x

Skenario Duel Momota-Ginting di Japan Open 2023, Kerinduan BL Bisa Terobati

Selasa, 25 Juli 2023 05:00 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Kerap dirindukan pertemuannya oleh Badminton Lovers (BL), intip skenario agar ‘MomoGi’ atau Kento Momota vs Anthony Ginting tercipta di Japan Open 2023.

INDOSPORT.COM – Kerap dirindukan pertemuannya oleh Badminton Lovers (BL), intip skenario agar ‘MomoGi’ atau Kento Momota vs Anthony Ginting tercipta di Japan Open 2023.

Kento Momota dan Anthony Sinisuka Ginting adalah dua nama raja tunggal putra papan atas di ranking BWF yang masuk dalam daftar atlet bulutangkis dengan rivalitas sengit.

Berdasarkan catatan BWF, Kento Momota masih unggul dengan 11 kali kemenangan dari total 16 pertemuannya dengan Anthony Ginting di turnamen bulutangkis internasional.

Meski Kento Momota unggul telak, namun di tiap pertemuannya dengan Anthony Ginting selalu saja ada drama menarik di antara mereka.

Sayangnya, sejak pertemuan terakhir di Piala Thomas 2022, Kento Momota dan Anthony Sinisuka Ginting  sudah sangat jarang bertemu.

Baca Juga

Anthony Sinisuka Ginting jarang bertemu dengan Kento Momota yang akhir-akhir ini sering rontok di babak pertama turnamen karena cedera hingga ranking BWF-nya anjlok ke posisi ke-58 dunia.

Sementara Anthony Ginting saat ini terbilang stabil berada di ranking dua BWF yang membuat kansnya untuk kembali menjuarai turnamen bulutangkis, sangat terbuka lebar, termasuk di Japan Open 2023.

Ajang Japan Open 2023 yang berhadiah total 850 dolar (sekitar Rp12,7 miliar) itu berlangsung di Yoyogi National Gymnasium pada 25 sampai 30 Juli.

INDOSPORT.COM mencoba untuk membedah skenario agar duel MomoGi bisa tercipta di Japan Open 2023 yang merupakan turnamen bulutangkis Super 750.

Pertama-tama mari melihat drawing Japan Open 2023. Dilansir dari laman BWF, Kento Momota dan Anthony Sinisuka Ginting sama-sama berada di pool bawah.

Baca Juga

Berada di satu pool, itu artinya Kento Momota dan Anthony Sinisuka Ginting tidak mungkin bertemu di final di Japan Open 2023.

Pertemuan yang paling memungkinkan bagi mereka adalah di perempat final atau babak delapan besar Japan Open 2023.

Namun skenarionya cukup rumit mengingat lawan yang harus ditemui mereka sejak babak pertama saja tidak cukup mudah.

Di halaman kedua, berikut satu per satu skenario agar Kento Momota dan Anthony Sinisuka Ginting bertemu di perempat final Japan Open 2023.

Baca Juga

1. Skenario Momota vs Ginting Bertemu di Japan Open 2023

Skenario Momota vs Ginting Bertemu di Japan Open 2023.

1. Anthony Ginting

Berdasarkan drawing BWF di Japan Open 2023, tunggal putra Indonesia nomor dua di ranking BWF, Anthony Sinisuka Ginting yang berstatus unggulan dua, akan bertemu dengan Kanta Tsuneyama.

Skenario ini harus bisa dilewati Anthony Ginting meskipun tidak cukup mudah untk mengalahkan Kanta Tsuneyama yang mengalahkannya di Badminton Asia Championships 2023.

Dari data head to head, Anthony Ginting dan Kanta Tsuneyama sama kuat dalam enam pertemuan mereka di turnamen bulutangkis internasional.

Di babak kedua Japan Open 2023, Anthony Ginting juga harus melewati Lakshya Sen atau Priyanshu Rajawat dari India.

Lakshya Sen yang berjuluk bocah ajaib, selalu jadi penjegal Anthony Ginting dari seluruhnya pertemuan mereka. Head to head Anthony Ginting tertinggal 0-3 dari Lakshya Sen.

Baca Juga

Sementara Priyanshu Rajawat adalah bintang muda China yang nyaris mempermalukan Anthony Ginting di Indonesia Open 2023 lalu.

Jika rintangan awal bisa dilewati Anthony Ginting, kemungkinan dia bertemu dengan Kento Momota di Japan Open 2023 sangat terbuka lebar.

Tak sekadar bertemu Kento Momota saja, bahkan Anthony Sinisuka Ginting berkesempatan untuk mencetak sejarah menjuarai Japan Open 2023. Sepanjang karier, dia belum pernah juara ajang ini.

2. Kento Momota

Untuk potensi bertemu dengan Anthony Ginting di perempat final Japan Open 2023, Kento Momota juga harus kerja rodi sejak babak pertama.

Di babak pertama Japan Open 2023, Kento Momota harus bisa mengalahkan kompatriotnya sendiri dari Jepang, Koki Watanabe.

Baca Juga

Jika lolos ke babak dua, Kento Momota yang potensi jumpa Loh Kean Yew atau Ng Tze Yong, harus bisa melewati hadangan ini.

Momota dan Loh Kean Yew pernah bertemu dua kali dan keduanya saling mengalahkan. Sementara Momota belum pernah jumpa Ng Tze Yong.

Meski Kento Momota saat ini sedang dalam performa yang tak cukup baik, namun dimungkinkan jika dia akan berusaha mati-matian bermain di kandang sendiri.

Terlebih Kento Momota memiliki sejarah cukup apik saat menapakkan kakinya di podium juara Japan Open edisi 2018 dan 2019.

Baca Juga
Anthony Sinisuka GintingKento MomotaBulutangkisBerita BulutangkisIndepthJapan Open

Berita Terkini