x

Pertandingan Bulutangkis Tercepat dan Terlama yang Masuk Buku Rekor Dunia

Rabu, 26 Juli 2023 18:52 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ilustrasi bulutangkis dan raket. Foto: Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Bulutangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang tercatat di Buku Rekor Dunia yang sudah dikenal banyak orang, Guinness World Records.

Belum lama ini, pemain ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy, baru saja memecahkan rekor pukulan tercepat di dunia (565 km/jam) dan tercatat di Guinness World Records.

Catatan itu pun mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh legenda bulutangkis Malaysia, Tan Boon Heong (493 km/jam) pada tahun 2013.

Rekor pukulan tercepat Satwiksairaj Rankireddy itu pun berlaku di seluruh gender, baik putra maupun putri.

Sementara untuk bulutangkis putri sendiri, rekor tertinggi dipegang oleh Pearly Tan (Malaysia) dengan 438 km/jam.

Tentu saja, rekor-rekor bulutangkis di Guinness World Records tidak hanya dicatatkan oleh Satwiksairaj Rankireddy dan Pearly Tan.

Baca Juga

Dua rekor lain yang layak dibahas adalah pertandingan tercepat sekaligus terlama yang pernah terjadi sepanjang sejarah olahraga tepok bulu ini.

Pertandingan bulutangkis tercepat yang tercatat di Guinness World Records adalah duel Ra Kyung-min (Korea Selatan) yang berhadapan dengan Julia Mann (Inggris).

Pertemuan keduanya tersebut terjadi di Piala Uber 1996 yang digelar di Hong Kong. Korea Selatan dan Inggris sama-sama berada di Grup B.

Tidak lama-lama, Ra Kyung-min menyudahi pertandingan kontra Julia Mann hanya dalam waktu enam menit saja!

Baca Juga

Bahkan, yang mengerikannya lagi, Ra Kyung-min menghabisi sang lawan melalui dua gim dengan skor 11-2 dan 11-1.

Korea Selatan pun berhasil melaju ke semifinal dan berjumpa Indonesia. Ra Kyung-min yang kembali turun pun berhadapan dengan Yuliani Santosa.

Kali ini, ia lagi-lagi menang dan mengakhiri perjuangan tunggal putri Indonesia lewat dua gim masing-masing 11-4 dan 11-4.

Kemenangannya atas Yuliani Santosa itu pun menjadi satu-satunya poin Korea Selatan yang akhirnya kandas di tangan Indonesia dengan kedudukan 1-4. 

Baca Juga

1. Pertandingan Bulutangkis Terlama

Ilustrasi bulutangkis dan raket. Foto: Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images.

Jika ada pertandingan bulutangkis tercepat, tentu ada pula yang terlama. Sebaliknya, catatan Guinness World Records ini berasal dari sektor putra.

Adalah Kejuaraan Dunia adalah World Championship 1997 di Glasgow yang menjadi saksi bisu rekor mencengangkan ini.

Pertandingan bulutangkis terlama versi Guinness World Records dipegang oleh Peter Rasmussen asal Denmark dan Sun Jun asal China.

Keduanya berjumpa di partai final tunggal putra Kejuaraan Dunia 1997 dan bermain selama 124 menit alias dua jam lebih.

Duel tersebut pun pada akhirnya dimenangkan oleh Peter Rasmussen melalui tiga gim ekstra ketat, 16-17, 18-13, dan 15-10.

Dalam perjalanannya menuju final, baik Peter Rasmussen maupun Sun Jun sempat bertemu sejumlah wakil Indonesia di sektor tunggal putra.

Baca Juga

Peter Rasmussen sang kuda hitam berhadapan dengan Indra Wijaya di babak ketiga serta Hariyanto Arbi di putaran semifinal.

Sementara itu, Sun Jun yang berstatus unggulan ketiga kala itu, sempat bersua Budi Santoso di babak ketiga. Ia bahkan berhasil menekuk Peter Gade di perempat final.

Demikianlah ulasan pertandingan bulutangkis tercepat dan terlama yang sampai saat ini masih tertera di laman resmi Guinness World Records.

Biasanya, satu pertandingan bulutangkis jika dirata-rata, menghabiskan waktu selama kurang lebih 45 sampai 50 menit.

Tentu saja, ada banyak faktor yang memengaruhi lamanya pertandingan, apalagi jika pemain harus melakoni gim ketiga yang sangat menentukan.

Baca Juga

Pertandingan Terlama Lainnya

Jika berbicara tentang catatan yang berada di laman Guinness World Records, duel Peter Rasmussen vs Sun Jun memang masih menjadi yang terlama versi mereka.

Akan tetapi, pertandingan ganda putri di Badminton Asia Championships 2016 ternyata berlangsung lebih lama yakni 161 menit.

Pertandingan yang dimaksud adalah putaran semifinal yang mempertemukan Kurumi Yonao/Naoko Fukuman (Jepang) vs Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari (Indonesia).

Kurumi Yonao/Naoko Fukuman pun pada akhirnya tampil sebagai pemenang atas Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari dengan skor 13-21, 21-19, dan 24-22.

Duel ini pun diakui BWF sebagai pertandingan bulutangkis terlama sepanjang sejarah, selain Peter Rasmussen vs Sun Jun yang masih terpampang di laman Guinness World Records.

Baca Juga
BulutangkisBerita BulutangkisIndepth

Berita Terkini