x

Gagal di Jepang, Fajar/Rian Siap Tampil Prima di Australia Open 2023

Senin, 31 Juli 2023 20:55 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Herry Ibrahim
Fajar Alfian Langsung Jalani Latihan Jelang Autralian Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Rian Ardianto, siap tampil prima di ajang Australia Open 2023 meski baru saja merampungkan gelaran Japan Open.

Hal itu terbukti dari sesi latihan yang Fajar/Rian lakoni bersama beberapa pebulutangkis lainnya di arena Quay Center, Sydney, Senin (31/07/23) siang WIB.

Kendati masih diselimuti rasa kantuk, namun semangat para pemain bulutangkis Indonesia tak gentar untuk menjalani latihan perdana demi bertanding secara maksimal di gelaran Australia Open 2023.

Berlangsung selama tiga jam, Fajar/Rian menuturkan bahwa latihan perdana ini dimanfaatkan untuk beradaptasi dengan arena pertandingan termasuk soal kondisi lapangan, arah angin, tata lampu, dan shuttlecock.

"Manfaat yang bisa didapat dari latihan ini, yang utama adalah untuk adaptasi saja dengan arena pertandingan. Selebihnya, juga untuk mengembalikan kondisi agar bisa kembali bugar," ujar Fajar Alfian, menurut keterangan dari humas PBSI.

Baca Juga

Lebih lanjut, secara pribadi Fajar Alfian juga mengatakan bahwa dirinya sembari beradaptasi dengan kondisi cuaca di negeri kangguru yang sejuk itu.

"Beda banget cuacanya. Di Jepang minggu lalu panas banget. Sementara di sini terasa lebih adem," tutur Fajar.

Baca Juga

Senada dengan Fajar, pemain ganda campuran, Lisa Ayu Kusumawati, yang juga menjalani sesi latihan perdana hari ini juga ia manfaatkan untuk menyesuaikan dengan kondisi arena lapangan.

"Lapangannya tidak ada angin, cuma lampunya cenderung berwarna kuning. Sementara biasanya lampunya berwarna putih terang," jelas Lisa Ayu.

Baca Juga

1. Pulihkan Kondisi

Pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di Japan Open 2023. (Foto: PBSI).

Sementara menurut pemain ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti, mengatakan bahwa latihan pembuka ini ia gunakan untuk mengembalikan kondisi badan setelah menempuh perjalanan selama sembilan jam dari Tokyo ke Sydney.

"Latihan ini saya gunakan, terutama untuk mengenakan badan dan mengembalikan feeling pukulan saja. Maklum saya juga kurang istirahat dan baru tadi pagi sampai di sini," aku Fadia.

Sesi latihan perdana hari ini didampingi oleh pelatih tunggal putri, Herli Djaenudin. Dirinya mengatakan bahwa sesi latihan hari ini memang salah satunya bertujuan untuk memulihkan kondisi para pemain setelah duduk berjam-jam di dalam pesawat.

"Selain latihan teknik, juga ada tambahan latihan kelincahan agar kondisi pemain bisa balik dulu untuk menghadapi pertandingan mulai Selasa besok," kata Herli Djaenudin.

Sayangnya, kejuaraan yang berhadiah total 420 ribu dolar AS ini urung diikuti oleh pasangan ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri lantaran cedera yang dialami Bagas.

"Cederanya terjadi saat main di Jepang Open lalu. Saat itu gerakan Bagas begitu terbatas dan ada rasa sakit di pangkal pahanya," ujar pelatih ganda putra Indonesia, Herry IP, yang juga mendampingi sesi latihan hari ini.

Baca Juga

Turnamen bulutangkis Australia Open 2023 sendiri akan berlangsung pada Selasa (01/8/23) hingga Minggu (06/08/23) pekan ini.

Berdasarkan BWF Tournament Software, terdapat 19 wakil Indonesia dari lima sektor berbeda yang akan unjuk gigi.

Baca Juga

Pada tunggal putra, ada Shesar Hiren Rhustavito yang akhirnya comeback setelah absen panjang karena mengalami cedera.

Kemudian di tunggal putri tidak ada nama Gregoria Mariska, namun diikuti oleh para pemain muda seperti Ester Nurumi, Komang Ayu dan Putri Kusuma Wardani.

Sementara di sektor ganda bisa dibilang Indonesia turun dengan kekuatan penuh, karena menghadirkan para pemain andalannya.

Baca Juga
Australia OpenFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisBerita BulutangkisJapan Open

Berita Terkini