x

Head to Head Jonatan Christie vs Viktor Axelsen, Siapa Jawara Baru Japan Open?

Minggu, 30 Juli 2023 04:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie saat mengalahkan Viktor Axelsen di semifinal French Open 2019. Kini keduanya bertemu lagi di final Japan Open 2023.

INDOSPORT.COM - Head to head Jonatan Christie vs Viktor Axelsen, apakah pemain tunggal putra andalan Indonesia bisa pecah telor di final Japan Open 2023?

Bertanding di National Gymanasium, Tokyo, Jepang, Sabtu (29/07/23), Jonatan Christie tampik heroik dan sukses menjegal rival asal India, Lakshya Sen di semifinal Japan Open 2023.

Jonatan menang di game pertama, tetapi sempat tertikung di game kedua. Masuk ke babak rubber, pemain yang akrab disapa Jojo itu tampil ngegas dan menang 21-15, 13-21, 21-16.

Dengan demikian, Jonatan Christie menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tembus ke final Japan Open 2023.

Ini adalah kali kedua Jonatan mejeng di final Japan Open, setelah sebelumnya ia juga naik podium di tahun 2019, tetapi sebagai runner up.

Baca Juga

Kala itu, Jonatan Christie harus mengakui keunggulan Kento Momota, pemain tunggal putra nomor satu dunia sekaligus unggulan tuan rumah, dengan skor 16-21, 13-21. 

Kali ini, situasinya juga tidak jauh berbeda. Jonatan Christie akan menghadapi pemain tunggal putra peringkat 1 di ranking BWF, tak lain adalah Viktor Axelsen asal Denmark.

Baca Juga

Jonatan Christie sendiri masih tertahan di peringkat 9 ranking BWF. Tiket emas ke babak final Japan Open 2023 menjadi peluang emas untuk naik ke papan atas.

Bukan tidak mungkin jika Jonatan Christie akan membekuk Viktor Axelsen sang 'alien' di sektor tunggal putra, karena sejarah mencatat bahwa ia pernah menang atas Axelsen.

Berikut head to head Jonatan Christie vs Viktor Axelsen.

Baca Juga

1. Head to Head Jonatan Christie vs Viktor Axelsen

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie lolos ke final Japan Open 2023. (Foto: PBSI)

Jonatan Christie akan menghadapi Viktor Axelsen di partai final Japan Open 2023. Head to head dari tujuh pertemuan sebelum ini, Jojo mencuri dua kemenangan.

Kemenangan pertama Jojo atas Axelsen berhasil diraih di Malaysia Open 2019, lalu kemenangan kedua ia bukukan di semifinal French Open 2019.

Namun sejak bertemu lagi paska pandemi Covid-19 di tahun 2021, Jonatan Christie belum pernah menang lagi dari Axelsen. Ia berharap bisa pecah telor di Japan Open 2023.

Empat kali Jonatan Christie dihajar sang alien, tepatnya saat Thailand Open 2021, Indonesia Open 2021, Malaysia Open 2022, dan terakhir kali bersua di India Open 2023.

Pada pertemuan terakhir di India Open, Jojo bahkan dipermalukan Axelsen dengan skor telak 6-21, 12-21.

Baca Juga

Hal ini menjadi catatan khusus Jonatan Christie, jelang babak final Japan Open 2023 menghadapi Viktor Axelsen.

Sekadar informasi, para pemenang sektor tunggal putra Japan Open selalu didominasi pemain tuan rumah. Pada edisi 2018 dan 2019 diraih oleh Kento Momota.

Sementara edisi 2020 dan 2021 dibatalkan karena pandemi Covid-19, menyusul di Japan Open 2022, Kenta Nishimoto melanjutkan dominasi tunggal putra Jepang.

Baca Juga

Tahun ini akan ada jawara baru, apakah Jonatan Christie atau Viktor Axelsen?

Berikut Finalis Japan Open 2023:

Tunggal Putra: Jonatan Christie (Indonesia) vs Viktor Axelsen (Denmark)

Tunggal Putri: He Bingjiao (China) vs An Se-young (Korea Selatan)

Ganda Putra: Lee Yang/Wang Chi-Lin (Chinese Taipei) vs Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang)

Ganda Putri: Chen Qing Chen (China) vs Kim So Yeong/Kong Hee Yong (Korea Selatan)

Ganda Campuran: Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang) vs Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand)

Baca Juga
Jonatan ChristieViktor AxelsenBulutangkisBerita BulutangkisJapan Open

Berita Terkini