x

Fajar/Rian Diadang Juara Olimpiade Gagal Lolos ke di Final Japan Open 2023

Sabtu, 29 Juli 2023 10:13 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, mengubur mimpi ke final Japan Open 2023 usai diadang jawara Olimpiade Tokyo, Lee Yang/Wang Chi-lin. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, harus mengubur mimpi ke final Japan Open 2023 usai diadang jawara Olimpiade Tokyo, Lee Yang/Wang Chi-lin, 19-21, 10-21.

Bertanding di Yoyogi Gymnasium, Tokyo, Sabtu (29/07/23), Fajar/Rian yang berstatus unggulan 1 tak mampu mengatasi perlawanan ganda putra Chinese Taipei dalam laga yang berdurasi 36 menit.

Fajar/Rian terlambat panas menghadapi gempuran Lee Yang/Wang Chi-lin. Beberapa kali mampu mengejar tetapi tetap tertinggal di interval gim pertama 6-11.

Dalam posisi tertinggal 15-19, Fajar/Rian memberi tekanan pada Lee Yang/Wang Chi-lin. Smash keras Fajar Alfian gagal dikembalikan Lee/Wang, angka bertambah untuk Indonesia.

Tekanan semakin intens di poin-poin krusial matchpoint, Lee/Wang lakukan kesalahan memberi kesempatan Fajar/Rian mengejar ketertinggalan.

Baca Juga

Sayangnya, pengembalian menyilang Rian keluar dari lapangan memastikan Lee Yang/Wang Chi-lin merebut set pertama dengan kemenangan 19-21.

Di set kedua, Fajar/Rian lagi-lagi gagal meredam serangan bertubi-tubi Lee/Wang. Hasilnya, mereka tertinggal jauh di interval gim kedua 5-11.

Baca Juga

Permainan Fajar/Rian sama sekali tidak berkembang. Beberapa kesalahan dilakukan memberi keuntungan Lee/Wang untuk memimpin skor jadi 5-15.

Satu angka bertambah berkat smash keras dari Rian, namun hal ini tak mengubah jalannya laga untuk pasangan Indonesia ranking 1 BWF tersebut hingga matchpoint 9-20.

Sergapan Fajar memperpanjang napas ganda Indonesia. Namun servis fault Rian memastikan kemenangan Lee/Wang 10-21 sekaligus membawa mereka ke final Japan Open 2023.

Baca Juga

1. Gregoria dan Jonatan Jadi Tumpuan di Japan Open 2023

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung di Japan Open 2023. (Foto: PBSI)

Kekalahan dari Lee Yang/Wang Chi-lin ini memastikan Fajar/Rian gagal melaju ke babak final turnamen Japan Open 2023 sekaligus memupus mimpi mereka meraih gelar ketiga musim ini.

Sebelumnya, ganda putra ranking 1 BWF  tersebut sudah berhasil mengantongi dua gelar juara di Malaysia Open dan All England 2023.

Dengan hasil ini pula maka Indonesia hanya menyisakan dua wakilnya di babak semifinal Japan Open 2023, yakni lewat Gregoria Mariska Tunjung dan Jonatan Christie.

Sekadar informasi, Gregoria Mariska berhasil mencapai semifinal pertamanya di ajang super 750 usai menumbangkan sekaligus unggulan pertama, Akane Yamaguchi.

Akane yang berstatus juara bertahan Japan Open tiga kali edisi terakhir secara tak terduga tumbang dalam duel rubber set dengan skor 21-11, 11-21, 21-18.

Baca Juga

Selanjutnya, Gregoria akan menghadapi unggulan kelima dari China, He Bing Jiao. Ini akan menjadi pertemuan keenam bagi kedua pemain.

Gregoria Mariska masih tertinggal 2-3 secara head to head, meski pertemuan terakhir di Indonesia Masters mampu dimenangkan Gregoria secara straight gim.

Baca Juga

Jika mampu mengalahkan He Bing-Jiao, Gregoria berpotensi menghadapi pemenang antara An Se-young atau Tai Tzu Ying di partai final

Adapun Jonatan Christie akan menghadapi wakil India, Lakshya Sen. Rekor pertemuan Jonatan dengan Sen masih sama kuat yakni 1-1.

Sebelumnya, Jonatan melaju ke semifinal usai memulangkan andalan Thailand nomor 3 ranking BWF, Kunlavut Vitidsarn. Sementara Lakshya Sen menaklukkan Koki Watanabe di Japan Open 2023.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisLee Yang/Wang Chi-LinJapan OpenHasil Bulutangkis

Berita Terkini