x

Gagal Kuasai Kejuaraan Asia Junior, Alwi Farhan Siap Balas Dendam di WJC 2023

Minggu, 16 Juli 2023 17:07 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Bintang bulutangkis Indonesia, Alwi Farhan siap balas dendam di World Junior Champhionships (WJC) 2023 usai gagal juara di Kejuaraan Asia Junior 2023.(Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Bintang bulutangkis Indonesia, Alwi Farhan siap balas dendam di World Junior Champhionships (WJC) 2023 usai gagal juara di Kejuaraan Asia Junior 2023.

Alwi Farhan dipaksa mengubur mimpinya untuk menjadi juara usai tersingkir di semifinal Kejuaraan Asia Junior 2023, di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Sabtu (15/7/23).

Alwi harus mengakui keunggulan Hu Zhe An selaku tunggal putra unggulan ketiga asal China lewat dua gim langsung yakni 17-21 dan 13-21.

Hasil ini pun membuat Alwi gagal menjadi juara dan hanya membawa pulang medali perunggu. Namun pebulutangkis muda Indonesia itu mengaku tetap bersyukur.

Tak hanya itu, Alwi juga siap mengevaluasi performanya di Kejuaraan Asia Junior 2023 agar bisa balas dendam sekaligus mempersiapkan diri di ajang World Junior Championships (WJC) alias Kejuaraan Dunia Junior 2023 nanti.

Baca Juga

“Alhamdulillah, bersyukur atas pencapaian ini. Tapi kedepannya masih banyak yang perlu dievaluasi,” ucap Alwi Farhan, dilansir dari PB Djarum.

“Dari pertandingan ini saya banyak belajar dan ini juga menjadi persiapan untuk WJC nanti,” tukasnya.

Baca Juga

Sekadar informasi ajang WJC atau Kejuaraan Dunia Junior 2023 sendiri akan berlangsung di Spokane Washington, Amerika Serikat.

Salah satu turnamen bulutangkis junior paling bergengsi itu bakal digelar pada 25 September hingga 8 Oktober 2023 mendatang.

Sementara itu, Alwi Farhan sendiri sempat membeberkan biang kerok kegagalannya di ajang Kejuaraan Asia Junior 2023.

Baca Juga

1. Alwi Farhan Ungkap Penyebab Gagal Juara di Kejuaraan Asia Junior 2023

Tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan. (Foto: PBSI)

Alwi Farhan sejatinya sempat mengalahkan Hu Zhe An di nomor beregu campuran Kejuaraan Asia Junior 2023.

Saat itu Alwi berhasil menang mudah lewat dua gim langsung dengan skor 21-19 dan 21-11 di fase Grup A kala melawan China.

Namun sayangnya, Alwi Farhan tidak bisa melanjutkan kemenangan tersebut saat melawan pemain unggulan Negeri Tirai Bambu di nomor individu.

Alwi Farhan pun mengaku keunggulan lawannya, dan mengatakan bahwa Hu sudah mengantongi gaya permainnya sehingga dirinya tidak bisa memegang jalannya pertandingan.

“Hari ini lawan lebih siap dari saya. Dia sudah tahu mau main seperti apa. Dia banyak berubah dari pertemuan pertama di beregu. Mungkin beregu juga suasananya berbeda. Saat itu saya bisa memegang pola permainan, tapi sekarang tidak bisa,” ungkap Alwi, dilansir dari PB Djarum.

Baca Juga

Lebih lanjut Alwi juga mengatakan bahwa dirinya sempat merasa frustasi sehingga melakukan sejumlah kesalahan.

“Pola permainan saya tidak bisa berjalan. Saya coba main bola turun, tapi bola turun saya juga nggak terlalu bisa mematikan lawan. Malah saya yang frustasi sendiri. Saya juga banyak buru-buru dan mainnya nggak enak, ini jadi evaluasi buat saya,” tukasnya.

Baca Juga

Selain Alwi Farhan, wakil Indonesia lainnya yakni Zidane Attauba Efendi/Kleopas Binar Putra Prakoso di ganda putra juga tersingkir di babak semifinal.

Indonesia selaku tuan rumah hanya mengirimkan satu wakilnya yakni Mutiara Ayu Puspitasari yang akan berhadapan dengan Kim Min Ji selaku unggulan ke-14 dari Korea Selatan di babak final Kejuaraan Asia Junior 2023, Minggu (16/7/23).

Baca Juga
BulutangkisBerita BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis JuniorAlwi FarhanKejuaraan Asia Junior

Berita Terkini