x

Mulai Bangkit! Kento Momota Cetak Sejarah Mengharukan di Korea Open 2023

Kamis, 20 Juli 2023 08:18 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Bintang bulutangkis Jepang, Kento Momota, cetak sejarah mengharukan usai melaju ke babak 16 besar Korea Open 2023.

INDOSPORT.COM – Bintang bulutangkis Jepang, Kento Momota, cetak sejarah mengharukan usai melaju ke babak 16 besar Korea Open 2023.

Seperti diketahui, Kento Momota menjadi pemain yang paling banyak mendapat sorotan tajam dari badminton lovers karena penurunan performa.

Pebulutangkis yang sempat menduduki peringkat 1 di ranking BWF itu gagal total di musim 2023 dengan paling jauh melaju hingga semifinal di German Open.

Selebihnya, Momota selalu kandas di babak-babak awal turnamen bulutangkis. Bahkan, ia selalu menelan pil pahit terhenti di 32 besar di lima turnamen beruntun.

Namun, catatan manis berhasil ditorehkan Kento Momota di Korea Open kali ini. Ia berhasil mencetak sejarah lolos ke 32 besar untuk pertama kalinya di turnamen level super 500 di musim 2023.

Baca Juga

Hasil ini didapat Momota usai mengalahkan tunggal putra India yang juga pernah menduduki peringkat 1 di ranking BWF yakni Srikanth Kidambi.

Tunggal putra Jepang yang juga dikenal sebagai rival Anthony Ginting tersebut mengalahkan Srikanth Kidambi melalui tiga gim ketat dengan skor 12-21, 24-22, 21-17.

Baca Juga

Dengan hasil ini, Momota akan menghadapi ujian berat dengan melawan tunggal putra unggulan ketiga asal China yakni Shi Yuqi di babak 16 besar.

Meski terbilang berat, Kento Momota memiliki kesempatan untuk melaju ke perempat final mengingat performa Shi Yuqi juga tidak maksimal.

Kendati demikian, berhasil melaju hingga babak 16 besar Korea Open sendiri menjadi catatan positif tersendiri bagi Momota yang selalu gagal total di beberapa turnamen bulutangkis.

Baca Juga

1. Mulai Bangkit?

Tunggal Putra Jepang, Kento Momota, selepas laga Indonesia Open 2023, Selasa (13/06/23).

Kento Momota sendiri pernah menjadi raja tunggal putra yang menguasai banyak turnamen bulutangkis terutama pada musim 2018-2019.

Namun, usai insiden kecelakaan yang terjadi di Malaysia Masters 2020, Momota harus absen panjang karena cedera dan operasi di bagian mata.

Kento Momota lantas comeback di 2021 dan berhasil naik podium sebanyak dua kali yakni runner-up di Denmark Open dan juara di Indonesia Masters.

Namun, setelah musim 2021, pebulutangkis andalan Jepang itu gagal total dengan tak pernah lagi meraih gelar juara hingga 2023.

Podium terakhir yang berhasil diraih oleh Momota adalah di ajang Malaysia Open 2022. Di mana kala itu ia harus mengakui keunggulan Viktor Axelsen.

Baca Juga

Sementara di musim 2023 bak menjadi mimpi buruk bagi Kento Momota. Di awal musim saja yakni Malaysia Open, ia terhenti langkahnya di 32 besar dari Rasmus Gemke.

Tren buruk ini berlanjut di Indonesia Masters, Momota lagi-lagi terhenti di babak 32 besar dari calon lawannya di 16 besar Korea Open yakni Shi Yuqi.

Baca Juga

Sementara itu, jelang berlaga di Korea Open 2023, Momota memiliki tren buruk dengan terhenti di babak 32 besar Indonesia Open.

Kala itu, mantan peraih Juara Dunia 2019 itu harus mengakui keunggulan tunggal putra andalan Hong Kong, Ng Ka Long Angus dalam dua gim langsung.

Oleh sebab itu, patut dinantikan kebangkitan dari Kento Momota di Korea Open meski terbilang berat karena harus melawan Shi Yuqi di babak 16 besar.

Baca Juga
Kento MomotaBulutangkisBerita BulutangkisKorea Open

Berita Terkini