x

PBSI Ungkap Alasan Simpan Gregoria dan Dorong Ester-Komang di Australia Open 2023

Senin, 31 Juli 2023 00:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Tunggal putri Indonesia, Komang Ayu Cahya Dewi akan debut di Australia Open 2023 Super 500. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pelatih tunggal putri Pelatnas PBSI, Herli Djaenudin kini ungkap alasan simpan potensi Gregoria Mariska Tunjung dari gelaran Australia Open 2023.

Indonesia mengirimkan 19 wakilnya ke ajang bulutangkis Australia Open 2023 Super 500, pada 1-6 Agustus 2023. Laga akan dihelat di State Sport Center, Sydney, Australia.

Sebanyak 14 wakil bertolak dari Tokyo, karena sebelumnya mengikuti turnamen Japan Open 2023. Sementara lima wakil lainnya menyusul dari Indonesia.

Tiga di antara pemain yang menyusul itu adalah perwakilan dari sektor tinggal putri, yakni Putri Kusuma Wardani, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Komang Ayu Cahya Dewi.

Sayangnya senior mereka di Pelatnas, Gregoria Mariska yang tahun lalu naik podium Australia Open 2022, kali ini harus absen untuk menjaga kondisi jelang BWF World Championships.

Baca Juga

Pelatih tunggal putri Indonesia yang ikut bertolak ke Australia, Herli Djaenudin akui kondisi tiga anak asuhnya berada di level terbaik, dan siap memenuhi tantangan di Negeri Kangguru.

"Kondisi pemain, alhamdulillah, semua baik dan sehat. Mereka akan bergabung dengan rekan-rekan yang terbang dari Jepang," kata Herli saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga

"Para pemain juga sudah siap turun bertanding. Semoga yang muda-muda seperti Ester dan Komang ini bisa membuat kejutan," harap sang pelatih tunggal putri.

Ini adalah pengalaman perdana bagi Ester Nurumi Tri Wardoyo dan Komang Ayu Cahya Dewi untuk tampil di turnamen Super 500. Komang berjanji akan tampil maksimal.

"saya pasti akan all out saat tampil," kata Komang Ayu Cahya Dewi, pebulu tangkis asal Bali.

Baca Juga

1. Ester-Komang Debut, Vito Comeback

Tunggal putri Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo di turnamen Indonesia International Challenge 2022. Ia akan menjalani debut di Australia Open 2023 Super 500. (Foto: PBSI).

Pebulu tangkis muda tunggal putri Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo juga berjanji akan tampil maksimal di Australia Open 2023, pada 1-6 Agustus 2023.

"Semoga di setiap turun bertanding, performa saya bisa bagus dan maksimal. Apalagi, jarang-jarang kami bisa main di level super 500," ungkap Ester Nurumi. 

Selain sektor tunggal putri, pemain lainnya yang hadir dalam rombongan dari Jakarta ke Australia adalah Shesar Hiren Rhustavito dan Adnan Maulana/Nita Violina Marwah.

Bagi Shesar Hiren, ini adalah turnamen yang ditunggu-tunggu karena ia akan comeback setelah terakhir kali bermain di Swiss Open 2023, bulan Maret lalu.

Shesar Hiren atau yang akrab disaap Vito itu absen cukup lama dari lapangan bulutangkis karena cedera betis kiri.

Baca Juga

Kini, Shesar Hiren Rhustavito mengakui jika cederanya kini sudah mulai membaik, dan persiapannya juga sangat matang untuk menjemput rezeki di Australia Open 2023.

"Persiapan saya sudah oke. Cedera betis kiri juga sudah membaik. Tinggal bersiap bertanding dan saya ingin meraih hasil yang lebih baik dibanding tahun lalu," tutur Vito.

Baca Juga

Sekadar informasi, pada Australia Open 2022 lalu, langkah Vito harus terganjal di babak pertama karena disingkirkan Kodai Naraoka asal Jepang di angka 11-21, 8-21.

"Untuk menghadapi Australian Open kali ini, persiapan saya juga cukup. Saya juga punya tekad untuk tampil optimal, dan semoga bisa berprestasi lebih baik dibanding tahun lalu," tukas Vito.

Berdasarkan hasil drawing Australia Open 2023 sebelum Managers Meeting, Shesar Hiren Rhustavito akan menghadapi wakil Thailand, Kantaphon Wangcharoen di babak pertama.

Baca Juga
PBSIAustralia OpenGregoria MariskaShesar Hiren RhustavitoBulutangkisBerita BulutangkisEster Nurumi Tri WardoyoKomang Ayu Cahya DewiAustralian Open

Berita Terkini