x

Korea Open: Mundur saat Match Point, Kondisi Yang Po-Hsuan Rival Dejan/Gloria Bikin Ngilu

Rabu, 19 Juli 2023 13:29 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Putuskan mundur (retired) saat match poin di gim kedua Korea Open 2023 melawan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, kondisi Yang Po-Hsuan bikin miris.

INDOSPORT.COM – Putuskan mundur (retired) saat match poin di gim kedua Korea Open 2023 melawan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, kondisi Yang Po-Hsuan bikin miris.

Bintang bulutangkis Indonesia penghuni top 17 di ranking BWF, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, berhasil melaju ke babak 16 besar Korea Open 2023 dengan dramatis.

Dibilang dramatis lantaran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja harus menang retired dari pasangan Chinese Taipei, Yang Po-Hsuan/Hu Ling Fang dengan skor akhir 21-10, 20-17.*

Usut punya usut, Yang Po-Hsuan memutuskan mundur saat match point gim kedua lantaran cedera kaki yang merecokinya.

Kondsi kaki dari pasangan Hu Ling Fang tersebut bahkan dibeberkan oleh Humas PBSI, Deri Destan, di twitter pribadinya sebagai berikut.

Baca Juga

“Kata fotografer yang lagi moto di sisi pasangan Taipei tadi, ankle yang Po-Hsuan bunyi ‘krek’ gitu. Jadi mungkin broken, ga cuma sprained,” tulis Humas PBSI, Deri Destan.

“Sekarang lagi diperiksa dokter pertandingan. Semoga tidak serius seperti yang terlihat. Ga tau kejadiannya tapi ngilu denger ceritanya. Pdhl lagi di sisi seberang,” sambung Deri Destan di cuitannya.

Meski senang dengan kemenangan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, namun Badminton Lovers (BL) Indonesia dibuat haru dengan kondisi miris Yang Po-Hsuan di Korea Open 2023 tersebut.

Baca Juga

“OMG, aku pun merasakan sakitnya. Lekas pulih Yang Po-Hsuan,” tulis @yu*****

“Aduh ngilu, GWS,” tulis @jo******

“Serem bgt ya Allah,” tulis @ha*********

Baca Juga

1. Pro-Kontra Mundur saat Match Point

Pro dan kontra atlet bulutangkis mundur saat match point.

Meski banyak yang melayangkan simpatinya, namun ada pula komentar yang menyoroti keputusan Yang Po-Hsuan mundur saat lawan tinggal satu poin lagi meraih kemenangannya di Korea Open 2023.

Hal itu sebagaimana dilansir dari komentar sejumlah netizen di twitter BWF saat mengumumkan hasil pertandingan Korea Open 2023 antara Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja vs Yang Po-Hsuan/Hu Ling Fang.

“1 lagi, suren. Kenapa ga dilanjutin dikit lagi, walau formalitas. Tapi ya sudahlah GWs, N DegLO keep fight until be champ,” tulis @ri*******

“Retired pas udh game point? Pdhl lanjut aja tanpa harus diladeni bolanya. Anyway, congrats Deglo. Semoga melaju jauh,” tulis @id******

“Tinggal 1 poin lagi dan orangnya masih bisa berdiri n jalan btw,” tulis @sar******

Baca Juga

Di dunia bulutangkis, retired adalah hal yang biasa terjadi untuk para atlet yang mengalami kondisi tertentu sehingga harus mundur tengah pertandingan.

Beberapa keputusan retired ada yang menimbulkan komentar kontra dari netizen. Seperti saat tunggal putra China, Shi Yuqi retired saat melawan Kento Momota di semifinal Piala Thomas 2020.

Dalam wawancara selepas laga, kendati dia mengungkap kondisi fisiknya yang tak mumpuni, namun saat Shi Yuqi menyebut dirinya belum kalah secara teknis dari Kento Momota.

Baca Juga

Akibat ungkapannya itu, Shi Yuqi harus dijatuhi sanksi berupa skorsing internal dari Asosiasi Bulutangkis China (CBA) karena dianggap tidak sportif.

Ada pula contoh berbeda yang dialami Mohammad Ahsan. Dia enggan retired meskipun cedera saat match poin, agar lawannya, Fajar/Rian bisa, bisa menang di final All England 2023.

Namun apa pun itu, kasus yang dialami Yang Po-Hsuan di Korea Open 2023 saat melawan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja ini pun pasti di luar rencana. Banjir simpati berdatangan.

Baca Juga
BulutangkisBerita BulutangkisDejan Ferdinansyah/Gloria WidjajaKorea OpenYang Po-Hsuan/Hu Ling Fang

Berita Terkini