x

Pasca Singkirkan Korea Selatan, Ahsan/Hendra 'Nyatakan Perang' ke Fajar/Rian

Kamis, 27 Juli 2023 16:21 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohamad Ahsan pada babak 16 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Kamis (15/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Perang saudara di babak perempatfinal Japan Open 2023 tak terhindarkan. Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan berhadapan dengan Fajar Alfian/Rian Ardianto. 

Fajar/Rian terlebih dahulu memastikan tiket perempatfinal setelah dinyatakan menang WO. Lawan keduanya, Kim Astrup/Anders Rasmussen mundur dari kejuaraan karena ada alasan mendesak. 

Sementara Ahsan/Hendra melangkah ke babak selanjutnya setelah menang atas Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae dari Korea Selatan. 

The Daddies harus berusaha keras melewati pertandingan karena berlangsung tiga gim dengan skor 12-21, 21-10 dan 21-19. 

Mohammad Ahsan mengakui laga hari ini tidak mudah. Arah angin sempat membuat mereka kesulitan dan kalah di gim pertama. 

Baca Juga

"Mengucap syukur alhamdulillah bisa melewati pertandingan hari ini dengan kemenangan. Pertandingan yang tidak mudah tapi kami berhasil melewatinya," ujarnya. 

"Ketika pindah lapangan di interval gim ketiga, kami lebih berani bermain dengan pola kami. Kami juga lebih berani bertahan maupun menyerang. Lawan pun terlihat kesulitan di sisi lapangan yang kalah angin itu," tambah Ahsan. 

Baca Juga

Hal senada juga disampaikan Hendra Setiawan. Pasangan Korea disebutnya punya power yang kuat sehingga memaksa laga sampai berlangsung selama 49 menit. 

"Di sisi lapangan gim pertama dan awal gim ketiga itu memang kalah angin, sangat terasa. Jadi ketika kena serangan pengembalian kami tanggung semua," jelasnya. 

"Apalagi pasangan Korea memiliki power yang cukup kuat. Sedangkan di sisi lapangan satunya sangat enak untuk menyerang," imbuh Hendra Setiawan. 

Baca Juga

1. Ahsan/Hendra Ingin Kalahkan Fajar/Rian

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal menjadi juara Korea Open 2023 usai tumbang di final dari Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, Minggu (23/07/23).

Setelah singkirkan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae, The Daddies langsung bersiap untuk hadapi Fajar/Rian di perempatfinal Japan Open 2023 pada esok hari. 

Meskipun Fajar/Rian punya waktu istirahat lebih banyak, Ahsan/Hendra tak gentar. Keduanya siap mengalahkan juniornya itu. 

"Kami mau istirahat, mengembalikan kondisi dulu. Besok bersiap lawan Fajar/Rian," kata Ahsan. 

"Kami pastinya tidak mau kalah lawan Fajar/Rian," tambah Hendra Setiawan.

Laga perempat final antara Fajar/Rian vs Ahsan/Hendra di perempatfinal Japan Open 2023 akan jadi pertemuan ketujuh.

Baca Juga

Sebelumnya, masing-masing pasangan meraih tiga kemenangan atau seri secara head to head. 

Kali pertama kedua pasangan bertemu adalah pada semifinal German Open 2018. Kala itu, Fajar/Rian menang 22-20, 22-20, atas Ahsan/Hendra. 

Setahun berselang, Ahsan/Hendra unggul 21-16, 15-21, 21-10, atas Fajar/Rian di semifinal BWF World Championships atau Kejuaraan Dunia BWF 2019. 

Baca Juga

Ahsan/Hendra kembali menaklukkan Fajar/Rian via rubber game di semifinal Indonesia Masters 2020 dengan skor 21-12, 18-21 21-17. Di Malaysia Masters 2022, Fajar/Rian menang 21-12, 21-19, atas Ahsan/Hendra pada partai final.

Pertemuan kelima terjadi di semifinal Kejuaraan Dunia BWF 2022, Ahsan/Hendra unggul 23-21, 12-21, 21-16, atas Fajar/Rian. 

Terakhir, pada final All England 2023, Fajar/Rian menang dua gim langsung dengan skor 21-17 dan 21-14.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoMohammad Ahsan/Hendra SetiawanBulutangkisKang Min-hyuk/Seo Seung-jaeJapan Open

Berita Terkini