x

Gregoria Mariska Sadar Diri usai Kandas di Japan Open dan Absen ke Australia

Sabtu, 29 Juli 2023 21:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung di Japan Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pebulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung sadar diri akan kualitasnya saat kalah di Japan Open 2023, dan absen di turnamen berikutnya, Australia Open 2023.

Bertanding di National Gymanasium, Tokyo, Jepang, Sabtu (29/07/23) malam, Gregoria Mariska Tunjung harus akui keunggulan He Bingjiao asal China, skor 21-13, 19-21, 21-9.

Gregoria Mariska bermain dominan di game pertama, begitu pula di game kedua, ia bisa memimpin 17-15. Namun ada kesalahan beruntun yang membuatnya jadi tersusul 17-20.

Gregoria Mariska masih menjaga asa saat ia menyusul 19-20. Namun, servisnya tertahan di net sehingga membuahkan poin untuk He Bingjiao. Ia kalah di game kedua.

Hasil ini membuat Gregoria Mariska hilang fokus dan staminanya juga menurun. Atlet tunggal putri Indonesia itu dihajar He Bingjiao asal China dengan skor telak 21-9.

Baca Juga

Gregoria Mariska mengaku sadar diri jika kualitasnya sebagai tunggal putri nomor 8 di ranking BWF, masih ada banyak yang harus dievaluasi jika ingin beranjak ke papan atas.

"Tetap bersyukur karena saya masih bisa bertanding di semifinal, walaupun jujur bukan penampilan yang saya inginkan, khususnya di game ketiga," ungkap Gregoria Mariska.

Baca Juga

"Di game pertama dan kedua bisa dibilang cukup bagus, tapi game ketiga catatannya sangat banyak," sebut pebulu tangkis 23 tahun tersebut.

"Fokusnya dan kecepatan sudah menurun jauh, sedangkan lawan (He Bingjiao) malah lebih unggul dari sisi kecepatan, kesabaran dan kerapihan bermain."

"Saat unggul 17-15 di game kedua, saya banyak melakukan kesalahan sendiri, jadinya tersusul 17-20," sesal Gregoria Mariska lagi.

Baca Juga

1. Alasan Gregoria Absen di Australia Open 2023

Gregoria Mariska Tunjung dan An Se-young di podium juara Australian Open 2022. (Foto: PBSI)

Gregoria Mariska Tunjung memang sempat membuat kejutan saat mengalahkan sang juara bertahan Japan Open, yakni Akane Yamaguchi, di hadapan publik tuan rumah.

Namun, saat menghadapi He Bingjiao, Gregoria mengaku kehilangan fokus dan akhirnya harus menerima kekalahan.

"Harusnya saya bisa seperti kemarin (melawan Akane), main lebih safe, tidak terburu-buru mematikan," ungkap Gregoria selepas pertandingan.

"Hari ini malah terasa sabarnya berkurang, ingin cepat mematikan padahal lawan sudah mengantisipasi," imbuhnya.

"Saat sudah mengejar sampai poin 19-20 malah servis saya nyangkut, ini yang tidak boleh terjadi lagi," kata pebulu tangkis asal Wonogiri tersebut.

Baca Juga

Berikutnya, wakil Indonesia akan mengikuti turnamen bulutangkis Australia Open 2023. Namun, Gregoria Mariska sejak awal tidak didaftarkan oleh PBSI karena suatu hal.

Saat ditanya mengapa Gregoria Mariska tidak mendaftar di Australia Open, padahal tahun lalu ia naik podium runner up, sang atlet mengaku ingin fokus ke Kejuaraan Dunia.

Baca Juga

"Setelah ini saya akan langsung fokus ke Kejuaraan Dunia," jawab Gregoria. Pentas Badminton World Championships sendiri akan dihelat pada 21-28 Agustus 2023.

"Ada waktu beberapa minggu untuk menambah semua yang masih kurang. Waktunya lumayan panjang untuk persiapan," tukas Gregoria Mariska.

Sekadar informasi, ajang Badminton World Championships 2023 akan dihelat di Royal Arena, Copenhagen, Denmark. Gregoria Mariska membidik target naik podium.

Baca Juga
Australia OpenGregoria MariskaBulutangkisHe BingjiaoBerita BulutangkisAustralian OpenJapan Open

Berita Terkini