawannya (Kodai Naraoka) tiga (empat versi BWF) kali berturut-turut, tetapi  setiap menang selalu tiga gim. Lawannya tenang, dan taktik yang digunakan berbeda setiap saat. Ada banyak perubahan di lapangan, dan Shi Yuqi jadi agak tidak nyaman,” sambung Sun Jun.

Baca Juga

Lain hanya dengan Anthony Sinisuka Ginting, tunggal putra Indonesia ini dianggap Sun Jun sebagai kryptonite untuk Li Shifeng karena tak terkalahkan dalam empat pertemuan.

Terakhir, Ginting mampu memperpanjang rekor kemenangan atas Li Shifeng saat berjuang di semifinal Indonesia Open 2023.

“Saya melihat (Li Shifeng) memiliki peluang di lapangan, tetapi Cuma sedikit. Ginting kaya dengan pengalaman bertanding, dan bisa menemukan serta menyelesaikan kesulitan begitu saja di lapangan. Inilah yang perlu dipelajari oleh para pemain muda kita,” Sun Jun menyimpulkan.

Baca Juga
ChinaAnthony Sinisuka GintingViktor AxelsenBulutangkisShi YuqiKodai NaraokaLi Shifeng

Berita Terkini