x

Menang Tanpa Keringat di Australia Open 2023, Ahsan/Hendra Berhitung Untung-Rugi

Selasa, 1 Agustus 2023 17:08 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Indra Citra Sena
Pasangan ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohamad Ahsan di Australia Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Ganda putra senior Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, berhasil lolos ke babak kedua Australia Open 2023 tanpa mengeluarkan keringat.

Pasalnya, sang lawan asal Kanada yakni Kevin Lee/Ty Alexander Lindeman, urung datang ke lapangan dalam laga perdana Australia Open 2023 di Quay Center, Sydney Olympic Park hari ini, Selasa (1/8/23).

Alhasil, pasangan berjuluk The Daddies ini pun menang tanpa bertanding dan berhak melaju ke babak kedua turnamen bulutangkis berhadiah 420.000 dolar AS.

Menang tanpa mengucurkan keringat sedikit pun, Mohammad Ahsan bicara keuntungan atas kemenangan walk over di laga hari pertama Australia Open 2023 hari ini.

"Pertama kali dalam sejarah, saya menang WO (Walk Over). Lawan malah tidak datang. Ada keuntungannya, saya bisa menjaga kondisi. Istirahat saya jadi lebih banyak," ungkap Mohammad Ahsan.

Baca Juga

Ya, memang bisa dibilang Ahsan/Hendra memiliki waktu rehat yang minim usai keduanya bertanding di turnamen sebelumnya yakni Japan Open 2023 hingga semifinal.

Dengan begitu, kemenangan WO atas wakil Kanada bisa dimanfaatkan oleh Ahsan untuk menyimpan stamina menjelang hari kedua Australia Open 2023 besok.

Baca Juga

Di sisi lain, Hendra Setiawan mengatakan bahwa kemenangan tanpa bertanding ini juga membawa kerugian. Keduanya jadi tidak bisa beradaptasi dengan arena kejuaraan bulutangkis level super 500 ini.

"Kerugiannya, kami tidak bisa tes lapangan. Tak bisa beradaptasi dengan angin dan laju shuttlecock. Kerugian yang utama, kami nggak bisa mencoba lapangan," sesal Hendra.

Hingga kini, belum diketahui pasti penyebab mundurnya wakil Kanada, yakni Kevin Lee/Ty Alexander Lindeman, di hari pertama Australia Open 2023.

Baca Juga

1. Potensi Lawan Selanjutnya

Pasangan ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohamad Ahsan di Japan Open 2023. (Foto: PBSI)

Selanjutnya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan perlu bersiap lebih keras lagi untuk menghadapi pertandingan hari kedua Australian Open 2023 besok.

Pasalnya, pasangan berjuluk The Daddies itu kemungkinan bakal bersua dengan lawan sengit, yakni antara Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi (Jepang) vs Lu Ching Yao/Yang Po Han (Chinese Taipei).

Namun kemungkinan Ahsan/Hendra bakal melawan Lu Ching Yao/Yang Po Han di babak kedua karena pasangan Chinese Taipei itu lebih diunggulkan.

Baca Juga

Jika menang, Ahsan/Hendra juga dihadapkan dengan pemain unggulan kedua asal Malaysia yakni Aaron Chia/Soh Wooi Yik di perempat final Australia Open 2023.

Sementara jika lolos ke semifinal, Ahsan/Hendra juga berpotensi kembali melawan pemain unggulan atau perang saudara. Takuro Hoki/Yugo Kobayashi selaku unggulan ketiga asal Jepang juga berpeluang lolos ke partai empat besar.

Baca Juga

Begitu pula dengan dua juniornya di Pelatnas PBSI, yakni Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Baca Juga
Australia OpenHendra Setiawan/Mohammad AhsanBulutangkisBerita BulutangkisAustralian Open

Berita Terkini