x

Deretan Prestasi Tunggal Putri Indonesia Sejak Era Kepelatihan Indra Wijaya

Senin, 17 Juli 2023 13:02 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung di podium Malaysia Masters 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Deretan prestasi cabor bulutangkis sektor tunggal putri Indonesia sejak era kepelatihan Indra Wijaya, yang terbaru ada Mutiara Ayu Puspitasari.

Sudah lama sektor tunggal putri Indonesia mengalami masa-masa suram. Regenerasi sempat terputus dan belum ada yang bisa menyusul prestasi Susy Susanti.

Namun, memasuki tahun 2023, sektor tunggal putri mulai berbenah. PBSI resmi menunjuk pelatih berpengalaman Indra Wijaya untuk membantu Gregoria Mariska Cs.

Di bawah tangan dingin Indra Wijaya, sektor tunggal putri Indonesia mulai mengalami peningkatan yang signifikan.

Bahkan, motivasi ini juga ikut ditularkan ke kelompok usia muda, sehingga kini muncul bibit-bibit pemain tunggal putri muda yang berprestasi di kancah internasional.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT merangkum sederet pencapaian tunggal putri Indonesia, sejak era kepelatihan Indra Wijaya.

1. Gregoria Mariska Raih Gelar World Tour

Pebulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung memang pernah bersinar saat level junior, tetapi selama bertahun-tahun ia berjuang tanpa meraih prestasi di level senior.

Baca Juga

Memasuki tahun 2023, perjuangan Gregoria Mariska akhirnya terbayar. Ia sukses meraih gelar World Tour pertama, yakni juara Spain Masters 2023 untuk level Super 300.

Tak berselang lama, Gregoria Mariska juga melenggang ke final Malaysia Masters 2023 Super 500, dan menyabet gelar runner up.

Saat ini Gregoria Mariska mencapai peak performance sebagai urutan 8 di ranking BWF, dan berpeluang tampil di BWF World Tour Finals hingga Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga

1. 2. Komang Ayu Back to Back Finals

Tunggal putri Indonesia, Komang Ayu Cahya Dewi di SEA Games 2023. (Foto: PBSI)

Kehadiran pelatih Indra Wijaya dan naiknya performa Gregoria Mariska membuat para pemain tunggal putri junior juga semakin termotivasi untuk mengukir prestasi.

Komang Ayu Cahya Dewi menggebrak sektor tunggal putri saat melaju ke final Denmark Masters 2023, dan merengkuh gelar runner up, bulan Juni kemarin.

Sepekan berselang, Komang Ayu kembali melesat ke final Nantes International Challenge 2023, dan menuntaskannya dengan gelar juara. Kini posisinya naik di ranking 57 BWF.

3. Gelar Perdana Deswanti

Bersamaan dengan perjuangan Komang Ayu di Eropa, ada juga Deswanti Hujansih Nurtertiati yang menggebrak sektor tunggal putri, dan juara RSL Lithuanian International 2023.

Baca Juga

4. Konsisten SEA Games 2023

Pemain tunggal putri muda Indonesia juga semakin konsisten saat tampil di perhelatan multievent seperti SEA Games 2023, meski yang diturunkan bukan pemain senior.

Terkini ada Ester Nurumi Tri Wardoyo dan Komang Ayu Cahya Dewi yang menyabet medali perunggu untuk nomor individual, dan meraih perak di nomor beregu.

Menarik untuk menantikan prestasi tunggal putri Indonesia jika lolos ke Asian Games 2023 mendatang.

Baca Juga

5. Mutiara Ayu Puspitasari Juara AJC 2023

Tunggal putri Indonesia Mutiara Ayu Puspitasari berhasil menjadi juara di sektor tunggal putri Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023 di Among Rogo Sports Hall, Yogyakarta, Minggu (16/07/23). (Foto: PBSI)

Prestasi yang masih hangat, Mutiara Ayu Puspitasari berhasil mengharumkan nama Indonesia saat meraih medali emas di ajang Kejuaraan Asia Junior (AJC) 2023, Minggu (16/7/23).

Mutiara Ayu menjadi tunggal putri pertama dari Asia Tenggara yang bisa meraih medali emas di pentas Kejuaraan Asia Junior, sejak pertama kali dihelat pada tahun 1997 silam.

Perjuangan Mutiara Ayu luar biasa, ia bisa menaklukkan pemain China yang dominan di setiap tahun, dan di babak final, Mutiara menaklukkan Kim Min Ji asal Korea Selatan.

Baca Juga
Gregoria MariskaIndra WijayaBulutangkisBerita BulutangkisEster Nurumi Tri WardoyoKomang Ayu Cahya DewiMutiara Ayu PuspitasariKejuaraan Asia JuniorBadminton Asia Junior

Berita Terkini