x

Wonderkid China Dipuja Media Asing Usai Kalahkan Alwi Farhan di Kejuaraan Asia Junior 2023

Minggu, 16 Juli 2023 12:00 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Wonderkid China yakni Hu Zhe An mendapat pujian media asing usai mengalahkan bintang bulutangkis muda Indonesia, Alwi Farhan, di Kejuaraan Asia Junior 2023.

INDOSPORT.COM – Wonderkid China yakni Hu Zhe An mendapat pujian media asing usai mengalahkan bintang bulutangkis muda Indonesia, Alwi Farhan, di Kejuaraan Asia Junior 2023.

Seperti diketahui, Kejuaraan Asia Junior 2023 telah memasuki babak final yang dihelat di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Minggu (16/07/23).

Tim bulutangkis Indonesia sendiri hanya mengirimkan satu wakil di sektor tunggal putri yakni Mutiara Ayu Puspitasari yang akan bersua dengan wakil Korea Selatan, Kim Min-ji di final.

Sementara itu, tunggal putra yang turut menjadi andalan Indonesia yakni Alwi Farhan mencatatkan hasil yang kurang maksimal dengan terhenti di babak semifinal.

Alwi harus mengakui keunggulan pebulutangkis China, Hu Zhe An di semifinal Kejuaraan Asia Junior dengan skor 17-21, 13-21.

Baca Juga

Berhasil mengalahkan Alwi Farhan yang menjadi andalan Indonesia tersebut, Hu Zhe An lantas mendapat sorotan panas media asing, Sohu.

Sohu memuji setinggi langit, tunggal putra yang menjadi wonderkid China tersebut usai mengalahkan Alwi yang tengah menanjak performanya.

Baca Juga

“Hu Zhe An tampil sangat bagus dengan mengalahkan bintang muda Indonesia, Alwi Farhan dan berhasil melaju ke babak final,” tulis Sohu.

Sekadar informasi, Hu Zhe An sendiri memang lebih unggul dari Alwi dari segi ranking BWF yakni berada di peringkat 5 untuk kategori junior.

Sementara Alwi Farhan sendiri bertengger di peringkat 12 dan berstatus sebagai unggulan ke-9 di ajang Kejuaraan Asia Junior 2023 kali ini.

Baca Juga

1. Catatan Positif Alwi Farhan

Tunggal putra Indonesia Alwi Farhan, di Badminton Asia Championships 2023. (Foto: PBSI)

Sekadar informasi, Alwi Farhan menjadi pebulutangkis junior Indonesia yang berhasil menarik perhatian sejak tampil gemilang dalam beberapa turnamen.

Lahir di Surakarta pada 12 Mei 2005, Alwi berhasil mengoleksi dua gelar juara di Bangladesh Junior International dan Alpes International 2022.

Tak hanya itu, namanya semakin melambung usai keluar sebagai runner-up di Lithuanian International 2022 dan Osaka International Challenge 2023.

Oleh sebab itu, bukan hal yang mengejutkan jika Alwi menjelma menjadi idola baru dan menjadi pebulutangkis yang paling dinantikan kiprahnya di Kejuaraan Asia Junior 2023.

Meski tak mampu melaju ke final dan meraih medali perunggu usai kalah dari Hu Zhe An, Alwi Farhan bisa dikatan memiliki catatan cukup positif di Kejuaraan Asia Junior.

Baca Juga

Pada nomor beregu, Alwi menjadi andalan tim bulutangkis Indonesia yang berhasil menyabet medali perak usai takluk dari Jepang di partai final.

Sementara di nomor individu, Alwi Farhan memulai start yang baik dengan mengalahkan wakil Singapura, Remus Ng di babak 64 besar dua gim langsung.

Baca Juga

Lalu di babak 32 besar, Alwi sukses mengalahkan pebulutangkis andalan India, Samarveer dalam dua gim dengan skor 21-15, 21-19 di Kejuaraan Asia Junior.

Tren positif ini berlanjut di babak 16 besar di mana Alwi sukses menekuk unggulan Thailand, Wongsup Wongsup-In. Sementara di perempat final, ia sukses mengalahkan wakil China, Huang Jia Ming.

Sayangnya, langkah Alwi Farhan di Kejuaraan Asia Junior kali ini harus terhenti di babak semifinal dari wakil China lainnya di semifinal yakni Hu Zhe An.

Baca Juga
ChinaBulutangkisBerita BulutangkisAlwi FarhanKejuaraan Asia Junior

Berita Terkini