x

6 Fakta Menarik Usai Jonatan Christie Dikalahkan Axelsen di Final Japan Open

Minggu, 30 Juli 2023 14:49 WIB
Editor: Juni Adi
Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting berhasil mengalahkan rekan senegaranya Jonatan Christie pada babak 8 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Kamis (15/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Sejumlah fakta menarik lahir usai Jonatan Christie kalah di final turnamen bulutangkis Japan Open 2023 dari Viktor Axelsen. 

Pertandingan seru tersaji di final Japan Open 2023 sektor tunggal putra antara Jonatan Christie vs Viktor Axelsen di Yoyogi National Gymnasium Tokyo, pada Minggu (30/07/23) siang WIB.

Jonatan Christie tak bisa berbuat banyak melawan tunggal putra nomor satu dunia, Viktor Axelsen karena kalah dalam dua gim langsung dengan skor akhir 7-21, 18-21 selama 45 menit.

Sebagai informasi, final Japan Open 2023 ini menjadi pertemuan ke-10 bagi Jonatan Christie dan Viktor Axelsen.  Dalam perjumpaan sebelumnya, Viktor Axelsen unggul dengan tujuh kemenangan.

Kini, Jonatan Christie gagal membalas dendam Viktor Axelsen dengan kekalahan yang dia telan lagi di final Japan Open 2023.

Baca Juga

Meskipun harus kalah lagi, Jonatan Christie di final Japan Open 2023 juga memberikan perlawanan sepadan pada Viktor Axelsen.

Merunut jalannya laga final Japan Open 2023, Jonatan Christie seolah kebingungan menghadapi pola cepat yang dilayangkan Viktor Axelsen. Alhasil Jonatan Christie tertinggal telak 0-11.

Baca Juga

Usai interval gim pertama, Jonatan Christie yang berusaha bangkit, sempat meraih tiga poin beruntun dan skor berubah 3-14. Sayangnya, usaha itu tak cukup untuk mengejar ketertinggalan jauh.

Alhasil Jonatan Christie harus mengakui keunggulan skor 7-21 di gim pertama Japan Open 2023 dari Viktor Axelsen. Memasuki gim kedua, pertandingan berlangsung lebih menarik.

Jonatan Christie lebih berani untuk menyerang dan meningkatkan tempo permainan. Alhasil dia berhasil unggul 8-4 dari Viktor Axelsen.

Sayangnya, usai bermain cukup baik bahkan berulang kali memimpin gim kedua, Jonatan Christie harus tertikung di momen kritis, dan akhirnya kandas 18-21 dari Viktor Axelsen.

Jonatan Christie jadi runner-up Japan Open 2023. Usai pertandingan terdapat beberapa fakta menarik, berikut ulasannya:

Baca Juga
 

1. Jonatan Christie Tertinggal Jauh

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Semifinal Japan Open 2023 hari ini, Sabtu (29/07/23). (Foto: PBSI)

Kekalahan Jonatan Christie di final Japan Open 2023, semakin menjauhkan dirinya terhadap kualitas Axelsen. 

Jojo tertinggal 2-7 dalam rekor pertemuan melawan Axelsen. Kemenangan terakhir Jonatan atas Axelsen terjadi pada ajang French Open 2019.

Saat itu, Jojo menyingkirkan Axelsen lewat permainan tiga tim di semifinal French Open. 

Kemenangan Beruntun Axelsen

Kemenangan final Japan Open 2023, adalah kali kedua Axelsen bertemu dengan Jonatan Christie. Sebelumnya mereka terakhir kali bertem di tahun 2022.

Kekika itu Viktor Axelsen dan Jonatan Christie bertemu di Malaysia Open 2022, pertandingan dimenangkan oleh tunggal putra asal Denmark tersebut dengan skor 21-15, 20-22, 21-11.

Wakil Denmark yang Sulit Dikalahkan

Selain lawan Viktor Axelsen, Jonatan Christie punya rekor bagus melawan pemain Denmark lainnya. Jonatan unggul 6-3 lawan Anders Antonsen, 3-1 lawan Rasmus Gemke, dan 4-0 lawan Hans Kristian Vittinghus.

Tetapi ketika berhadapan dengan Axelsen, ia selalu kalah. Axelsen memang jadi pemain Denmark yang sulit dikalahkan ketimbang pemain lainnya oleh Jojo.

Semakin Dominan Lawan Tunggal Putra

Sedangkan Axelsen dominan dalam rekor pertemuan melawan empat tunggal putra terbaik Indonesia. Selain unggul atas Jonatan, Axelsen juga memimpin 10-4 lawan Anthony Ginting.

Menang 3-0 lawan Shesar Hiren Rhustavito, dan 1-0 lawan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Gelar Ketiga Axelsen

Hasil ini membawa Axelsen meraih gelar juara Japan Open 2023 yang merupakan gelar ketiganya di tahun 2023. 

Axelsen Memang Jago

Sejak awal 2023, hanya ada dua pemain yang mampu memaksa Axelsen memainkan rubber game, yaitu Rasmus Gemke di Malaysia Open dan Shi Yuqi di India Open.

Namun kedua pemain itu sama-sama kalah dengan selisih poin yang lebar di gim penentuan.

Jonatan ChristieViktor AxelsenBulutangkisJapan Open

Berita Terkini