x

Mutiara Ayu Jadi Sorotan Media Internasional Usai Gondol Emas Kejuaraan Asia Junior

Senin, 17 Juli 2023 11:56 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Media internasional turut menyoroti Mutiara Ayu Puspitasari yang baru saja menggondol gelar juara di Kejuaraan Asia Junior 2023.(Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Media internasional turut menyoroti Mutiara Ayu Puspitasari yang baru saja menggondol gelar juara di Kejuaraan Asia Junior 2023 atau  Badminton Asia Junior Championships .

Mutiara Ayu berhasil mengalahkan Kim Min Ji selaku unggulan ke-14 asal Korea Selatan lewat dua gim langsung dengan skor 21-11, 21-17 di partai final Kejuaraan Asia Junior 2023, Minggu (16/07/23).

Kemenangan ini membuat nama Mutiara Ayu langsung menjadi berita panas, termasuk media internasional yakni Badminton Asia turut menyoroti pencapaian tunggal putri Indonesia tersebut.

Melalui laman resminya, Badminton Asia takjub dengan Mutiara Ayu karena berhasil mencatatkan sejarah untuk bulutangkis Indonesia.

Pasalnya, Mutiara Ayu Puspitasari menjadi tunggal putri pertama Indonesia yang meraih medali emas di Kejuaraan Asia Junior 2023.

Baca Juga

“Sejarah juga telah dibuat di Kejuaraan Asia Junior 2023, karena untuk pertama kalinya Indonesia meraih gelar juara di tunggal putri dan disumbangkan oleh Mutiara Ayu Puspitasari,” tulis Badminton Asia.

Media bulutangkis internasional menyebutkan bahwa Mutiara berhasil melamapui catatan para seniornya termasuk Gregoria Mariska di ajang bergengsi level junior ini.

Baca Juga

“Pencapaian menjadi juara di Kejuaraan Asia Junior belum pernah dicapai tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska sebelumnya hanya meraih medali perak usai kalah dari Chen Yufei dari China di edisi 2017, tetapi kini Mutiara memecahkan puasa gelar tersebut” tambah pernyataan itu.

Sementara Maria Kristin tidak berpartisipasi dalam ajang tersebut, dan begitu juga dengan Susy Susanti karena ajang ini baru pertama kali digelar pada 1997 di ambang masa pensiunnya.

Sementara itu, Mutiara Ayu Puspitasari sendiri merasa tidak percaya bahwa dirinya berhasil meraih emas di Kejuaraan Asia Junior 2023.

Baca Juga

1. Mutiara Ayu Tak Menyangka Raih Emas

Tunggal putri Indonesia Mutiara Ayu Puspitasari berhasil menjadi juara di sektor tunggal putri Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023 di Among Rogo Sports Hall, Yogyakarta, Minggu (16/07/23). (Foto: PBSI)

Pasca menjadi juara di Kejuaraan Asia Junior 2023, Mutiara Ayu Puspitasari pun mengaku dirinya masih tak percaya dengan prestasi yang baru saja diraihnya.

Tak hanya itu, Mutiara juga memberikan ucapan terima kasih kepada pihak yang telah mendukungnya.

"Saya sendiri merasa tidak menyangka meraih gelar juara ini. Hasil ini seperti mimpi rasanya. Terima kasih kepada publik Yogyakarta yang sudah memberikan dukungan buat saya,” ucap Mutiara Ayu Puspitasari.

“Gelar juara ini saya persembahkan buat keluarga yang sudah hadir, pelatih, PBSI, dan semua orang Indonesia yang memberikan dukungan buat saya," tambahnya, dilansir dari PB Djarum.

Sekadar informasi, Mutiara Ayu sebelumnya juga sempat menjadi juara di turnamen Indonesia International Series 2023.

Baca Juga

Saat itu Mutiara menjadi sukses meraih gelar usai mengalahkan seniornya, Stephanie Widjaja, lewat pertarungan rubber game dengan skor 15-21, 21-10, 22-20.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rekap hasil final Kejuaraan Asia Bulutangkis 2023:

Baca Juga
BulutangkisMutiara Ayu PuspitasariKejuaraan Asia Junior

Berita Terkini