x

Leo/Daniel Heran Bisa Kalah dari 'Cireng' India di Japan Open 2023: Strategi Kami Benar

Rabu, 26 Juli 2023 19:09 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pasangan ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin kalah di babak pertama Japan Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin heran bisa kalah dari Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty di babak pertama Japan Open 2023.

Bertanding di Yoyogi National Gymnasium, Tokyo, Jepang, Rabu (26/07/23), Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dibabat habis wakil India dengan skor 16-21, 21-11, 13-21.

Padahal, Rankireddy/Shetty sebelumnya baru bertanding di final Korea Open 2023, menghadapi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Kala itu pun Rankireddy/Shetty berhasil menundukkan Fajar/Rian dalam babak rubber game, skor 21-17, 13-21, 14-21.

Leo/Daniel sejatinya memberikan harapan saat bisa menjegal Rankireddy/Shetty alias 'Cireng' di game kedua, tapi entah mengapa mereka kembali ke 'setelan pabrik' di babak rubber.

Baca Juga

Leo Rolly Carnando juga mengaku sudah mempelajari gaya permainan Rankireddy/Shetty, dan sudah mengantongi celahnya, namun ia heran mengapa bisa kalah lagi.

"Kami sudah mempelajari teknik permainan lawan. Pasangan asal India ini kan mainnya cepat, jadi bagaimana kami bisa meredam kecepatannya itu," ungkap Leo selepas pertandingan.

Baca Juga

"Kami sudah mencoba menerapkan strategi yang sudah disiapkan, walau belum seratus persen berhasil, tapi kami merasa apa yang tadi dilakukan sudah benar," kekeuh Leo.

Dengan kekalahan hari ini, maka Leo/Daniel belum bisa melanjutkan perjalanan mereka di Japan Open 2023. Ada kemungkinan mereka akan turun di ranking BWF. 

Saat ini Leo/Daniel bertengger di peringkat ke-11 di ranking BWF. Mereka terancam oleh ganda putra Korea Selatan, Choi Sol Gyu/Kim Won Ho yang akan comeback pekan depan.

Baca Juga

1. Daniel Marthin Bongkar Faktor Kekalahan

Pasangan ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. (Foto: PBSI)

Jika Leo Rolly Carnando mengaku heran bisa kalah dari Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty di babak pertama Japan Open 2023, beda halnya dengan Daniel Marthin.

Daniel Marthin bisa menuturkan apa-apa saja kesalahan mereka di lapangan, dan evaluasi yang harus diterapkan jika ingin menaklukkan pasangan asal India tersebut.

"Di game kedua sebenarnya kami sudah menemukan pola permainan yang tepat untuk melawan mereka," ungkap Daniel.

"Tapi di game ketiga mereka mengubah pola permainan lagi, dan kami terbawa. Itu yang harus kami banyak pelajari lagi untuk ke depannya," kata atlet berusia 21 tahun itu.

"Di game ketiga mereka memperlambat tempo dan mengubah arah servis menjadi servis-servis panjang. Kami malah tidak bisa mengantisipasi hal itu," imbuhnya.

Baca Juga

Selain karena strategi yang tidak berjalan baik, Daniel juga menganggap Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty sedang memiliki rasa percaya diri tinggi usai juara Korea Open 2023.

"Mereka mungkin setelah minggu lalu juara, kepercayaan dirinya meningkat. Tetapi kami tidak terlalu memikirkan hal itu, kami lebih fokus pada pola permainan kami sendiri."

Baca Juga

Setelah ini, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin berjanji akan berbenah supaya tidak early exit lagi di Australia Open 2023.

Ajang bulutangkis Australia Open 2023 akan dihelat pada 1-6 Agustus 2023. Turnamen ini menghadirkan level Super 500, dan penting untuk perolehan poin Race to Olympic 2024.

Pada babak pertama Australia Open 2023, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang akan turun sebagai unggulan ke-6, akan menghadapi ganda Filipina, Christian Bernardo/Alvin Morada.

Baca Juga
BulutangkisSatwiksairaj Rankireddy/Chirag ShettyLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita BulutangkisJapan Open

Berita Terkini