x

Juara Olimpiade Tokyo Bongkar Penyakit Lama Fajar/Rian yang Kandas di Japan Open

Minggu, 30 Juli 2023 11:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Ganda putra Chinese Taipei, Lee Yang/Wang Chi-lin, ungkap kunci mengalahkan pasangan top 1 ranking BWF, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Japan Open 2023.

INDOSPORT.COM - Ganda putra asal Chinese Taipei, Lee Yang/Wang Chi-lin, membeberkan kunci keberhasilan mengalahkan pasangan  top 1 ranking BWF, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Japan Open 2023.

Bertanding di National Gymnasium, Tokyo, Jepang, Sabtu (29/7/23), Fajar Alfian/Rian Ardianto kandas di tangan Lee Yang/Wang Chi Lin dengan skor 19-21, 10-21.

Ganda putra yang saat ini menempati ranking 11 BWF tersebut mengatakan bahwa fokus dan mengurangi unforced error jadi kunci keberhasilan mereka mengalahkan Fajar/Rian.

Selain itu, Lee Yang/Wang Chi-lin juga menilai bahwa permainan Fajar/Rian di semifinal Japan Open 2023 sangat mudah ditebak, sehingga mereka dengan mudah memenangkan laga ini.

“Hari ini saya sangat fokus untuk mengurangi kesalahan dan mengejar empat poin pertama. Bagaimanapun, ini ciri khas permainan pemain Indonesia, jadi kita menerapkan cara yang sama,” tutur Wang Chi-lin dilansir dari Aiyuke.

Baca Juga

Empat kekalahan dalam lima pertemuan sebelumnya dengan Fajar/Rian tentunya menjadi dorongan Lee Yang/Wang Chi-lin menemukan stratehi yang pas untuk mengatasi pasangan Indonesia tersebut.

Tidak hanya itu, Lee Yang/Wang Chi-lin juga sangat memerhatikan tembakan ketiga setelah servis dilakukan lawan. Taktik inilah yang kadang membuat Fajar/Rian kerap mati sendiri dan kehilangan poin.

Baca Juga

“Selain itu, kita harus memperhatikan tembakan ketiga, dan juga sabar menjalani pertandingan di tengah para penonton,” tambah Wang Chi-lin.

Japan Open 2023 menjadi final kedua mereka sejak Taipei Open 2022 di mana tahun lalu mereka harus puas dengan status runner-up di kandang sendiri.

Selain itu, Lee Yang/Wang Chi Lin semakin menegaskan status mereka sebagai juara Olimpiade Tokyo 2020. Banyak yang kesulitan menghadapi ganda Chinese Taipei ini.

Baca Juga

1. Lee Yang/Wang Chi-lin Sedang Mode Bangkit

Lee Yang/Wang Chi Lin menembus final Japan Open 2023

Lee Yang/Wang Chi-lin tentunya tidak menyangka bisa menembus final di Japan Open 2023. Final pertama musim ini dari enam turnamen yang sudah dijalani.

Ini memperbaiki capaian mereka di pekan sebelumnya saat hanya mampu sampai di semifinal di ajang Canada Open.

Bukan hanya itu, pasangan Taipei tersebut menjalani Japan Open 2023 diwarnai drama Lee Yang sempat alami cedera pergelangan kaki keseleo di babak sebelumnya.

“Pergelangan kaki kanan saya keseleo kemarin kini baik-baik saja. Saa ingin ingin mengatakan bahwa kami mencapai empat besar dan kami tidak boleh cedera lagi,” ungkap Lee Yang.

“Performa hari ini cukup bagus. Kami berdua sangat fokus dan bisa kembali ke Tokyo. Memang ada banyak kenangan di Jepang, tapi saya tidak terlalu memikirkannya, saya hanya ingin fokus ke turnamen ini,” tambahnya.

Baca Juga

Lain halnya dengan Lee Yang/Wang Chi-lin yang sedang dalam mode bangkit,  nasib apes dialami Fajar/Rian yang tak kunjung juara lagi setelah All England 2023.

Kekalahan ini membuat Fajar/Rian tak bisa mengulangi kejayaan mereka yang tembus ke final Korea Open 2023 pekan lalu, dan ganda putra Indonesia kembali puasa gelar.

Baca Juga

Kabar baiknya, meski tersingkir lebih cepat dari Japan Open 2023, belum ada pemain yang bisa mengkudeta posisi Fajar/Rian sebagai pemilik ranking 1 BWF saat ini.

Setelah ini, Fajar Alfian/Rian Ardianto akan berlaga di Australian Open 2023. Mereka akan menghadapi MR Arjun/Dhruv Kapila (India) di babak pertama.

Pasangan Fajar Alfian/Rian Ardianto juga terdaftar sebagai peserta China Open 2023 Super 1000. Laga ini penting untuk perebutan poin Olimpiade.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisLee Yang/Wang Chi-LinJapan Open

Berita Terkini